-->

iklan banner

Hari Bersejarah Bagi Muhammadiyah Borobudur: Sukses Siaran Langsung

"Hari ini yaitu hari bersejarah" begitu kataku dalam hati. Hari yang menurutku bersejarah ini ditandai dengan pertama kalinya Majelis Tabligh dan Kader PCM Borobudur melaksanakan siaran pribadi Kajian Ahad Pagi (Jihadi). Siaran pribadi di Masjid Darul Ulum Komplek pendidikan Muhammadiyah Borobudur kali ini menghadirkan DR. Bambang Surendro, M.T.

Sebenarnya konsep siaran pribadi yang dilakukan cukup sederhana. Saya bersama Mas Yus dan anggota majelis yang lain hanya memanfaatkan layanan "live streaming" yang ada di YouTube. Harapannya pun sederhana yaitu memfasilitasi jamaah pengajian yang tidak dapat hadir secara pribadi di Masjid Darul Ulum.

Kajian Ahad pagi yang disiarkan pribadi ini ternyata dinikmati oleh beberapa warga Muhammadiyah Borobudur yang tidak hadir di masjid. Walau tidak hadir secara langsung,  kehadiran mereka secara online-jarak jauh faktual adanya. Mereka meninggalkan jejak digital berupa "live chat" yang masih dapat dilihat hingga ketika ini.

Bahkan disinyalir warga Muhammadiyah dari luar kecamatan Borobudur juga menikmati tayangan pribadi melalui live streaming ini. Tayangan siaran pribadi memang menciptakan semuanya berjalan praktis. Kajian Ahad Pagi dapat disimak sembari menuntaskan pekerjaan rumah ataupun ketika berada dalam perjalanan. Keunggulan live streaming YouTube yang dapat diakses dimanapun selama ada koneksi internet inilah yang benar-benar coba kami maksimalkan.

Siaran pribadi ini berbiaya cukup murah. Sekitar satu jam "live" hanya menghabiskan kuota internet sekitar 500mb atau setengah Gb. Peralatannya pun sederhana. Hanya HP Smartphone yang dipakai sehari-hari dan tripod untuk meletakkan HP ketika merekam.

Memang tak ada yang tepat di dunia ini.  Siaran pribadi ini menyisakan kekurangan. Namun kekurangan itu tidak terlalu fatal. Antara lain jeda antara insiden yang berlangsung secara faktual karenanya cukup usang jikalau dibandingkan dengan tayangan dalam YouTube. Selain itu ada seorang jamaah yang menyaksikan siaran pribadi di rumah menyampaikan bahwa bunyi yang dihasilkan tidak begitu jelas.

Yah inilah yang terjadi hari unu. Hari bersejarah di mana untuk pertama kalinya kajian Ahad pagi PCM Borobudur dilaksanakan secara live. Walau terkesan telat alasannya yaitu gres menguji cobakan siaran pribadi ini ketika ini, namun kami tetap optimis. Tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik. Inilah perjuangan kami mewujudkan Muhammadiyah yang berkemajuan melalui pengintegrasian kajian Ahad pagi dengan sentuhan teknologi informasi.

Ahad, 13 Januari 2019
Sumber http://rahmahuda.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hari Bersejarah Bagi Muhammadiyah Borobudur: Sukses Siaran Langsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel