-->

iklan banner

Pertolongan Pertama Bila Anak Kemasukan Benda Berbahaya

Pertolongan Pertama Jika Anak Kemasukan Benda Berbahaya


Dengan bertambahnya usia, kepandaian anak makin berkembang baik fisik maupun motorik. Pertumbuhan gigi yang telah tepat pada umur 2 tahun, ditambah rasa ingin tahu yang besar, mendorong anak untuk mencoba mengembangkan kemampuannya.


Benda-benda di sekeliling anak akan diraih dan dimasukkan ke dalam ekspresi untuk digigit.


Oleh alasannya yaitu itu, orang bau tanah harus selalu berhati-hati dan mengawasi anak ketika bermain dengan benda-benda kecil di sekelilingnya, menyerupai biji buah-buahan, kelereng, uang logal, dan manik-manik.


Jika perlu, jauhkan benda-benda tersebut dari jangkauan bawah umur alasannya yaitu bisa jadi benda-benda itu dimasukkan juga ke dalam hidung, mata, atau telinga. Pastinya berbahaya!.


Sebelum melanjutkan, dibutuhkan Anda membaca artikel kesehatan sampai tanggapan alasannya yaitu isu yang didapat secara setengah-setengah hanya akan menciptakan Anda salah paham dan tidak mengerti permasalahan serta penanggulangan yang tepat terhadap suatu penyakit.


Berikut Pertolongan Pertama Jika Anak Kemasukan Benda Berbahaya menyerupai benda-benda kecil yang masuk ke dalam hidung, mata, atau telinga.



  1. Benda kecil masuk ke hidung

    Kita mungkin sering mendengar dongeng perihal anak yang hidungnya kemasukan biji-bijian atau manik-manik.

    Benda yang masuk ke dalam hidung akan menimbulkan kesulitan untuk bernapas. Walaupun anak masih sanggup bernapas dengan mulut, keadaan ini dihentikan dibiarkan berlarut-larut alasannya yaitu sanggup menjadikan infeksi.Ada suatu kisah, seorang anak menderita sinusitis (Radang pada rongga hidung) cukup lama.

    Sering pilek dan diobati, tetapi tidak sembuh.Akhirnya dilakukanlah CT-Scan THT dan tertangkap tangan ada massa di sinusnya. Akhirnya dilakukan tindakan operasi. Massa itu diangkat dan diperiksa.Dugaan awal adanya tumor ternyata keliru. Massa yang terlihat itu yaitu manik-manik yang sudah terbungkus selaput. Waktu masuknya manik-manik itu diduga terjadi beberapa bulan sebelumnya dan pasien tidak menyadari.


    “CT-Scan yaitu alat penunjang diagnosa yang memiliki aplikasi universal untuk investigasi seluruh organ tubuh”


    Pada anak yang lebih besar dan kooperatif, kejadian masuknya benda absurd ke dalam hidung tentunya sanggup diatasi segera alasannya yaitu ia sudah sanggup menghembuskan udara dengan berpengaruh melalui salah satu lubang hidungnya yang tersumbat.


    Namun, jikalau dengan cara ini ternyata benda tersebut tidak sanggup keluar, segeralah bawa anak ke dokter THT atau rumah sakit terdekat.


  2. Benda kecil masuk ke Mata

    Teman saya pernah bercerita, ketika rumahnya sedang direnovasi, anak-anaknya bahagia bermain pasir yang menggunung di depan rumah.Suatu saat, tiba-tiba terdengar tangis keras dari salah satu anaknya. Rupanya, mata si anak kemasukan butiran pasir.Teman saya tentu saja panik dan mencoba untuk membersihkannya dengan cara menetesi dan menyiram mata anak tersebut dengan air bersih. Namun tindakan ini tidak berhasil. Lalu, ia mengupayakan tindakan lain dan tetap tidak berhasil.Sebenarnya tindakan apa yang efektif untuk mengatasi kejadian ini pada anak?


    Jika benda absurd masuk ke mata yaitu bubuk atau pasir, biasanya akan keluar bersama air mata. Mintalah anak berkedip-kedip maka bubuk pasir akan menepi ke ujung mata dan sanggup keluar bersama air mata.


    Jika tidak bisa keluar dengan sendirinya, ambilah bubuk atau pasir tersebut dengan ujung sapu tangan yang bersih.


    Jika benda absurd itu berada di balik kelopak mata atau sanggup dikeluarkan dengan cara menyuruh anak melihat kebawah, kemudian tarik penggalan atas kelopak mata, kemudian letakkan gagang korek api diatasnya secara melintang dan lipat kelopak mata ke belakang, benda absurd akan terlihat.


    Angkatlah dengan ujung sapu tangan yang bersih. Jika belum berhasil tutuplah mata anak dengan sapu tangan bersih, balut dan segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.


    Jika benda absurd yang masuk ke dalam mata anak yaitu benda tajam yang menempel atau menusuk bola mata, jangan sekali-kali mencoba untuk mengeluarkannya sendiri, supaya tidak terinfeksi dan bertambah parah.


    Tutup mata dengan sapu tangan bersih, balut dengan perban, kemudian bawa anak ke klinik atau rumah sakit terdekat.


  3. Benda kecil masuk ke telinga

    Jika Anak yang sering mengorek-ngorek telinganya kadang mengeluh gatal. Saat ia tidur silahkan ibu cek dengan senter pada lubang telinganya.Pertolongan Pertama Jika Anak Kemasukan Benda Berbahaya pada indera pendengaran Apabila terdapat kotoran, usahakan mengambilnya dengan cotton bud atau capit. Namun jikalau tidak bisa mengambilnya, segera merujuk ke dokter THT.Jangan coba-coba menetesi indera pendengaran dengan air, alasannya yaitu selain air tersebut kotor, air sanggup menimbulkan bisul dan menciptakan anak menjadi semakin tidak nyaman.


    Air tersebut juga bisa menimbulkan benda absurd di dalam indera pendengaran memuai atau bertambah besar, sehingga makin menyulitkan untuk diambil.



“Waspadai jikalau seorang anak bermain uang logam atau benda kecil lainnya ke dalam mulut”


Sekian artikel yang membahas perihal Pertolongan Pertama Jika Anak Kemasukan Benda Berbahaya.


Semoga sanggup bermanfaat bagi bunda, Jangan lupa tinggalkan komentar untuk membuatkan pengalaman.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertolongan Pertama Bila Anak Kemasukan Benda Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel