-->

iklan banner

Indikator Ph

Setelah kemarin kita membahas perihal asam, basa dan garam, kali ini kita akan membahas perihal bagaimana memilih nilai pH. Seperti yang sudah kita bahas, bahwa zat yang mempunyai nilai pH < 7 ialah zat asam, zat yang mempunyai nilai pH > 7 ialah zat basa, dan zat yang mempunyai pH ialah zata netral. Selanjutnya ialah bagaimana memilih pH suatu zat / larutan?


Untuk mementukan pH suatu zat, kita dapat memakai indikator pH. Indikator pH terbagi menjadi dua yaitu indikator pH alami dan indikator pH buatan.


Indikator pH alami


Indikator pH alami ialah indikator pH yang dibentuk dari bagian-bagian flora yang mempunyai warna. Sebagai pola ialah bunga mawar, bunga sepatu, kunyit, kulit manggis, kubis ungu.


Berikut ini ialah tabel perubahan warna indikator pH alami sesuai dengan sifat zat / larutannya.



































IndikatorAsamBasaNetral
Bunga SepatuMerahKuning KehijauanMerah
Kubis UnguMerahHijau KuningUngu
Kulit Buah ManggisCoklat KemerahanBiru KehitamanUngu
KunyitKuningMerahKuning

Indikator buatan


Indikator buatan terdiri dari :


a. Kertas Lakmus

– Lakmus merah

Jika dicelupkan ke dalam larutan asam, warna kertas lakmus merah tidak akan berubah. Jika dicelupkan kedalam larutan basa, warna kertas lakmus merah akan menjelma biru

– Lakmus Biru

Jika dicelupkan ke dalam larutan basa, warna kertas lakmus biru tidak akan berubah. Jika dicelupkan kedalam larutan asam, warna kertas lakmus distributor akan menjelma merah.


b. Larutan indikator pH

Larutan indikator pH merupakan larutan yang akan berubah warna pada kisaran pH tertentu. Berikut ini ialah daftar larutan indikator pH.



































IndikatorKisaran pHPerubahan Warna
Metil Orange3,2 – 4,4Merah – Kuning
Metil Merah4,8 – 6,0Merah – Kuning
Bromtimol Biru6,0 – 7,6Kuning – Biru
Phenolphthalein8,3 – 10Tidak Berwarna
Metil Biru10,6 – 13,6Biru Ungu

c. pH meter.

pH meter merupakan indikator pH secara elektronik. Dengan alat ini nilai pH akan dapat pribadi diketahui dengan mambaca nilai pada layar. pH meter merupakan indikator pH yang paling akurat dibandingkan dengan indikator yang lain.


d. Indikator universal

Indikator universal yaitu indikator yang terdiri dari banyak sekali macam indikator yang mempunyai warna berbeda untuk setiap pH 0 – 14.


Demikianlah sedikit pembahasan mengenai indikator pH. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung ke bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Indikator Ph"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel