-->

iklan banner

Jenis Materi Piring Makan Yang Paling Umum Digunakan

Sebelum piring modern ditemukan, orang makan dengan beralaskan daun besar, batok kelapa, labu atau kerang. Kemudian tanah liat ditemukan dan alat makan tembikar mulai digunakan. Berikut dijelaskan mengenai jenis materi piring yang paling umum dipakai di aneka macam negara termasuk di Indonesia :

 orang makan dengan beralaskan daun besar Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan
Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan

01. Piring keramik

Piring keramik ialah jenis piring yang paling umum yang dipakai orang di Indonesia setiap hari. Jenis piring ini sangat berkhasiat dan sanggup dipakai selama bertahun-tahun tanpa masalah. Tentu saja, keramik juga merupakan jenis materi piring yang sangat serbaguna. Piring keramik sanggup dijadikan piring biasa yang akan Anda gunakan sepanjang waktu, atau dekorasi piring yang hanya berani Anda keluarkan untuk acara-acara khusus.

Piring keramik ini sangat terkenal alasannya ialah mempunyai aneka macam gaya yang berbeda. Anda bisa mendapat piring yang mempunyai tampilan unik dan sangat menarik secara visual. Orang-orang yang gres memulai berkeluarga biasanya membeli satu set piring keramik yang manis untuk memenuhi kebutuhan makan mereka dan menjamu tamu.

02. Piring Kaca

Banyak orang suka mempunyai piring beling untuk dipakai secara teratur. Piring beling sangat terkenal alasannya ialah merupakan piring yang terlihat elegan dan kasual. Secara umum, mendapat piring beling orisinil tidak terlalu mahal tetapi ada beberapa jenis piring beling dekoratif yang harganya justru lebih mahal. Anda sanggup membeli piring beling bening atau mencari piring yang berwarna.

Piring beling ialah jenis piring yang indah dan menarik untuk dilihat. Piring ini akan gampang dipakai untuk segala acara. Piring beling gampang dibersihkan dan kondusif untuk dicuci dengan mesin basuh piring sehingga tidak merepotkan.

03. Piring Melamin

Sebagian besar orang di Indonesia mungkin tidak akan terbiasa dengan piring melamin, tetapi banyak dari mereka memakai piring melamin setiap hari. Piring melamin intinya ialah piring plastik yang biasa dipakai orang. Melamin sendiri ialah jenis materi kimia organik yang dipakai orang dikala membuat produk plastik. Sebagian besar materi yang dianggap plastik termasuk dalam kategori melamin.

Piring-piring ini sangat gampang dibentuk dan dengan aneka macam macam desain yang menarik. Anda akan melihat piring melamin dengan huruf kartun di atasnya dan banyak desain bunga yang menarik. Piring menyerupai ini sangat menarik alasannya ialah gampang dipakai dan bisa bertahan dikala jatuh. Banyak orang memakai piring jenis ini untuk belum dewasa supaya tidak perlu khawatir dengan problem piring pecah yang sanggup melukai mereka.

Sayangnya,  piring melamin dihentikan dimasukkan ke dalam microwave atau penanak nasi (magic jar). Mereka tidak akan bisa bertahan pada suhu tinggi microwave dan akan mulai meleleh dalam waktu singkat. Tapi piring melamin kondusif untuk dicuci dan dimasukan dalam mesin pencuci piring.

04. Piring Periuk (Stoneware)

Piring ini secara teknis sanggup termasuk dalam kategori keramik tetapi cukup berbeda untuk bagiannya sendiri. Stoneware (periuk) terang merupakan salah satu jenis alat makan yang sangat umum dipakai orang di zaman modern. Piring ini cukup tahan usang dan  penggunaannya sangat luas. Piring stoneware lebih tahan gesekan daripada banyak jenis keramik lainnya sehingga manis untuk penggunaan yang lebih berat.

Clay atau tanah liat ialah salah satu materi utama yang dipakai untuk membuat piring ini. Tanah liat memberi piring ini tampilan yang sangat berbeda dan beberapa seniman menambahkan huruf pada piring ini sebagai kerajinan.

05. Piring Tembikar

Jenis piring selanjutnya ialah piring tembikar. Ini ialah piring yang menarik alasannya ialah mereka agak menyerupai dengan piring periuk dalam banyak hal tetapi mereka mempunyai beberapa perbedaan yang mendasar. Sebagian besar piring dibentuk dengan cara yang sama menyerupai piring-piring periuk tetapi piring-piring ini sedikit lebih berangasan dan menonjolkan lapisan atasnya.

Glasir pada piring ini membuat peluang unik bagi pengrajin untuk menempatkan desain. Ada beberapa varian piring tembikar yang sanggup Anda beli. Beberapa diantaranya mempunyai lapisan enamel timah yang menambah warna pada piring.

06. Piring Kayu dan Bambu

Untuk sesuatu yang benar-benar natural dan unik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan piring kayu atau bambu ke meja makan Anda. Piring ini tentu saja mempunyai daya tarik tersendiri. Menggunakan piring menyerupai ini cukup masuk logika untuk gaya hidup ramah lingkungan. Piring kayu dan bambu benar-benar sanggup terurai secara alami tetapi sebetulnya kita bisa memakai piring ini lebih dari satu kali.

Namun, Ini tidak akan menjadi piring yang menarik bagi mereka yang mencari pengaturan bersantap mewah, tetapi lebih cocok untuk mereka mempunyai daya tarik sendiri terhadap bahan/materialnya.

07. Piring Kertas

Piring kertas ialah pilihan yang paling sering dipakai untuk orang yang mencari piring sekali pakai. Piring kertas telah dipakai selama bertahun-tahun dan biasanya terlihat di pesta ijab kabul dan ulang tahun.

Anda sanggup memakai piring ini dan membuangnya segera sehabis Anda selesai. Anda tidak perlu khawatir perihal mencuci piring apa pun sehabis makan dan Anda akan sanggup melanjutkan kegiatan Anda. Namun piring ini mungkin tidak bisa menyajikan seluruh hidangan terutama hidangan yang berkuah.

Demikianlah mengenai  jenis-jenis piring yang bisa dijadikan pilihan di atas meja makan Anda. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan pembaca sekalian.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Materi Piring Makan Yang Paling Umum Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel