-->

iklan banner

Penataan Area Foh Restoran

Istilah "Front Of House" pada restoran mengacu pada setiap area di dalam restoran di mana pelanggan diizinkan masuk. Area ini termasuk ruang makan, kafetaria dan bahkan toilet. FOH yaitu segala hal pada restoran yang menyentuh eksklusif kepada pelanggan, segala sesuatu yang bisa diakses pelanggan mulai dari parkir, entrance, seating area, receptionist, hingga toilet.

Manajemen belahan FOH restoran termasuk layanan pelanggan, mempekerjakan dan melatih staf, menyimpan dan merancang ruang makan dan kafetaria serta merencanakan promosi restoran. Memahami bagaimana FOH restoran beroperasi menjadi sangat penting ketika ingin merencanakan atau membangun restoran.

Menata Area FOH Restoran

 pada restoran mengacu pada setiap area di dalam restoran di mana pelanggan diizinkan masu Penataan Area FOH Restoran
Penataan Area FOH Restoran

Selain makanan yang enak, interior restoran sekarang juga menjadi hal yang penting. Kemunculan media umum dan acara swafoto yang semakin sering menciptakan para pelanggan kerap mengunggah foto mereka ketika di restoran. Hal ini sanggup menjadi sebuah media marketing yang manis untuk restoran tersebut.

Makara kebutuhan desain restoran terutama di belahan FOH bukan hanya kepentingan suasana saja, melainkan untuk promosi yang akan dilakukan oleh pelanggan itu sendiri. Semakin unik konsep interior restorannya, semakin viral pula restoran tersebut.

Bagian FOH yaitu area yang dilihat pelanggan, jadi harus ditata secara konsisten dan harus bisa mencerminkan tema atau konsep restoran. Sehingga area ini harus dirancang secara efisien, menyeimbangkan suasana dengan kapasitas daerah duduk.

Beberapa peralatan dapur juga penting untuk ditata semoga efektif dalam mendukung kegiatan restoran yang padat. Sebuah ruang stasiun diharapkan oleh koki dan pramusaji untuk menawarkan layanan makanan yang sangat baik. Dalam hal ini yang terpenting yaitu ruang sirkulasi

Menata Tempat Duduk di FOH

 pada restoran mengacu pada setiap area di dalam restoran di mana pelanggan diizinkan masu Penataan Area FOH Restoran
konsep restoran degan tema toilet; img via brilio.com

Merencanakan daerah duduk yang kita pilih sanggup memaksimalkan tata ruang makan. Pastikan daerah duduk yang dipilih mencerminkan konsep restoran tersebut. Jangan hanya mengandalkan harga yang mahal. Terkadang daerah duduk yang terbuat dari drum bekas juga bisa menciptakan restoran laku manis sebab keunikannya.

Toilet sebagai elemen penting FOH Restoran

Toilet dan ruang tunggu yaitu area lain untuk dipikirkan ketika merencanakan belahan FOH restoran. Meskipun toilet hanya berfungsi sebagai penunjang, namun jangan pernah meremehkan belahan ini. Banyak perempuan yang suka berswafoto di cermin toilet restoran. Oleh sebab itu menyajikan toilet yang unik dan menarik di restoran merupakan sebuah tantangan.

Sirkulasi di FOH Restoran

Hal penting yang dilarang kita lupakan yaitu ruang sirkulasi dan penataan sirkulasi di restoran. Pelanggan mungkin akan kesal bila jarak toilet dengan ruang makan terlalu jauh, meskipun ada yang menyarankan semoga toilet tidak terlihat dari area ruang makan pelanggan.



Ruang gerak untuk para pegawai sebaiknya mempunyai jalur khusus dan biasanya di pinggir. Jangan hingga pelanggan dan staf lewat di jalur yang sama. Pastikan ruang sirkulasi cukup meskipun dingklik retoran terisi semuanya. Sisakan jarak sekitar 60-80 cm sehingga pelanggan masih bisa lewat.

Area Staf dan Pegawai

Membahas FOH yaitu apa yang akan terlihat oleh pelanggan, jadi menata FOH tidak hanya memikirkan area untuk pelanggan, namun juga pegawai restoran itu sendiri. Ruang pegawai juga sebaiknya tidak terlihat oleh pelanggan. Tidak semua pegawai bisa diatur dengan baik, ketika pramusaji tidak sedang melayani pelanggan, mungkin mereka akan mengobrol atau bercanda dengan rekannya, sesuatu yang mungkin tidak semua pelanggan suka. Makara sebaiknya area pegawai ketika tidak bertugas tidak terlalu terekspos oleh pelanggan. Jangan hingga pelanggan merasa sedang ditonton oleh para pegawai restoran.

Nah demikianlah wacana Penataan Area FOH Restoran, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sanggup menambah wawasan wacana perencanaan dan desain restoran. Terima kasih.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penataan Area Foh Restoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel