Cara Memakai Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel
Cara memakai rumus vlookup dan hlookup – Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau dapat juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP dipakai untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau dapat juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).
Contoh Soal VLOOKUP dan HLOOKUP
Bukalah ms. office excel anda kemudian ketikkan soal di bawah ini :
Melihat pola soal di atas, yang harus anda isikan ialah menghitung honor pokok, tunjangan, transportasi, total gaji, pajak, honor higienis dan total.
Artikel terkait: cara penggunaan vlookup, mid, left
1. Menghitung Gaji pokok
Untuk menghitung honor pokok gunakan fungsi vlookup di sel D5. Setelah mengisi formula disel D5, copy formula atau drag hingga sel D9. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
Catatan: alasannya ialah posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada ketika copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya dapat anda lihat menyerupai gambar di bawah ini :
2. Menghitung Tunjangan
Untuk menghitung dukungan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E5. Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag hingga sel E9. Seperti gambar di bawah ini:
3. Menghitung transportasi
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F5. Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F9. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:
4. Menghitung total gaji
Untuk menghitung total honor gunakan fungsi SUM di sel G5, penulisan rumusnya =SUM(D5:F5). Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag hingga sel G9. Atau dapat juga dengan pribadi menjumlahkannya di sel G5 menjadi menyerupai ini: =D5+E5+F5, kemudian copy ke bawah.
5. Menghitung Pajak
Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H5, copy formula atau drag hingga sel H9. Seperti gambar di bawah ini.
6. Menghitung Gaji Bersih
Gunakan fungi SUM di sel i5 menyerupai ini =sum(G5-H5), copy formula atau drag hingga sel I9. Atau anda juga dapat gunakan perintah =G5-H5, kemudian copy atau drag ke bawah hingga sel I9.
Perintah terakhir ialah menghitung “total” masing-masing bab yang telah Anda kerjakan sebelumnya, dengan memakai fungsi SUM di sel D10, copy formula atau drag ke samping kanan hingga ke I10. Hasil simpulan semua pengerjaan di atas, dapat di lihat menyerupai gambar di bawah ini:
UPDATE Terbaru:
Untuk memudahkan anda lebih memahami fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, artikel pada goresan pena ini telah aku update, yang aku rasa lebih lengkap dan gampang dipahami, silahkan anda baca pada tulisan: penjelasan mengenai fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar
Setelah proses langkah yang ke 6, selesai sudah pengerjaan anda memakai rumus VLOOKUP dan HLOOKUP. Anda dapat mend0wnl0ad artikel di atas dalam bentuk PDF, silahkan d0wnl0ad tutorial fungsi excel vlookup dan hlookup disini, dalam bentuk doc (documen) lengkap langkah demi langkah. Untuk d0wnl0ad fungsi-fungsi excel lainnya (materi lengkap) Silahkan baca goresan pena aku pada artikel panduan ms excel lengkap
Baca juga artikel menarik lainnya di blog ini : menghitung fungsi sum, average, max, min, count, counta
Demikian artikel cara memakai vlookup dan hlookup di excel, agar bermanfaat.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Memakai Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel"
Posting Komentar