-->

iklan banner

Perbedaan Jenis-Jenis Layar Pada Ponsel Cerdas

Salah satu pertimbangan utama ketika kita berbicara ihwal layar sebuah smartphone ialah resolusi layar. Ada beberapa kategori ‘resolusi’ ini diantaranya :



  1. Ukuran layar (dalam inci),

  2. Jumlah piksel (berapa banyak warta yang sanggup ditunjukkannya)

  3. dan seberapa padat piksel-piksel itu dikemas, atau biasa disebut Pixels Per Inch (ppi)


Biasanya kalau Anda tahu ukuran layarnya, Anda juga sanggup mengetahui berapa banyak piksel dalam satu inci persegi itulah yang disebut piksel per inci (ppi), atau sebagai kerapatan piksel. Anda sanggup dengan gampang menghitung ppi ponsel Anda menggunakan aplikasi kalkulator kerapatan piksel disini .


Berikut ini ialah jenis-jenis Resolusi


Resolusi









































Resolusi Jumlah piksel

(Horizontal x Vertikal)
Nama Contoh handset
‘Benar’ 4K 4096 x 21604K, Bioskop 4K, Benar 4KTidak ada
4K Ultra HD 3840 x 21604K, Ultra HD, 4K Ultra HDSony Xperia Z5 Premium
2K 2560 x 14402KHTC 10, Nexus 6P, Moto Z, Galaxy S7, LG V20
1080p 1920 x 1080Full HD, FHD, HD High DefinitionOnePlus 3, Sony Xperia X, Huawei P9, iPhone 7 Plus
720p 1280 x 720HD, High DefinitionMoto G4 Play, Galaxy J3, Xperia M4 Aqua

Salah satu pertimbangan utama ketika kita berbicara ihwal layar sebuah smartphone ialah Perbedaan Jenis-Jenis Layar Pada Ponsel Cerdas


Apa itu Layar HD ?


Apa itu Layar HD ? HD merupakan abreviasi dari High Definition.HD berukuran 1280 x 720 piksel.Tidak peduli seberapa besar layarnya, selama pengukuran piksel tetap berada pada pengukuran ini, ini ialah display HD.


catatan: ukuran layar diukur diagonal untuk memperhitungkan rasio aspek yang sedikit berbeda.


Pada layar 4,3 inci, misalnya, kerapatan piksel contohnya ialah 342 ppi. Pada layar 4,7 inci, kerapatan piksel turun menjadi 312 ppi, namun keduanya masih menampilkan HD. Menurut Apple, 300 ppi ialah sweet spot, alasannya ialah merupakan titik di mana mata insan berhenti bisa membedakan piksel individu pada jarak pandang tertentu (dan pada layar berukuran tertentu).


Apa itu Layar Full HD ?


Apa itu Layar Full HD ? Full HD berukuran 1920 x 1080 piksel. Sekali lagi, kerapatan piksel akan bergantung pada seberapa besar keseluruhan layar. Dengan smartphone 5 inci, kerapatan piksel berada di sekitar 440 ppi, sementara pada layar 5,5 inci, angka tersebut turun menjadi 400 ppi. Ini menjadi standar untuk tampilan pada sebuah smartphone.


Apa itu Layar QHD, Quad HD atau 2K ?


QHD merupakan abreviasi dari Quad HD, artinya empat kali definisi dari sebuah HD standar.Itu berarti Anda bisa memasukkan jumlah piksel yang sama dikali empat display HD maka itu disebut layar QHD .Ukuran piksel untuk QHD ialah 2560 x 1440 piksel.Layar QHD dengan besar 5,5 inci mempunyai kerapatan piksel 538 ppi kalau dibandingkan dengan  layar Full HD 5.5 inci ialah 400 ppi.


Ponsel yang biasanya menggunakan layar QHD diantaranya ialah Samsung, Motorola, Huawei dan pembuat handset besar lainnya .


Apa itu Layar 4K atau Ultra HD ?


Seperti 2K, nama 4K berasal dari pengukuran piksel yang lebih besar, yang secara teknis, 4096 piksel = 4K dan mempunyai 3840 piksel pada sebuah Ultra HD.Ultra HD mempunyai 3860 x 2160 piksel sedangkan 4K ialah 4096 x 2160 piksel. Kedua definisi tersebut sering disingkat menjadi 2160p dan perbedaan pixel relatif marjinal, namun ada perbedaan.Salah satu handset pertama yang diluncurkan dengan layar ‘4k’ contohnya pada ponsel Sony Xperia Z5 Premium , yang mengatakan resolusi Ultra HD pada layar 5,5 inci.


Sony mengacu pada tampilan ini sebagai 4K. Namun demikian, Z5 Premium mempunyai kerapatan piksel 806 ppi – jauh melebihi yang ditawarkan oleh banyak smartphone pesaing lainnya.


Apa itu Layar AMOLED ?


AMOLED ialah abreviasi dari Active Matrix Organic Light-Emitting Diode.Meskipun ini terdengar sangat rumit namun bahwasanya tidak.Kami telah menemukan sebuah matriks aktif dalam teknologi TFT LCD, dan OLED hanyalah sebuah istilah untuk teknologi layar tipis lainnya.


OLED berasal dari materi organik , menyerupai namanya, yang akan memancarkan cahaya dikala arus masuk.Berbeda dengan panel LCD, yang akan menyala kembali, display OLED ‘selalu mati’ kecuali piksel individu dialiri listrik.


Ini berarti bahwa display OLED mempunyai banyak warna hitam yang lebih murni dan mengkonsumsi lebih sedikit energi dikala warna hitam atau gelap ditampilkan di layar.Namun, tema berwarna terang pada layar AMOLED menggunakan daya yang jauh lebih besar daripada LCD yang menggunakan tema yang sama.Layar OLED juga lebih mahal untuk diproduksi dibanding LCD.


Karena piksel hitam dalam layar OLED, juga mempunyai rasio kontras yang cukup lebih tinggi daripada layar LCD. Tampilan AMOLED juga mempunyai refresh rate yang sangat cepat, namun kekurangan layar AMOLED ini tidak begitu terlihat di bawah pancaran sinar matahari ya lebih kurang menyerupai seolah-olah LCD backlit ini alasannya ialah materi AMOLED bersifat organik.


Di sisi positif, layar AMOLED bisa dibentuk lebih tipis dari LCD (karena tidak memerlukan lapisan backlit) dan juga bisa dibentuk fleksibel.


Apa bedanya OLED, AMOLED dan Super AMOLED


OLED ialah abreviasi dari Organic Light Emitting Diode, dan layar OLED terdiri dari lembaran tipis dengan materi electroluminescent, yang menjadi laba utamanya ialah menghasilkan cahaya sendiri, sehingga tidak memerlukan lampu latar, yang mengurangi kebutuhan energi.Tampilan OLED lebih sering disebut sebagai display AMOLED bila dipakai pada smartphone atau TV.


Seperti yang telah kita bahas, AM dari AMOLED ialah abreviasi dari Active Matrix, yang berbeda lagi dari OLED Pasif Passion (P-OLED), meskipun ini jarang kita jumpai pada smartphone.


Sedangkan Super AMOLED ialah nama yang diberikan oleh Samsung pada display-nya yang dulu hanya bisa ditemukan pada model high-end, namun dikala ini telah dikembangkan kembali ke perangkat yang lebih sederhana.Seperti LCD IPS, Super AMOLED memperbaiki premis AMOLED dasar dengan mengintegrasikan lapisan respons sentuhan ke layar itu sendiri, bukan sebagai lapisan suplemen di bab atas.


Akibatnya, tampilan Super AMOLED kalau terkena sinar matahari akan lebih terlihat terang kalau dibandingkan dengan display AMOLED dan juga membutuhkan daya yang lebih kecil.Sesuai namanya, Super AMOLED hanyalah versi AMOLED yang lebih bagus.


Apa itu Layar Retina Display ?


Retina ialah istilah pemasaran dari produk Apple.Tampilan Retina tidak ditentukan oleh karakteristik tertentu, selain itu resolusi tersebut dianggap cukup memadai sehingga mata insan tidak sanggup melihat piksel pada jarak pandang normal dan mempunyai kerapatan piksel lebih dari 300 ppi.Seperti yang sudah kita ketahui sekalipun, Apple tidak mengukur ppi dengan cara yang sama menyerupai pembuat handset lainnya.


Pengukuran ini terang berubah tergantung ukuran dan resolusi layar.Apple mempopulerkan konsep Retina pada iPhone 4, yang mempunyai resolusi 960 x 640 piksel pada layar LCD IPS 3,5 inci, yang menghasilkan 330 piksel per inci (ppi).



Sumber https://bacolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Jenis-Jenis Layar Pada Ponsel Cerdas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel