-->

iklan banner

Psikologi Warna : Efek Konkret Dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia

Ada empat warna primer yang sangat besar lengan berkuasa psikologis yakni : merah, biru, kuning dan hijau. Mereka masing-masing berafiliasi dengan tubuh, pikiran, emosi dan keseimbangan esensial antara ketiganya.

Ada empat warna primer yang sangat besar lengan berkuasa psikologis yakni  Psikologi Warna : Efek Positif dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia
Psikologi Warna : Efek Positif dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia


Pelajari bagaimana Desainer sanggup memanfaatkan imbas kasatmata dari warna dalam banyak sekali bidang desain termasuk desain ruangan. Efek kasatmata dan negatif warna dan sifat psikologis dari sebelas warna dasar akan dijelaskan dalam artikel ini sebagai berikut :

01. MERAH - Fisik

Positif: Keberanian, kekuatan, kehangatan, energi, kelangsungan hidup dasar, 'pertarungan atau pelarian', stimulasi, kejantanan, kegembiraan.
Negatif: Pembangkangan, agresi, dampak visual, ketegangan.

Menjadi warna dengan panjang gelombang terpanjang, merah yaitu warna yang kuat. Meskipun secara teknis bukan yang paling terlihat, merah mempunyai sifat tampak lebih dekat dan sebab itu sanggup menarik perhatian kita lebih dulu. Karenanya efektivitasnya, merah banyak dipakai dalam lampu kemudian lintas di seluruh dunia.

Efeknya bersifat fisik; yaitu merangsang gerak kita dan meningkatkan denyut nadi, memberi kesan bahwa waktu berlalu lebih cepat dari normalnya. Ini berkaitan dengan prinsip maskulin dan sanggup mengaktifkan insting "lawan atau lari". Merah bersifat kuat dan sangat mendasar. Merah murni yaitu warna yang paling sederhana, tanpa kesan kehalusan. Merah bersifat merangsang dan semangat, sangat enerjik dan agresif.

02. BIRU - Intelektual.

Positif: Kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, tugas, logika, kesejukan, refleksi, ketenangan.
Negatif: Dingin, menyendiri, kurang emosi, tidak ramah.

Biru yaitu warna yang melambangkan pikiran dan intinya menenangkan. Biru sanggup memengaruhi kita secara mental, daripada reaksi fisik yang harus kita tanggung. Biru yang kuat akan merangsang pikiran yang jernih dan lebih ringan, yang lembut akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi.

Manfaat warna biru yaitu untuk mencapai ketenangan pikiran dan menenangkan mental. Ini yaitu warna komunikasi yang jelas. Benda biru sepertinya tidak sedekat ketika dengan benda merah. Berulang kali dalam penelitian, biru yaitu warna favorit dunia. Namun, biru juga sanggup dianggap sebagai warna dingin, tidak emosional dan tidak ramah.

03. KUNING - Emosional

Positif: Optimisme, kepercayaan diri, harga diri, extraversion, kekuatan emosional, keramahan, kreativitas.
Negatif: Irasionalitas, ketakutan, kerapuhan emosional, depresi, kecemasan, bunuh diri.

Panjang gelombang warna kuning relatif panjang dan intinya warna ini juga merangsang. Dalam hal ini rangsangannya emosional, oleh sebab itu kuning yaitu warna yang paling kuat, secara psikologis. Kuning yang sempurna akan mengangkat semangat kita dan harga diri kita sebab kuning yaitu warna kepercayaan dan optimisme.

Terlalu banyak kuning atau nada warna yang salah dalam hubungannya dengan warna lain dalam sketsa warna, sanggup mengakibatkan imbas psikologis harga diri menurun, sehingga menjadikan rasa takut dan kecemasan. Inilah kenapa garis polisi juga berwarna kuning.

04. HIJAU - Keseimbangan

Ada empat warna primer yang sangat besar lengan berkuasa psikologis yakni  Psikologi Warna : Efek Positif dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia
Taman hijau memberi keseimbangan antara rumah dan lingkungan

Positif: Harmoni, keseimbangan, penyegaran, cinta universal, istirahat, pemulihan, kepastian, kesadaran lingkungan, keseimbangan, kedamaian.
Negatif: Kebosanan, stagnasi, kebodohan, konservatif.

Warna Hijau menembus mata sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan adaptasi apa pun dan, karenanya, hijau dianggap warna tenang. Berada di tengah spektrum, hijau yaitu warna keseimbangan, konsep yang lebih penting daripada yang dilihat banyak orang.

Ketika dunia di sekitar kita mengandung banyak warna hijau, ini mengatakan keberadaan air dan kuliner sesuai naluri makhluk hidup alami yang mencari makan di hutan. Secara negatif, warna ini sanggup mengindikasikan stagnasi dan bila dipakai secara tidak benar, hijau akan dianggap terlalu hambar dan membosankan.

05. VIOLET (UNGU) - Rohani

Positif: Kesadaran spiritual, penahanan, visi, kemewahan, keaslian, kebenaran, kualitas.
Negatif: Introversi, dekadensi, penindasan, inferioritas.

Warna dengan panjang gelombang terpendek yaitu ungu, sering digambarkan sebagai violet. Dibutuhkan kesadaran dan tingkat fatwa yang lebih tinggi, bahkan ke bidang nilai-nilai spiritual. Warna ungu ini sangat introvert dan mendorong perenungan mendalam, atau meditasi.

Menjadi warna dengan panjang gelombang terakhir yang terlihat sebelum sinar ultra-violet, ungu mempunyai asosiasi dengan waktu dan ruang dan kosmos. Penggunaan warna ungu secara berlebihan sanggup mengakibatkan introspeksi terlalu banyak dan nada yang salah. Membuat presepsi sebagai sesuatu yang murah dan buruk, lebih cepat daripada warna lainnya.

06. ORANYE - Menyenangkan

Positif: Kenyamanan fisik, makanan, kehangatan, keamanan, sensualitas, gairah, kelimpahan, kesenangan.
Negatif: Perampasan, frustrasi, kesembronoan, ketidakdewasaan.

Karena merupakan kombinasi merah dan kuning, oranye merangsang dan reaksi terhadapnya yaitu kombinasi fisik dan emosional. Ini memfokuskan pikiran kita pada problem kenyamanan fisik ibarat makanan, kehangatan, perlindungan, dan sensualitas.

Oranye yaitu warna yang 'menyenangkan'. Secara negatif, mungkin fokus pada kebalikannya yaitu frustasi. Ini sangat mungkin terjadi ketika oranye hangat dipakai dengan warna hitam. Demikian pula, terlalu banyak warna oranye mengatakan kesembronoan dan kurangnya nilai-nilai intelektual yang serius.

07. MERAH MUDA (PINK) - Cinta

Positif: Ketenangan fisik, pengasuhan, kehangatan, feminitas, cinta, secualitas, kelangsungan hidup spesies.
Negatif: Penghambatan, claustrophobia emosional, pelemahan, kelemahan fisik.

Warna merah muda juga mensugesti kita secara fisik, tetapi itu lebih menenangkan, bukan merangsang. Merah muda yaitu warna yang kuat secara psikologis. Pink mewakili prinsip feminin dan kelangsungan hidup spesies yang sanggup memelihara dan menenangkan secara fisik.

Terlalu banyak warna merah muda menguras fisik, memuakan, menjijikan dan bahkan membalikan orientasi. Inilah kenapa mungkin laki-laki yang maskulin banyak yang kurang cocok disandingkan dengan pink sebab sanggup menjadikan salah presepsi, kecuali pandai menentukan nada dan kombinasi.

08. ABU-ABU - Netral

Positif: Netralitas psikologis, apa adanya.
Negatif: Kurang percaya diri, lembab, depresi, hibernasi, kurang energi.

Abu-abu murni yaitu satu-satunya warna yang tidak mempunyai sifat psikologis langsung. Ketiadaan warna benar-benar menyedihkan dan ketika dunia berubah abu-abu. Kita secara naluriah terkondisi untuk bosan dan mengantuk ketika melihat warna abu-abu.

Kecuali nada tepatnya tepat, abu-abu mempunyai imbas peredam pada warna lain yang dipakai dengannya. Penggunaan abu-abu yang berat biasanya mengatakan kurangnya kepercayaan diri dan rasa takut. Abu cocok disandingkan dengan warna kuat ibarat hitam untuk meredam kontras atau disandingkan dengan putih untuk membuat nada yang harmonis.

09. HITAM - Solid

Positif: Kecanggihan, glamor, keamanan, keamanan emosional, efisiensi, substansi, solid.
Negatif: Penindasan, kedinginan, ancaman, beban.

Hitam yaitu warna yang sepenuhnya menyerap cahaya. Implikasi psikologis dari hal itu sangat besar. Warna ini membuat penghalang pelindung, sebab menyerap semua energi yang tiba ke arah Anda dan itu sanggup menyelubungi kepribadian Anda. Hitam intinya yaitu tidak adanya cahaya, sebab tidak ada panjang gelombang yang dipantulkan dan sebab itu banyak orang takut akan gelap.

Secara positif, warna hitam mengkomunikasikan kejelasan absolut, tanpa nuansa lain. Warna hitam mengatakan kecanggihan dan keunggulan tanpa kompromi. Warna hitam sangat baik bila dipadukan dengan warna putih. Hitam membuat persepsi berat dan keseriusan.
     
Kebenaran lain yaitu bahwa hitam yaitu warna yang paling resesif yang tidak menarik perhatian Anda, daripada benar-benar membuat Anda terlihat lebih ramping. Anda akan terlihat lebih kurus bila menggunakan pakaian warna hitam.

10. PUTIH - Bersih

Ada empat warna primer yang sangat besar lengan berkuasa psikologis yakni  Psikologi Warna : Efek Positif dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia
Putih yaitu kemurnian dan tanpa kompromi dan mengatakan kesan bersih, higienis, dan steril.

Positif: Kebersihan, kejernihan, kemurnian, kebersihan, kesederhanaan, kecanggihan, efisiensi.
Negatif: Kemandulan, kedinginan, hambatan, tidak bersahabat, elitisme.

Berbeda dengan hitam yang merupakan absorpsi total, putih yaitu refleksi total. Akibatnya, warna putih mencerminkan kekuatan penuh spektrum cahaya ke mata kita. Dengan demikian putih juga membuat penghalang, tetapi berbeda dari hitam dan sering kali menjadi beban untuk dilihat.

Putih yaitu kemurnian dan tanpa kompromi dan mengatakan kesan bersih, higienis, dan steril. Konsep sterilitas juga sanggup negatif. Secara visual, putih memberi persepsi ruang yang luas dan tinggi. Efek negatif putih pada warna-warna hangat yaitu membuatnya terlihat dan terasa norak. Putih membuat semua benda menjadi terlihat lebih besar dari aslinya.

11. COKLAT - Alam

Positif: Keseriusan, kehangatan, Alam, kesederhanaan, keandalan, dukungan.
Negatif: Kurang humor, berat, kurangnya kecanggihan.

Coklat biasanya terdiri dari adonan merah dan kuning dan biru atau oranye, ungu dan hijau. Akibatnya, coklat mempunyai keseriusan yang sama dengan hitam, tetapi lebih hangat dan lebih lembut. Coklat mempunyai unsur sifat merah dan kuning.

Coklat mempunyai kekerabatan dengan bumi dan dunia alami. Ini yaitu warna yang solid, sanggup mengemban amanah dan kebanyakan orang menganggapnya lebih kasatmata daripada hitam yang selalu terkenal dan supresif. Coklat biasanya dipakai sebagai warna pendukung pada bangunan contohnya bangunan putih dengan hiasan kusen cokelat muda.

Demikian mengenai Efek kasatmata dan negatif warna dan sifat psikologis dari sebelas warna dasar yang telah dijelaskan di atas, dengan memahami psikologi warna sebagai unsur utama dalam desain, kita sanggup membuat ruang dengan suasana sesuai yang kita inginkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Baca Juga :

Referensi :

  • http://www.colour-affects.co.uk/psychological-properties-of-colours
  • https://www.arsitur.com/2018/03/kekuatan-warna-hitam-dalam-desain.htm

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Psikologi Warna : Efek Konkret Dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel