-->

iklan banner

✔ Apa Arti Dan Pengertian Clickbait Penerapan Dan Ancaman Serta Resikonya

Umpan klik (clickbait) yaitu suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapat penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through).Belakangan ini saya sering sekali terkena clickbait,pada situs-situs informasi di browser ponsel saya, jujur saja sangat kesal, informasi pada judul yang dibentuk ambigu, dan ketika di buka artikel tersebut, ternyata hanya berisikan informasi yang sama sekali bukan hal yang menyerupai ada pada judul, malah terkadang ada hingga masuk kerana hoax, inilah sebabnya saya ingin menciptakan postingan khusus mengenai pengertian clickbait penerapan serta bahayanya supaya kalian dapat mengerti juga.

Pengertian Clickbait

Clickbait yaitu sebuah istilah untuk menggambarkan konten web yang hanya bertujuan mendapat viewer atau pembaca, tanpa memperdulikan kualitas dan akurasi konten yang disajikan, dengan bergantung pada judul yang sensasional dan memprofokasi atau cuplikan gambar yang mendorong orang untuk membaca atau melihatnya.

Saya cukup yakin semua dari kalian pernah mengalami, ketika melihat sebuah judul dari artikel yang wah, luarbiasa, lalu ketika kalian klik, dan mencoba membacanya, ternyata artikel yang disampaikan tidaklah seheboh dari judul yang ditampilkan, atau artikel dengan thumanail (cuplikan gambar) yang juga heboh, atau sosok orang terkenal, dll tapi ketika memasuki artikel atau konten tersebut, bukanlah itu yang ditampilkan. ini sering sekali kalian jumpai pada artikel aplikasi-aplikasi informasi (yang itu loh U dan C) atau jikalau kalian sering youtuban ? kalian niscaya pernah juga mengalami tumnail video tidak sama dengan isi video. itulah yang disebut dengan clickbait.


Penerapan clickbait sendiri ada dua macam cara;

  1.  Misleading article
    Menggunakan judul b0mastis atau sensasional, jadi judul dari artikel akan dibentuk seheboh mungkin, biasanya dengan pengertian kalimat yang ambigu dan tidak jelas.

    Contoh clickbait; 
    Seorang anak ML hingga teriak-teriak dan muncr4t!
    Inilah Pidato Presiden terkait PKI
    Bak4r Rumah Sendiri Seharga 5 Milyar!
    
 2. Menggunakan cuplikan media  yang provokatif, sehingga menciptakan orang akan tertarik. Padahal konten bahkan kadang tidak bekerjasama sama sekali!

Clickbait dan bahayanya

Benarkah clickbait itu berbahaya?

Beberapa pengisi konten di website, memang merasa perlu menciptakan clickbait untuk mendongkrak viewer, namun sayangnya,  cara ini termasuk dalam teknik black  SEO . Tujuannya  hanya untuk menarik minat, tanpa mempedulikan kenyamanan pembaca. 

Benar memang, jumlah pengunjung naik secara signifikan, namun tidakkah disadari bahwa tindakan itu melanggar term of service dari pencarian dan ads? Cara ini sering dipakai oleh beberapa portal informasi terkenal, dan untungkah tercium oleh Mbah Google, sehingga hasilnya tak lagi besar lengan berkuasa pada SEO Google.

 Bahaya Clickbait untuk pembuatnya

  •     Merusak Citra dan Kredibilitas media tersebut.
  •     Tidak akan mendapat repon baik untuk pembaca.
  •     Hanya akan menjadi artikel sampah
  •     Artikel tidak akan bertahan lama. apa lagi di SERP mesin pencari
  •     Mengikis kualitas menulis sendiri.
  •     dll.

Bahaya Clickbait untuk pembaca

  •     Tidak akan menemukan informasi yang dicari.
  •     Menyia-nyiakan waktu membaca konten yang bukan dicari.
  •     Salah satu bentuk dari arti "telah tertipu"
  •     Kalau tidak selektif dapat terpengaruhi Hoax dan informasi palsu.
  •     Kesal dan Emosi.
  •     dll.


Jadi intinya, Clickbai yaitu hal yang jelek dan sangat tidak baik, baik untuk pembuatnya apalagi untuk pembacanya, jadi saran saya yaitu mari buat artikel dengan akurasi yang jelas, bukan hanya heboh pada judul dan tumbanail saja, sedang konten yang disajikan tidaklah menyerupai itu.

Sumber http://inirifany.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Apa Arti Dan Pengertian Clickbait Penerapan Dan Ancaman Serta Resikonya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel