-->

iklan banner

Cara Menghemat Listrik Ac Di Rumah

Kemungkinan besar, AC yakni pengguna energi listrik terbesar di rumah Anda. Jika Anda menggunakannya secara teratur, Anda mungkin terbiasa melihat tagihan listrik yang besar setiap bulannya atau Anda mungkin lebih sering membeli pulsa listrik.

 AC yakni pengguna energi listrik terbesar di rumah Anda Cara Menghemat Listrik AC di Rumah
Cara Menghemat Listrik AC di Rumah

Namun, Anda tidak harus takut dengan tagihan listrik yang tinggi, alasannya Anda sanggup menurunkan konsumsi listrik AC bahkan jikalau unit AC di kamar Anda beroperasi setiap hari. Berikut ini yakni beberapa tips hemat listrik AC teratas yang sanggup mengakibatkan biaya listrik Anda sanggup berkurang setiap bulannya.

01. Atur termostat AC pada suhu yang lebih tinggi

Untuk pendingin udara menyerupai AC, semakin rendah Anda setel suhunya, semakin banyak uang yang Anda habiskan. Jadi, jikalau mungkin, atur termostat AC ke suhu tertinggi yang masih akan menciptakan Anda tetap merasa dingin. Mempertahankan suhu 10 hingga 15 derajat lebih tinggi dari yang Anda gunakan biasanya selama 8 jam akan menghemat hingga 10% pada tagihan AC pada setiap tahun.

02. Hindari sinar matahari masuk ke kamar

Secara alami, sinar pagi matahari baik untuk kita, hanya saja tidak selama periode penyinaran itu menghasilkan sinar matahari yang baik. Di atas jam 9 pagi, sudah merupakan sinar matahari panas dengan kandungan ultraviolet berlebih. AC Anda akan melaksanakan yang terbaik untuk menjaga ruangan tetap dingin.

Panas yang dibawa sinar matahari sanggup menciptakan unit AC Anda bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah Anda, dan unit AC bekerja lebih keras berarti ia menghabiskan lebih banyak daya daripada seharusnya. Jadi, tutup tirai, gorden, dan blind biar ruangan tidak terkena sinar matahari di siang hari.

03. Pastikan rumah mempunyai sistem isolasi yang baik

Salah satu hal yang menciptakan konsumsi energi listrik besar-besaran oleh AC Anda yakni rumah yang tidak mempunyai sistem isolasi yang baik. Rumah-rumah yang dengan atap datar, atap seng, ceiling ekspose biasanya mempunyai insulasi yang tidak memadai untuk membendung panas matahari di sian hari.

Seperti efek rumah kaca, atau ruangan dengan banyak jendela beling tanpa gorden atau tirai. Ini akan menciptakan sinar matahari gampang masuk namun susah keluar dari ruangan. Atap dengan plafon ekspose juga demikian alasannya panas atap akan masuk ke ruangan tanpa sanggup keluar.

Gunakan lapisan embaran timah pemantul cahaya apabila memakai atap dengan plafon ekspose, atap seng atau atap datar biar panas tidak mengendap di ruangan. Pastikan setiap jendela mempunyai gorden yang cukup tebal untuk membendung radiasi matahari.

04. Jaga Filter AC tetap bersih

Seiring waktu, filter udara pada AC anda akan mengumpulkan abu yang diserap dari udara kotor di ruangan, dan hasilnya membatasi pemikiran udara AC. Ketika pemikiran udara terganggu, unit AC Anda akan bekerja lebih keras untuk menjaga rumah Anda tetap masbodoh dan itu akan membuatnya memakai lebih banyak energi listrik. Jangan tunggu hingga filter udara Anda tersumbat. Membersihkan dan menggantinya setiap 30 hingga 90 hari sekali sanggup menjaga udara mengalir lancar melalui unit AC.

05. Jangan letakkan peralatan di sebelah termostat AC Anda

Thermostat AC Anda peka terhadap panas. Jika mencicipi bahwa suhu di sekitarnya tetap lebih tinggi dari yang diharapkan, AC akan terus menyala hingga seluruh area cukup dingin. Jadi, masuk logika untuk menjaga barang elektronik dan peralatan yang menghasilkan panas menyerupai seolah-olah TV, komputer, dan lampu biar jauh dari termostat Anda. Letakan termostat AC di dinding kosong sehingga ia benar-benar sanggup mendeteksi suhu ruangan.

06. Bantu AC dengan Kipas Angin

Sudah pasang AC tapi kok perlu kipas angin lagi ? Jawabannya alasannya kipas angin di plafon membantu mengalirkan udara masbodoh ke seluruh ruangan, dan itu artinya AC Anda tidak harus bekerja sekeras memompa udara masbodoh ke seluruh ruangan.

Sirkulasi udara yang ditingkatkan juga memungkinkan Anda untuk mengatur termostat AC sekitar empat derajat lebih tinggi tanpa mengurangi kenyamanan Anda. Kipas memakai lebih sedikit listrik dan membantu unit AC melaksanakan tugasnya dengan lebih efisien.

07. Jadwalkan Perawatan Berkala

Unit AC akan selalu membutuhkan perawatan rutin, dan akan lebih baik jikalau memenuhi syarat dan standar pabrikan. Teknisi perawatan AC akan memastikan bahwa semua bab yang penting tetap bersih, semua jalan masuk pembuangan bersih, dan tingkat refrigeran yang tepat. Semua investigasi ini menciptakan AC bekerja lebih efisien, yang mengarah pada penggunaan energi yang lebih rendah dan pengurangan tagihan listrik.

08. Ganti AC usang Anda

Unit AC renta yang berumur lebih dari 10 tahun mungkin akan membutuhkan perbaikan besar kini dan di kemudian harinya. Sebuah AC yang sering diperbaiki cenderung menjadi kurang efisien seiring waktu. Ketika Anda memutuskan untuk menggantinya, gunakan pendingin ruangan dengan label ENERGY STAR. Ini memakai 10% lebih sedikit energi daripada kebanyakan model gres tanpa label ENERGY STAR. Atau yang lebih baik, cobalah unit AC yang juga mempunyai Rasio Efisiensi Energi Musiman atau Seasonal Energy Efficiency Ratio (SIER) yang tinggi.

Demikianlah mengenai Cara Menghemat Listrik AC di Rumah, semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan mengenai AC dan tips untuk lebih hemat energi di rumah.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghemat Listrik Ac Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel