-->

iklan banner

Hubungan Ilmu Kimia Dengan Ilmu Lainnya

Hai sobat bangkusekolah.com! Kali ini kita akan bahas mengenai kekerabatan ilmu kimia dengan ilmu lainnya. Ternyata ilmu kimia ada hubungannya dengan imu lainnya lho. Mau tahu? Yuk kita bahas!


 Kali ini kita akan bahas mengenai kekerabatan ilmu kimia dengan ilmu lainnya Hubungan Ilmu Kimia dengan Ilmu Lainnya


Ilmu kimia disebut juga central science. Hal ini sebab ilmu kimia mempunyai peranan yang sangat penting di antara ilmu pengetahuan lainnya. Tidak ada bidang ilmu pengetahuan alam yang tidak bergantung pada ilmu kimia. Pengembangan dalam bidang kedokteran, farmasi, geologi, pertanian, dan sebagaimya semuanya akan jalan di kawasan tanpa kemajuan yang dicapai dalam ilmu kimia. Begitu juga dalam dunia pendidikan, kimia berperan sentral. Dalam pelajaran biologi, geologi, dan fisika, kau akan menemukan topic yang menyangkut ilmu kimia.


Penemuan pupuk, pestisida, dan materi pengawet telah membawa kemajuan yang sangat berarti dalam bidang pertanian. Perkembangan dalam kimia organik telah menghasilkan kemajuan di bidang farmasi, contohnya dalam hal sintesis obat baru. Kemajuan dalam cara penentuan struktur molekul telah memacu kemajuan dalam bidang biologi dan kedokteran. Kemajuan yang dicapai di bidang analisis kimia membawa kemajuan dalam banyak sekali bidang menyerupai kedokteran, geokimia, ilmu lingkungan, dan industri. Industri kimia merupakan penerapan dari konsep kimia fisika.


Ilmu kimia juga sanggup menuntaskan problem sosial menyerupai problem ekonomi, hukum, seni dan lingkungan. Berkat kemajuan dalam kimia analisi, komposisi suatu produk sanggup ditentukan. Dengan demikian, pemalsuan suatu produk sanggup dibuktikan. Di bidang umum, ilmu kimia sanggup dipakai contohnya untuk identifikasi barang bukti kejahatan. Sehelai rambut yang tertinggal di kawasan insiden kasus sanggup dipakai sebagai petunjuk terlibat-tidaknya seseorang dalam suatu agresi kejahatan. Begitu juga dalam bidang seni, ilmu kimia sanggup dipakai untuk memilih asli-tidaknya suatu karya seni.


Pemecahan problem lingkunagn, industry, dan kesehatan umumnya memerlukan kimia. Jika anda melaksanakan penelitian untuk memahami penipisan lapisan ozon, atau memilih struktur Kristal suatu batuan, atau material untuk super konduktor, atau proses metabolism dan pernapasan, atau efek obat terhadap tubuh, kau memerlukan ilmu kimia.


Dewasa ini, kehidupan kita sehari-hari semakin dibanjiri materi kimia. Jadi, bukan hanya orang yang bekerja di laboratorium kimia saja yang berhadapan dengan materi kimia, tetapi semuanya, termasuk bawah umur dan ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, semua orang hendaknya melek kimia. Terutama para pengambil keputusan dan penentu kebijakan, jangan hingga keputusan atau kebijakan mereka mengakibatkan problem lingkungan.


Bahan kimia itu sendiri bahwasanya tidak perlu ditakuti tetapi haruslah ditangani secara tepat. Perlu disadari bahwa tidak ada suatu zat kimia yang 100% aman. Bahkan garam dapur, sesuatu yang selalu ada dalam makanan kita sehari-hari, jikalau kita makan secara berlebihan sanggup mengakibatkan masalah. Kafein, zat aktif yang terdapat dalam kopi, the dan coklat, dalam jumlah kecil sanggup merangsang system syaraf, namun suatu takaran tunggal sebanyak 5 gram akan berakibat fatal. Bahan kimia yang relative berbahaya sehingga memerlukan penanganan khusus digolongkan sebagai materi berbahaya dan beracun (B3). Beberapa pola B3 yang sering terdapat di rumah tangga yakni pemutih, pembersih lantai, pestisida menyerupai obat nyamuk dan racun tikus, beberapa materi kosmetik menyerupai semir rambut dan alkohol. Bahan menyerupai itu haruslah disimpan baik-baik, dihindarkan dari jangkauan anak-anak.


Itulah pembahasan mengenai kekerabatan ilmu kimia dengan ilmu lainnya. Selain berkhasiat bagi ilmu lain, ilmu kimia juga memerlukan ilmu lain sepertimatematikan, fisika dan biologi. Batasa antara fisika dan kimia sangat tipis. Kamu akan menemukan banyak sekali topik yang dibahas dalam kimia juga dalam fisika.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hubungan Ilmu Kimia Dengan Ilmu Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel