Hdri Dan Pengaturan Matahari Pada Vray Sketchup 1.49.01
Kali ini aku akan menjelaskan sedikit wacana apa itu HDRI dan bagaimana menggunakannya pada Vray Sketchup
HDRI atau High Dynamic Range Image yaitu ekstensi file gambar yang sanggup menyimpan informasi cahaya , jenisnya ada banyak, dari bola, kubah, kubus dan yang lainnya.
Note : untuk agan yang memakai vray 2.0 for sketchup disarankan mengunjungi post di bawah ini , disana dijelaskan penggunaan hdri pada vray for sketchup 2 , alasannya yaitu cara untuk vray 1.49.01 tidak sanggup dipakai lagi di vray 2.0
Tutorial HDRI pada vray sketchup 2.0
yang masih memakai vray 1.49.01 boleh lanjut.
HDRI biasanya yaitu gambar panorama di sekeliling objek , pada Vray Sketchup dipakai sebagai pencahayaan baik interior maupun eksterior, penggunaannya cukup gampang dan sanggup terbilang instant karna hanya dengan memakai beberapa gambar HDRI sanggup membuat suasana yang berbeda - beda pada scene 3D .
Mulai dari siang , sore , malam hingga pagi lagi , juga ada jenis HDRI yang khusus untuk render visualisasi produk yaitu HDRI studio .
nah, kita lanjutkan dengan pengaturan di vray setup , berikut yang harus di edit.
Pada pengaturan global swatch, default light di centang. biar cahaya matahari muncul
pada hasil renderan.
Pada pengaturan environment , GI dan BG harus diisi file HDRI juga pengaturannya.
Berikut pengaturan GI dan BG, pilih tipe Bitmap , uvw genenvironment, kemudian masukkan file HDRI.
Ingat, pengaturan ini harus dimasukkan dalam GI dan BG ,
Lanjut pada pengaturan matahari , ceklis reflek color kemudian klik m.
Lalu pilih tipe texsky , klik file sky , kemudian pilih sunlight, maka kita sudah punya matahari.
Kembali ke pengaturan environment, ubah angka pada GI dan BG , semakin besar angkanya maka semakin berpengaruh intensitas cahaya yang di hasilkan.
Unchek reflek color , biar matahari tidak terlalu silau atau overbright ,
Pada model, perlu diperhatikan agar menggunakan plan lantai pada scene, biar ada daerah untuk jatuhnya bayangan,
Pengaturan bayangan sanggup memakai shadow tool pada sketchup .
lalu render.
Gambar di bawah yaitu hasil dari pengaturan standart tanpa HDRI .
Dan berikut sesudah memakai HDRI + matahari.
Dengan beberapa material sederhana .
Nah dengan demikian berakhirlah tutorial dari saya, semoga para pembaca sanggup mengerti dan memahami tutorial singkat ini, mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan , kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kotak komentar.
Salam aku untuk keluarga anda di rumah ,
Cek juga channel Youtube aku di Sketchup Tutorial Indonesia
Yogie.
Email : yogieaditya@live.com
contact : 0821 6279 6991
Pada pengaturan global swatch, default light di centang. biar cahaya matahari muncul
pada hasil renderan.
Ingat, pengaturan ini harus dimasukkan dalam GI dan BG ,
Lanjut pada pengaturan matahari , ceklis reflek color kemudian klik m.
Lalu pilih tipe texsky , klik file sky , kemudian pilih sunlight, maka kita sudah punya matahari.
Kembali ke pengaturan environment, ubah angka pada GI dan BG , semakin besar angkanya maka semakin berpengaruh intensitas cahaya yang di hasilkan.
Unchek reflek color , biar matahari tidak terlalu silau atau overbright ,
Pada model, perlu diperhatikan agar menggunakan plan lantai pada scene, biar ada daerah untuk jatuhnya bayangan,
Pengaturan bayangan sanggup memakai shadow tool pada sketchup .
lalu render.
Gambar di bawah yaitu hasil dari pengaturan standart tanpa HDRI .
Dan berikut sesudah memakai HDRI + matahari.
Dengan beberapa material sederhana .
Nah dengan demikian berakhirlah tutorial dari saya, semoga para pembaca sanggup mengerti dan memahami tutorial singkat ini, mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan , kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kotak komentar.
Salam aku untuk keluarga anda di rumah ,
Cek juga channel Youtube aku di Sketchup Tutorial Indonesia
Yogie.
Email : yogieaditya@live.com
contact : 0821 6279 6991
0 Response to "Hdri Dan Pengaturan Matahari Pada Vray Sketchup 1.49.01"
Posting Komentar