-->

iklan banner

Estetika Dalam Arsitektur Berdasarkan Teori Vitruvius

Apakah mungkin untuk mengidentifikasi rasa keindahan secara universal ? Apakah mungkin memperlihatkan definisi estetika yang sanggup diterapkan pada semua orang pada setiap saat? Bukankah pemahaman kita perihal estetika dan keindahan sanggup berubah dan berbeda pada waktu dan ruang yang berbeda?

Apakah mungkin untuk mengidentifikasi rasa keindahan secara universal  Estetika Dalam Arsitektur Menurut Teori Vitruvius
Gambar  Vitruvius - img via bl.uk


Gambar ini dibentuk oleh Marcus Vitruvius, seorang arsitek Romawi Kuno yang populer sampai dikala ini. Karya Vituvius yang paling populer berjudul Ten Books on Architecture, yang ditulis sekitar 20-30 SM.

Buku ini yaitu satu-satunya teks yang membahas duduk masalah arsitektur yang bertahan pada zaman dulu. Buku itu juga dianggap menjadi salah satu teks pertama dalam sejarah barat yang menggambarkan korelasi antara arsitektur badan insan dan bangunan.

Vitruvius percaya bahwa seorang arsitek harus fokus pada tiga tema sentral ketika menyiapkan desain untuk sebuah bangunan. Adapun  tiga tema sentral tersebut yaitu: firmitas (kekuatan), utilitas (fungsionalitas), dan venustas (keindahan).

Tetapi teori venustas (keindahan) yaitu teori yang sangat rumit. Vitruvius berpikir bahwa gagasan perihal keindahan yang tak lekang oleh waktu sanggup dipelajari dari 'kebenaran alam', bahwa rancangan alam didasarkan pada aturan universal perihal proporsi dan simetri.

Apakah mungkin untuk mengidentifikasi rasa keindahan secara universal  Estetika Dalam Arsitektur Menurut Teori Vitruvius
Estetika Dalam Arsitektur Menurut Teori Vitruvius


Dia percaya bahwa proporsi badan sanggup dipakai sebagai model kesempurnaan proporsional yang alami. Dia menulis perihal cara para cendekiawan kuno menilik banyak referensi 'pria yang berpenampilan baik' dan menemukan bahwa tubuh-tubuh ini mempunyai proporsi tertentu.

Dia memperlihatkan bahwa badan insan yang 'ideal' dipasang dengan tepat ke dalam bundar dan bujur sangkar, dan dengan demikian beliau menggambarkan korelasi yang beliau yakini ada antara bentuk geometris yang tepat dan badan yang sempurna. Dengan cara ini, badan dipandang sebagai buku aturan hidup, berisi hukum-hukum proporsi yang tetap dan tidak bercela yang telah ditetapkan oleh alam.

Karena itu, berdasarkan Vitruvius, desain seorang arsitek harus mengacu pada kesempurnaan simetri dan proporsi badan insan yang tidak perlu dipertanyakan lagi estetikanya. Jika sebuah bangunan ingin membuat rasa eurythmia (suasana manis dan menyenangkan) maka sangat penting untuk mempelajari hukum-hukum alam perihal harmoni dan keindahan ini.

Mengapa Etetika dalam arsitektur itu penting?

Mari kita kembali ke teori Vitruvius dan terjemahan dari dua paragraf pertama di buku pertama De Architectura berjudul "On the pembinaan of Architects":

“Ilmu arsitek tergantung pada banyak disiplin ilmu dan banyak sekali praktik yang dilakukan dalam seni lain. Layanan yang ditawarkan terdiri dari keahlian dan teknologi. Pengerjaan berkelanjutan dan praktik yang terbiasa, yang dilakukan oleh tangan dalam materi yang diharapkan untuk tujuan desain. Teknologi mengemukakan dan menjelaskan banyak sekali hal sesuai dengan keterampilan dan metode teknis.

Makara arsitek yang tanpa budaya, membidik keterampilan manual tidak akan bisa mendapat prestise yang sesuai dengan pekerjaan mereka, sementara mereka yang percaya pada teori dan sastra terperinci mengikuti bayangan dan bukan kenyataan. Tetapi mereka yang telah menguasai keduanya, menyerupai laki-laki yang mengenakan baju besi lengkap, segera mendapat efek dan mencapai tujuan mereka ”

Apa yang dikatakan Vitruvius bahwa arsitektur yaitu perihal keahlian dan teknologi. Juga, di paragraf kedua, jikalau kita menafsirkan budaya sebagai penghargaan atas kepekaan dan sikap audiens target, ini mengarahkan eksklusif ke poin penting dalam penciptaan desain.

Perbedaan antara seorang arsitek yang baik dan seorang arsitek yang hebat yaitu kemampuan untuk membuat solusi elegan dengan cara sedemikian rupa untuk menyenangkan pemilik dan pengguna bangunan.

Venustatis dalam maknanya yaitu kombinasi budaya (memahami sasaran pengguna bangunan), keahlian (Arsitek ingin menghasilkan solusi yang elegan) dan teknologi (bagian teknis yang biasanya lebih mudah).

Cara paling sederhana dan gampang untuk memilih apakah desain bangunan bisa dikatakan "estetis" yaitu dengan menggunakannya atau menerapkannya secara nyata. Tidak selama lima menit, tidak selama beberapa hari, namun untuk waktu yang lama.

Prinsip-prinsip universal arsitektur yang baik dari Vitruvius mencakup : Daya Tahan, Utilitas, dan Estetika, sanggup membantu kita semua menjadi arsitek atau desainer yang lebih baik dalam proyek yang kita kerjakan.

Referensi :
http://www.bl.uk/learning/cult/bodies/vitruvius/proportion.html
https://clinicalarchitecture.com/three-principles-of-good-architecture/
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Estetika Dalam Arsitektur Berdasarkan Teori Vitruvius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel