-->

iklan banner

√ Mau Hasilkan Rupiah Dikala Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!

masa duduk di dingklik kuliah jadi ajang buat kau menambah pengalaman dan mengasah banyak sekali √ Mau Hasilkan Rupiah Saat Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!Masa-masa duduk di dingklik kuliah jadi ajang buat kau menambah pengalaman dan mengasah banyak sekali macam keahlian. Bukan hanya kemampuan di bidang akademis saja yang harus kau asah, tapi juga urusan skill wirausaha sebagai modal embel-embel sehabis lulus kuliah nanti.


Nah, buat kau yang pengen bisa menghasilkan embel-embel uang jajan bulanan sambil kuliah, kali ini BisnisUKM.com punya acuan peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan mahasiswa di luar jam kuliah.


Kalau sudah mendengar kata bisnis, sebagian besar mahasiswa biasanya pribadi berpikir wacana resiko rugi, modal besar, problem bagi waktu, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Padahal, nggak semua peluang bisnis sampingan mahasiswa membutuhkan modal besar.


Nah, biar kalian semakin yakin segera terjun memulai bisnis sampingan sembari kuliah, kali ini BisnisUKM.com akan mengupas tuntas peluang bisnis sampingan apa saja yang bisa dijalankan mahasiswa dengan gampang dan murah.


Cara Memulai Peluang Bisnis Sampingan Mahasiswa


Pertama, tentukan sasaran pasar yang akan kau dibidik


Sebelum menentukan peluang bisnis sampingan yang bakal kau jalankan, setidaknya kau harus tahu gotong royong siapa pasar yang bakal kau bidik. Dari situ kau bisa mulai menentukan jenis perjuangan apa yang sesuai. Salah satunya saja dengan memanfaatkan potensi tempat asalmu.


Seperti kita tahu, sebagian besar mahasiswa ialah para perantau yang berasal dari banyak sekali daerah. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk memperkenalkan makanan khas, budaya, atau bahkan produk souvenir buah tangan khas daerahmu ke temen-temen kuliahmu. Contohnya kalau kau berasal dari Bali,  kamu bisa menjual produk unggulan di daerahmu ibarat sandal Bali, kain bali, kaos souvenir bali, pie bali dan masih banyak lagi lainnya.


Mempersiapkan apa saja kebutuhan bisnis sampingan


masa duduk di dingklik kuliah jadi ajang buat kau menambah pengalaman dan mengasah banyak sekali √ Mau Hasilkan Rupiah Saat Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!Pertama, lakukan survey pasar untuk mencari tahu potensi produk daerahmu yang bisa diangkat ke pasar nasional. Kamu bisa survey kecil-kecilan, kira-kira produk apa saja yang paling banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke daerahmu. Misalnya saja ibarat akseroris atau souvenir, kaos, makanan khas, dan lain sebagainya.


Kedua, prioritaskan untuk menentukan produk yang tahan lama. Karena sebagai mahasiswa tentunya waktu luangmu cukup terbatas, jadi sebaiknya pilih produk komoditas yang mempunyai masa kadaluarsa cukup lama. Misalnya saja menentukan makanan kering ibarat camilan, kopi, atau lebih menentukan cinderamata yang tak mempunyai masa kadaluarsa.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Ketiga, menentukan produk yang sesuai dengan daya beli kalangan mahasiswa. Mengingat sasaran pasarmu ialah kalangan sesama mahasiswa, maka sebaiknya pilihlah produk yang harga jualnya masih akrab dengan kantong mahasiswa.


Keempat, untuk menghemat modal, kau bisa membeli beberapa sample produk kemudian diambil fotonya untuk dijadikan katalog promosi.  Melalui katalog tersebut, kau bisa menjaring calon konsumen gres kemudian melaksanakan pembelian (kulakan) sesuai dengan orderan yang diminta konsumen.


Kelima, libatkan produkmu pada acara-acara kampus serta aktif  berpromosi di sosial media semoga teman-teman kau mengetahui peluang bisnis sampingan yang sedang kau jalankan. Misalnya saja ibarat ikut serta menjadi salah satu sponsor program seminar atau bazaar yang diadakan kampusmu, atau bisa juga memanfaatkan facebook, twitter, instagram, dan blackberry messenger untuk mempromosikan bisnis sampingan yang kau jalankan.


Keuntungan Bisnis Sampingan Mahasiswa Dengan Modal Kecil


Ada banyak peluang bisnis sampingan yang bisa diangkat kawan-kawan mahasiswa dari potensi-potensi di sekitar daerahnya. Kejelian para mahasiswa dalam melihat peluang bisnis dan luasnya jaringan pertemanan yang mereka miliki baik di lingkungan kampus maupun pertemanan di dunia maya, cukup memudahkan mereka untuk bisa berbagi bisnisnya sampai masuk ke lingkup pasar yang lebih besar (menguasai pasar di luar kampus).


Kemampuan dan pengetahuan para mahasiswa dalam mengoperasikan gadget maupun memakai jaringan internet, turut memudahkan kalangan mahasiswa untuk berbagi bisnisnya di lingkungan kampus maupun di pasar maya. Melihat kini ini internet menjadi media promosi yang sangat efektif, tidak sulit bagi kalangan terpelajar untuk bisa mempromosikan bisnis sampingan mahasiswa ini ke pangsa pasar yang lebih luas. Jadi, tidak menutup kemungkinan bila bisnis sampingan mahasiswa ini bakal berhasil menembus pasar yang lebih luas.


Kendala Peluang Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil


Sampai ketika ini masih ada banyak hambatan yang sering dihadapi para mahasiswa ketika hendak terjun di dunia usaha. Salah satunya saja ibarat kurangnya waktu luang yang bisa dialokasikan untuk merintis peluang bisnis serta munculnya ketakutan-ketakutan akan resiko kegagalan usahanya. Bahkan,tak jarang sebagian mahasiswa mengurungkan niatnya menjadi pengusaha alasannya ialah mereka hanya memikirkan problem modal yang pas-pasan sehingga pada kesudahannya takut mencoba dan cenderung takut menghadapi resiko kegagalan dalam merintis usahanya.


Disamping itu, kurang luasnya jaringan bisnis yang mereka miliki serta banyaknya ide bisnis yang ingin mereka wujudkan, terkadang hanya akan menghilangkan fokus utama mereka untuk mengoptimalkan peluang perjuangan yang sedang dijalankannya. Kendala ini bisa diatasi dengan cara membuka mata dan indera pendengaran seluas-luasnya semoga lebih jeli untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa mereka ambil dan prioritas apa saja yang perlu mereka selesaikan terlebih dahulu. Semakin sering kau membuka mata dan telinga, maka semakin besar pula peluangmu untuk mendapat ide bisnis yang brilian dan menjanjikan.


Strategi Pemasaran Bisnis Sampingan Mahasiswa


masa duduk di dingklik kuliah jadi ajang buat kau menambah pengalaman dan mengasah banyak sekali √ Mau Hasilkan Rupiah Saat Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!Memulai bisnis modal kecil bukan menjadi hambatan buatmu untuk memasarkan peluang bisnis sampingan yang kau jalankan sembari kuliah. Dengan kreativitas yang kau miliki serta ditunjang dengan kemajuan teknologi yang juga mulai akrab dengan kalangan anak muda, kini ini ada banyak bisnis mahasiswa berani bersaing dengan peluang bisnis lainnya yang ada di pasaran.


Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, tentunya kau harus lebih terpelajar untuk menyusun taktik pemasaran. Contohnya saja ibarat memanfaatkan tugas internet untuk mempromosikan bisnis sampingan yang dijalankan.


Tingginya tingkat penggunaan internet di kalangan mahasiswa, bisa kau manfaatkan untuk mempromosikan produk-produk yang kau pasarkan. Untuk menjangkau konsumen di lingkup terdekat Anda, bisa dimulai dengan cara mempromosikannya melalui akun jejaring pertemanan yang kau gunakan. Sebut saja ibarat kini ini jejaring social yang eksis di kalangan mahasiswa antara lain facebook, twitter, blackberry messenger, whats up, we chat, line, kakao talk, instagram, pinterest, dan lain sebagainya.


Sedangkan untuk menjangkau pangsa pasar umum, kau bisa memulainya dengan mempromosikan produk-produkmu melalui market place seperti contohnya bisnisukm.com, kaskus, tokobagus, berniaga, tokopedia, indonetwork, dinomarket, dan lain sebagainya.


Kunci Sukses Merintis Peluang Bisnis Sampingan Sambil Kuliah


Biar bisa tetap seimbang dalam menjalankan peranmu sebagai mahasiswa maupun pengusaha muda, tentunya kau harus pintar-pintar membagi waktu dan cukup jeli dalam menentukan peluang usaha. Melihat kesibukanmu sebagai mahasiswa cukup tinggi, maka sebaiknya pilihlah potensi-potensi tempat yang cukup gampang didapatkan.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Bila perlu, gandeng keluargamu yang tinggal di kampung halamanmu untuk mempersiapkan persediaan barang setiap bulannya. Dengan begitu, ketika kau mendapat orderan barang dari konsumen, maka kau bisa pribadi menghubungi keluargamu yang ada di kampung halaman untuk mempersiapkan produk-produk yang dipesan.


Analisa Ekonomi

Asumsi
Jualan kaos batik Pekalongan secara online
Harga jual kaos batik @ Rp 50.000,00/ pcs

Modal awal
Kulakan sample produk (@ Rp 30.000,00 x 20 pcs)              Rp   600.000,00
Laptop, smartphone, dan modem                                Rp 4.000.000,00+
Total modal                                                  Rp 4.600.000,00

Laptop, smartphone dan modem mengalami penyusutan sehabis 4 tahun :
1/48 x Rp 4.000.000,00          =          Rp 83.300,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan barang orderan (@ Rp 30.000,00 x 150 pcs)           Rp 4.500.000,00
Biaya ongkos kirim dari Pekalongan                           Rp   150.000,00
Biaya pulsa layanan internet dan modem                       Rp   300.000,00
Biaya listrik dan transportasi                               Rp   600.000,00
Biaya penyusutan                                             Rp    83.300,00+
Total biaya operasional per bulan                            Rp 5.633.300,00

Omzet per bulan
Penjualan per bulan :
@ Rp 50.000,00 x 5 pcs x 30 hari                             Rp 7.500.000,00

Laba higienis per bulan
Rp 7.500.000,00 – Rp 5.633.300,00                =          Rp 1.866.700,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : keuntungan higienis per bulan)              =          ± 2,5 bulan

Selain membantu pemerintah setempat untuk mengangkat potensi-potensi daerah di kampung halamanmu, tentunya kau juga bisa mendapat embel-embel uang jajan setiap bulannya. Semoga informasi peluang bisnis untuk mahasiswa ini bisa menjadi salah satu wangsit uaha bagi Anda. Salam sukses!


Sumber gambar :
1. http://blog.lakupon.com/wp-content/uploads/2013/06/money_coin2.jpg
2. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOpV8ZM_TbDwaS-M0cOqAkx5JBUtNmGnNc3UQYJ5SJW6lPYFpTIDgrSXELEivXS2eG9h13xx6G7qqSaVSVdmF2DJgQX7YvkesWQPwrZ-mwPPQ6KlPYvfaPVNXcdSvUiPRscM3Y1ynx1YU/s1600/Photo0177.jpg
3. http://p.twimg.com/A17Qs1yCMAAWZVC.jpg:large


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Mau Hasilkan Rupiah Dikala Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel