-->

iklan banner

Cara Menciptakan Bugenvil Sering Berbunga

Bugenvil merupakan tanaman bunga yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini berfungsi sebagai tanaman hias rambat, walau dapat juga sebagai tumbuhan dalam pot atau bonsai. Bunganya mempunyai warna-warni cerah dan daunnya rimbun. Bugenvil sesungguhnya sebutan untuk varietas tumbuhan bunga di bawah genus Bougainvillea, tumbuhan angiosperma jenis evergreen (hijau di semua musim) yang tumbuh di daerah beriklim hangat, namun juga umum ditemukan di daerah tropis, menyerupai di Indonesia. Tanaman ini orisinil Amerika Selatan.


Sebagian besar bugenvil yang dibudidayakan di masa sekarang merupakan hasil kawin silang. Saat ini, ada lebih dari 300 varietasnya di seluruh dunia. Karena banyaknya hasil kawin silang selama bergenerasi-generasi, sulit mengenali asal-usulnya. Mutasi alami pun kerap terjadi di tumbuhan bugenvil seluruh dunia. Inilah yang mengakibatkan ambigu dalam penamaan jenis-jenis bunga bugenvil. Salah satu kultivar bugenvil yang populer yaitu jenis bugenvil variegata, yang mempunyai daun dua warna putih-hijau atau hijau muda-hijau tua. Warna bunganya bervariasi, dari merah, ungu, putih, oranye, dan lain sebagainya.


 Bugenvil sesungguhnya sebutan untuk varietas tumbuhan bunga di bawah genus  Cara Membuat Bugenvil Sering Berbunga
Bunga bugenvil bekerjsama yaitu tumbuhan hias yang tumbuh dengan cara merambat atau menjalar walau dapat juga sebagai tumbuhan dalam pot atau dijadikan bonsai.

Penghobi tanaman hias dan bunga terang tak aneh dengan bugenvil, begitu pula dengan duduk masalah umum yang dihadapi dalam pemeliharaannya, bunga bugenvil yang enggan muncul. Ini menciptakan frustrasi, alasannya yaitu biasanya, dari luar tanamannya tak terlihat bermasalah, daun-daunnya masih tetap rimbun. Namun, itu bukan berarti serta-merta ada yang salah, ada cara tersendiri ‘memaksa’ bunga bugenvil tumbuh.


Secara alami, bugenvil mempunyai aktivitas penumbuhan daun dan bunga, yang diselingi masa istirahat. Anda perlu mengenali siklus ini untuk memilih cara merangsang pembungaannya. Di ekspresi dominan hujan, bugenvil umumnya tak berbunga, namun lebih banyak daunnya yang tumbuh. Ketika ekspresi dominan hujan sudah berakhir, barulah kuncup-kuncup bunganya keluar, dan tak usang di setiap ujung cabang sudah dipenuhi bunga. Setelah masa berbunga ini selesai, tumbuhan bugenvil perlu ‘istirahat’ selama kurang lebih dua bulan sebelum berbunga lagi.


Namun ada kalanya proses pembungaan tak terjadi. Menariknya, ini terjadi kalau Anda merawatnya secara berlebihan. Di balik penampilannya yang menarik dan ‘statusnya’ sebagai tumbuhan hias, bugevil sesungguhnya memerlukan perawatan yang lebih menyerupai dengan untuk tumbuhan liar: cara merawat bunga bougenville tidak perlu terlalu ekstrim. Jika ingin bugenvil Anda berbunga, inilah cara-caranya.



  • Tanam di dalam wadah


 Bugenvil sesungguhnya sebutan untuk varietas tumbuhan bunga di bawah genus  Cara Membuat Bugenvil Sering Berbunga


Rahasia lainnya untuk tumbuhan bugenvil lekas berbunga yaitu dengan menanamnya di wadah, menyerupai pot atau bak. Dengan teknik penanaman ini, pertumbuhan akarnya menjadi terbatas dan pemupukan lebih terkontrol. Jika ingin menanamnya di halaman, Anda dapat menanam wadah berisi tumbuhan di dalam tanah.



  • Mengurangi air siraman


Bugenvil mempunyai cara bekerja yang menyerupai dengan kaktus, walau tak seekstrim kaktus. Jika terlalu banyak disiram, tumbuhan ini justru tumbuhnya menjadi tak sehat, alasannya yaitu habitat alami bugenvil di iklim yang panas. Karena itu, Anda hanya perlu mengairi tumbuhan bugenvil kalau jangkauan 5 cm dari pangkal batang tumbuhan kering.



  • Pemupukan dengan hati-hati


Jika menemukan daun bugenvil tumbuh lebat namun bunganya tak nampak, itu dikarenakan tumbuhan terlalu banyak diberi pupuk nitrogen. Jika ingin tumbuhan bugenvil Anda berbunga, fokus pada pemupukan dengan fosfat dan potasium, dan hanya tambahkan nitrogen kalau warna hijau daun memudar.



  • Paparan sinar matahari lebih banyak


 Bugenvil sesungguhnya sebutan untuk varietas tumbuhan bunga di bawah genus  Cara Membuat Bugenvil Sering Berbunga


Semakin banyak sinar matahari, bugenvil semakin tumbuh besar. Sangat dianjurkan meletakkan tumbuhan bugenvil Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung.



  • Jangan pangkas berlebihan


Pemangkasan bugenvil dapat mengurangi pembungaan secara signifikan, terutama kalau memangkas keseluruhan bagiannya. Direkomendasikan untuk hanya memangkas bugenvil sehabis selesai berbunga.


Sekian artikel mengenai Cara Membuat Bugenvil Sering Berbunga, biar bermanfaat.


Lihat juga aneka bibit tumbuhan bugenville yang tersedia di toko online kami, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Bugenvil Sering Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel