-->

iklan banner

√ Persebaran Tanaman Di Dunia

Persebaran Flora Di Dunia - C. Hart Meeriem, seorang peneliti biologi alam pada tahun 1889, mengemukakan model persebaran flora berdasar variasi ketinggian pada Gunung San Fransisco dari kaki hingga puncaknya. Model tersebut ternyata sejalan dengan pola persebaran flora dari garis tropis ekuator hingga ke arah utara maupun selatan. Karena temperatur berubah sesuai dengan ketinggian sebagaimana pula garis lintang (latitude) selatan dan utara maka Meeriem berkesimpulan bahwa tipe flora pada suatu kawasan dipengaruhi oleh temperatur. Kemudian sanggup dibuktikan bahwa faktor kelembapan ternyata lebih berperan daripada faktor temperatur.


Curah hujan yang tinggi diharapkan untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan besar. Sebaliknya, semakin kita bergerak ke kawasan dengan curah hujan rendah flora akan didominasi oleh flora kecil, belukar, padang rumput, dan jadinya kaktus atau tumbuhan padang pasir lainnya.


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA


Komunitas organisme flora di dunia sanggup dibagi menjadi tiga macam yang utama. Berikut akan diuraikan macam komunitas organism flora menurut perubahan naik garis lintang (yang berarti pula penurunan temperaturnya) dalam pembagian mintakat (zona) temperatur.

Macam flora tersebar sepanjang perubahan kekeringan atau penurunan kelembapan. Tiga macam komunitas flora tersebut sebagai berikut.

a. Hutan, flora utama berupa pohon-pohon besar.
b. Padang rumput, flora utama yakni rumput.
c. Gurun, flora utama dan kondisi iklimnya.

Setiap jenis komunitas flora tersebut, dibagi lagi menjadi beberapa jenis komunitas. Berikut disajikan jenis komunitas, pembagiannya, dan kondisi iklimnya.


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA


a. Padang Rumput
Daerah padang rumput ini terbentang dari kawasan tropika hingga ke kawasan subtropika. Curah hujan di kawasan padang rumput pada umumnya antara 250 - 500 mm/tahun. Pada beberapa padang rumput, curah hujan itu sanggup mencapai 1.000 mm, tetapi turunnya hujan tidak teratur. Hujan yang tidak teratur dan porositas yang rendah menjadikan flora sulit untuk mengambil air. Tumbuhan yang sanggup menyesuaikan diri terhadap keadaan lingkungan menyerupai itu yakni rumput. Daerah padang rumput yang relatif basah, menyerupai terdapat di Amerika Utara, rumputnya sanggup mencapai tiga meter, contohnya rumput-rumput bluestem dan indian grasses, sedangkan kawasan padang rumput yang kering mempunyai rumput yang pendek. Contohnya yakni rumput buffalograsses dan rumput grama.

Padang rumput terdiri atas beberapa macam menyerupai berikut.

1) Tundra terdapat di kawasan bersuhu hambar dan curah hujan rendah. Kondisi menyerupai ini menjadikan jenis flora yang ada yakni rumput-rumput kerdil.
2) Praire terdapat di kawasan dengan curah hujan yang berimbang dengan isu terkini panas. Rumput di praire lebih tinggi dibandingkan rumput tundra.
3) Steppa terdapat di kawasan dengan curah hujan tinggi. Daerah steppa umumnya terdiri atas rumput-rumput pendek dan diselingi oleh semak belukar.

Tumbuhan yang sanggup tahan hidup di kawasan savana yakni jenis flora yang tahan terhadap kelembapan rendah. Biasanya, berupa rumput-rumput tinggi diselingi semak belukar dan pohon-pohon tinggi. Savana terdiri atas sebagai berikut.

1) Belukar tropik: tumbuh berjenis-jenis semak, pada isu terkini hujan tumbuh dengan mudah.
2) Hutan sabana: tumbuh dengan sistem menjalar dan menutupi tanah, pohon tinggi jarang.
3) Sabana: padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon tinggi.
4) Semi Arid: kawasan yang jarang hujan sehingga ditumbuhi oleh semak-semak yang tahan panas.


b. Gurun
Pada umumnya, flora yang hidup di gurun berdaun kecil menyerupai duri atau tidak berdaun. Tumbuhan tersebut berakar panjang sehingga sanggup mengambil air dari tempat yang dalam dan sanggup menyimpan air dalam jaringan spon.

Daerah gurun banyak terdapat di kawasan tropis dan berbatasan dengan padang rumput. Keadaan alam dari padang rumput ke arah gurun biasanya makin jauh makin gersang. Curah hujan di gurun yakni rendah, yaitu sekitar 250 mm/tahun atau kurang. Hujan lebat jarang terjadi dan tidak teratur. Pancaran matahari sangat terik dan penguapan tinggi sehingga suhu siang hari sangat panas. Pada isu terkini panas, suhu sanggup lebih dari 40ºC. Perbedaan suhu siang dan malam hari (amplitude harian) sangat besar. Tumbuhan yang hidup menahun di gurun yakni flora yang sanggup mengikuti keadaan terhadap kekurangan air dan penguapan yang cepat.

Apabila hujan turun, flora di gurun segera tumbuh, berbunga, dan berbuah dengan cepat. Hal ini sanggup terjadi dalam beberapa hari saja sesudah hujan, tetapi sempat menghasilkan biji untuk berkembang lagi dalam isu terkini berikutnya


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA


c. Tundra
Daerah tundra hanya terdapat di belahan bumi utara dan kebanyakan terletak di kawasan lingkungan kutub utara. Daerah ini mempunyai isu terkini hambar yang panjang serta gelap dan isu terkini panas yang panjang serta terperinci terus menerus. Daerah tundra di kutub ini sanggup mengalami gelap berbulan-bulan lantaran matahari hanya mencapai 231/2º LU/LS. Di kawasan tundra tidak ada pohon yang tinggi. Kalau ada pohon maka pohon itu terlihat pendek menyerupai semak. Di kawasan tundra ini banyak terdapat lumut, terutama spagnum dan lichenes (lumut kerak). Tumbuhan semusim di kawasan tundra biasanya berbunga dengan warna yang menyolok dengan masa pertumbuhan yang sangat pendek sehingga pada isu terkini pertumbuhan, pemandangannya sangat indah. Tumbuhan di kawasan ini sanggup mengikuti keadaan terhadap keadaan hambar sehingga akan tetap hidup meskipun dalam keadaan beku.


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA


d. Hutan Tropis
Di kawasan hutan berair tropika terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan, yang mungkin berbeda dengan yang lain. Hutan-hutan berair tropika di seluruh dunia mempunyai persamaan. Sepanjang tahun hutan berair cukup menerima air dan keadaan alamnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan yang usang sehingga komunitas hutan tersebut akan kompleks. Misalnya, terdapat di kawasan tropika dan subtropika yang ada di Indonesia, kawasan Australia kepingan utara, Irian Timur, Afrika Tengah, dan Amerika Tengah.

Pohon-pohon utama mempunyai ketinggian antara 20 - 40 meter dengan cabang-cabangnya yang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tudung (canopy) yang menjadikan hutan menjadi gelap. Daerah tudung tersebut cukup menerima cahaya matahari, tetapi hanya akan menerima air dari hujan dan tidak ada sumber air lainnya.

Dalam hutan berair juga terdapat perubahan-perubahan iklim mikro dari tudung hutan ke bawah hingga ke dasar hutan. Pada tudung hutan terdapat juga kaktus, yang mempunyai jaringan khusus untuk menyimpan air. Tersebarnya kawasan kaktus dari gurun yang kering hingga ke hutan berair tropika yang kawasan tudungnya juga kering, merupakan pola dari preadaptasi. Preadaptasi berarti penyesuaian terhadap suatu kawasan yang juga sesuai bagi kawasan lain yang lingkungannya sangat berbeda. Dasar hutan selalu gelap, air hujan sulit mencapai dasar hutan tersebut secara langsung, tetapi kelembapan di kawasan itu tinggi dan suhu sepanjang hari hampir tetap, yaitu rata-rata 25ºC. Pada hutan bawah tropika selain pepohonan yang tinggi, terdapat flora yang khas, yaitu liana dan epifit. Contoh liana yakni rotan dan pola epifit yakni anggrek.


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA


e. Hutan Gugur
Di kawasan yang beriklim sedang, selain terdapat banyak padang rumput dan adakala ada gurun, yang paling khas yakni adanya hutan gugur, yang disebabkan oleh hal-hal berikut.

1) Curah hujan merata sepanjang tahun, yaitu antara 750 hingga 1.000 mm per tahun serta adanya isu terkini hambar dan isu terkini panas. Dengan adanya isu terkini hambar dan isu terkini panas ini flora di kawasan tersebut mengadakan penyesuaian, yaitu dengan menggugurkan daunnya menjelang isu terkini dingin.

2) Musim yang mendahului isu terkini hambar disebut isu terkini gugur. Sejak isu terkini gugur hingga isu terkini semi, flora yang menahun pertumbuhannya terhenti. Tumbuhan semusim mati pada isu terkini dingin, yang tinggal hanya bijinya. Tumbuhan yang tahan hambar sanggup berkecambah menjelang isu terkini panas.

Perbedaan hutan gugur dan hutan berair yakni dalam hal kepadatan pohonnya. Di hutan gugur, pohon-pohonnya tidak terlalu rapat dan jumlah spesiesnya sedikit, yaitu antara 10 hingga 20 spesies.


f. Taiga
Taiga yakni hutan pohon pinus yang daunnya menyerupai jarum. Pohon-pohon yang terdapat di hutan taiga contohnya konifer, terutama pohon spruce (picea), alder (alnus), birch (betula), dan juniper (juniperus). Daerah taiga merupakan bioma yang hanya terdiri atas satu spesies pohon. Taiga kebanyakan terdapat di belahan bumi kepingan utara (Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara), dengan masa pertumbuhan pada isu terkini panas berlangsung antara 3 hingga 6 bulan. Penyebaran fauna atau binatang darat terutama binatang menyusui banyak ditentukan oleh rintangan alam dan sebagian adanya hubungan antara daratan-daratan


 seorang peneliti biologi alam pada tahun  √ PERSEBARAN FLORA DI DUNIA





Versi materi oleh Dibyo S dan Ruswanto


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Persebaran Tanaman Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel