-->

iklan banner

Cara Stek Pucuk Merah

Penasaran dengan cara memperbanyak tumbuhan  Cara Stek Pucuk Merah
Tanaman pucuk merah.

Penasaran dengan cara memperbanyak tumbuhan pucuk merah? Sesuai namanya, tumbuhan ini yakni sejenis tumbuhan perdu yang ujung atau pucuk tanamannya berwarna merah, dalam hal ini yang berwarna merah yakni daun mudanya. Tanaman ini terkenal dimanfaatkan sebagai pagar hidup atau pagar dari tanaman. Tanaman dengan nama latin Syzygium oleana ini cocok tumbuh pada kawasan beriklim tropis, makanya tak jarang tumbuhan ini tumbuh liar di pinggir jalan di seluruh kawasan bahkan kota-kota di Indonesia. Jika dilihat sepintas, tajuk tumbuhan pucuk merah menyerupai mirip tanaman cengkeh. Hal ini terjadi alasannya ternyata pucuk merah masih ber-family dengan cengkeh, yaitu family Myrtaceae.


Pucuk merah cukup digemari para hobbiis untuk properti taman alasannya gampang dibuat dengan cara dipangkas. Tanaman yang selain dijadikan pagar hidup juga sangat anggun sebagai tumbuhan pembatas atau ditanam dalam pot secara rombongan dan dijejer menghiasi taman kota atau pekarangan. Pucuk merah sanggup tumbuh setinggi 50 cm – 300 cm tergantung dimana tumbuhan ini hidup. Selain sebagai tanaman hias, pucuk merah juga sanggup dimanfaatkan sebagai tumbuhan pencegah longsor. Karena pucuk merah mempunyai akar tunggang yang kokoh, dengan sistem perakaran yang besar lengan berkuasa ini, tanamannya tidak akan gampang tumbang dan baik untuk merehabilitasi lahan. Jadi, sangat bijak jikalau Anda menanamnya sebagai perjuangan penghijauan utamanya didaerah perkotaan.


Penasaran dengan cara memperbanyak tumbuhan  Cara Stek Pucuk Merah
Pucuk merah kerap dijadikan pagar alasannya gampang dibuat tumbuh tinggi dan daun-daunnya rapat juga rimbun.

Usaha jual beli tumbuhan pucuk merah ini memang sedang melejit, jadi bagi Anda yang tertarik menanam tumbuhan pucuk merah ini, aku akan memperlihatkan ulasan mengenai salah satu metode atau cara menanamnya, yaitu metode atau cara stek. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.


Penasaran dengan cara memperbanyak tumbuhan  Cara Stek Pucuk Merah



  • Pilih tumbuhan pucuk merah yang sehat dan besar lengan berkuasa untuk mendapat hasil yang baik nantinya.

  • Potong batang pucuk merah dengan ukuran 20 – 25 cm. Untuk mengurangi penguapan, pangkas atau hilangkan daun-daun yang terdapat pada batang yang akan distek. Sisakan beberapa daun saja yang ada dipucuknya. Hal ini juga bertujuan sebagai tolak ukur sehat atau tidaknya tumbuhan stek Anda. Jika daunnya layu, berarti tumbuhan stek Anda sedang tidak sehat.

  • Rendam atau oleskan ujung batang yang telah dipotong dengan memakai cairan perangsang pertumbuhan akar yang sanggup Anda dapatkan di toko-toko pertanian.

  • Angin-anginkan batang pucuk merah sebelum ditanam pada media tanam.

  • Media tanam berupa polybag yang berisi tanah gembur yang dicampur dengan pupuk sangkar dan sekam bakar. Tanam dengan cara menancapkan batangnya sedalam 5 – 10 cm.

  • Letakkan tumbuhan yang telah Anda stek pada tempat yang teduh. Jauhkan dari paparan sinar matahari eksklusif biar terhindar dari duduk perkara stres pada tanaman.

  • Rawatlah tumbuhan yang telah Anda stek dengan menyiramnya secara rutin. Jangan menciptakan tanahnya terlalu berair ataupun kering. Siram sesuai kebutuhan tanahnya.


Itulah tadi langkah-langkah yang perlu Anda ikuti jikalau ingin memperbanyak tanaman pucuk merah dengan cara stek. Berhasil atau tidaknya penyetekan Anda juga tergantung dari ketelitian Anda dari awal pemilihan batang sampai perawatannya. Jika penyetekan Anda sudah berhasil, pindahkan pada wadah yang lebih besar lagi, menyerupai pot berukuran sedang atau besar. Selanjutnya, untuk menciptakan tumbuhan pucuk merah Anda tumbuh sesuai harapan, yaitu pucuk yang tumbuh berwarna merah seragam, Anda hanya perlu rajin-rajin memangkasnya, maksimal 3 bulan sekali, dan letakkan pada tempat yang terpapar sinar matahari sebagai asupan kebutuhan pucuk merahnya.


Kami menjual bibit tumbuhan pucuk merah disini. Tersedia juga dalam bentuk tumbuhan yang sudah tumbuh, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Stek Pucuk Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel