-->

iklan banner

√ Buka Perjuangan Sambal, Agar Awet, Dikemas Ibarat Apa Ya?

Bisnis sambal rumahan memang menjadi peluang perjuangan yang menarik untuk rekan √ Buka Usaha Sambal, Biar Awet, Dikemas Seperti Apa Ya?


Pengen buka perjuangan sambal, biar kekal tahan lama, kemasannya kaya gimana ya?


(Penanya: Meithi)

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">





Bisnis sambal rumahan memang menjadi peluang perjuangan yang menarik untuk rekan-rekan yang punya kreativitas dan suka memasak tentunya. Bahkan, masing-masing tempat di Indonesia ini boleh dibilang punya ciri khas sambal masing-masing. Bagi anda yang ingin berbisnis sambal kemasan, tentu proses pengemasan menjadi kunci selain proses mengolah sambal itu sendiri. Tidak lain, biar sambal yang anda buat ini sanggup dikirim ke aneka macam kota, dan disimpan lebih lama, guna menjangkau pasar yang lebih luas pastinya.


Bagaimana mengemas sambal yang baik, berikut ini panduannya untuk anda:



  1. Kemasan botol beling tentu akan lebih baik. Jika tidak, anda sanggup menentukan kemasan botol plastik tebal, jenis PET foodgrade dengan ketebalan minimal 3,2 mm.

  2. Lakukan proses sterilisasi kemasan botol beling dengan merebusnya dalam air panas selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan mencegah adanya kuman dari botol beling yang sanggup mempercepat kerusakan sambal. Keringkan botol yang sudah direbut dengan cara meniriskannya.

  3. Sambal harus dimasak sampai benar-benar matang. Bahan-bahan dan bumbu yang benar-benar matang akan memperanjang umur simpan sambal.

  4. Untuk kemasan dalam botol kaca, kemaslah sambal dalam keadaan masih panas, dengan suhu minimal 82° C. Setelah diisi, tutup botol, dan rebus dalam air mendidih selama ± 10 menit untuk ‘menyegelnya’.

  5. Mengemas dalam botol plastik, sambal harus dalam keadaan hirau taacuh terlebih dahulu. Uap panas dan pedasnya sambal yang terperangkap sanggup menciptakan botol menggelembung dan sambal meluap.

  6. Tutup botol serapat mungkin. Cara ini sanggup dilakukan dengan dukungan segel alumunium pada penggunaan botol plastik atau tutup plastik pada botol kaca.

  7. Selain kemasan botol, sambal juga sanggup dikemas dalam kemasan plastik. Gunakan plastik tebal dan kedap udara biar tidak ada udara yang menciptakan sambal lekas basi.

  8. Perbanyak jumlah minyak ketika memasak sambal. Minyak sanggup menjadi pengawet alami.

  9. Menambahkan tomat atau jeruk nipis sanggup meningkatkan kadar asam sambal yang menciptakan umur simpannya lebih panjang.

  10. Jangan lupa mencantumkan pesan untuk menyimpan sambal kemasan dalam kulkas sesudah dibuka.


Semoga bermanfaat


(Dijawab oleh: Tim BisnisUKM)

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



—–

Punya pertanyaan seputar bisnis/ usaha? Yuk #tanyabisnisukm

1) Follow akun IG @bisnis_ukm

2) Follow akun FB @sentrabisnisukm

3) Kirim pertanyaan via DM/ Inbox


#tanyajawab #tanyabisnisukm #konsultasiusaha #konsultasibisnis #diskusibisnis #kemasan #desainkemasan #kemasanplastik #kemasanmakanan #labelkemasan #bisnisukm



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Buka Perjuangan Sambal, Agar Awet, Dikemas Ibarat Apa Ya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel