-->

iklan banner

Alat Pembayaran Internasional

Hai sahabat bangkusekolah.com, Bila bicara mengenai perdanganan internasional, tentu tidak akan lepas dengan alat pembayaran internasional, Lalu apa saja sih macam macam alat pembayaran internasional ?  Berikut ini ialah macam macam alat pembayaran internasional :


1. Secara kontan/tunai ( Full Bodied Money)

Pembayaran kontan merupakan membeli barang dengan membayar langsung. Biasanya dilakukan oleh turis, jamaah haji dan sebagainya.


2. Telegrafik Transfer ( Cabie Order)

Pembayaran dengan cara cek yang diteruskan melalui telegram. Cara ini dilakukan oleh bank di dalam negeri kepada pelanggan di luar negeri dengan mentransfer rekening deposito.


3. Wesel ( Bill of Exchange)

Surat perintah pembayaran dari Bank di dalam negeri kepada bank di luar negeri sesuai dengan tujuan, jumlah uang, dan nama orang yang tertulis di dalam wesel.


4. Cek (Cheque)

Pembayaran ini dilakukan dengan cara importir mengirimkan cek kepada eksportir melalui bank yang ditunjuk di Negara eksportir. Biasanya bank yang ditunjuk ialah bank yang mempunyai cabang di Negara importir.


5. Emas

Pembayaran dengan emas sama dengan pembayaran dengan memakai barang biasa.


6. Kompensasi pribadi

Cara ini dilakukan dengan cara mengkompensasikan antara eksportir dengan importir dalam satu Negara.


7. Letter of Credit (L/ C)

L/ C atau Letter of Credit pada prinsipnya merupakan akomodasi atau jasa untuk memperlancar transaksi jual beli barang terutama yang berkaitan dengan transaksi internasional. Bank, pemberi L/ C menawarkan jaminan untuk membayar sejumlah tertentu kepada pihak lain atas usul nasabahnya.


Pembeli dan penjual sering dibatasi oleh jarak yang berjauhan, bahkan berlainan pulau atau Negara. Kondisi tersebut menyebabkan permasalahan dalam hal penyelesaian transaksi jual beli barang. Jarak yang jauh tadi menyebabkan transaksi tunai sulit dilakukan.


Permasalahan yang muncul ialah siapa yang akan mengirimkan uang terlebih dahulu sebelum barang tersebut hingga di alamatnya. Penjual tidak berani melepas barangnya sebelum ada kepastian pembayaran dari pembeli atas barang tersebut. Kedua belah pihak mempunyai kekhawatiran terhadap resiko kerugian, apabola di antaranya ternyata tidak ada yang memenuhi kewajibannya.


Untuk menuntaskan dilema yang dihadapi antara penjual dan pembeli ini, dibutuhkan jasa dari bank sebagai pihak ketiga atau menjadi perantara, dengan menawarkan jaminan kepada pihak penjual atau eksportir dan pembeli atau importir.


 tentu tidak akan lepas dengan alat pembayaran internasional Alat Pembayaran Internasional


Mekanisme L/ C Transaksi Perdagangan:


1. Penandatanganan kontrak jual beli antara importir Indonesia dengaan eksportir Jepang.

2. Permohonan L/ C importir disertai dengan setoran jaminan.

3. Permintaanpembukuan L/ C oleh bank importir kepada bank koresponden.

4. Pemberitahuan bank korespenden kepada eksportir ihwal diterimanya importor dan jaminan pembayaran.

5. Pengiriman barang kepada importir.

6. Penyerahan dokumen impor, Bank koresponden akan mengusut dokumen dan syarat-syarat lain.

7. Dokumen dan usul pembayaran L/ C dikirim kepada bank importir.

8. Bank importir member tahu kedatangan dokumen kepada importir dan usul pelunasan L/ C.


Macam-macam L/ C:


a. L/ C biasa

Pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk sesuai dengan harga yang disepakati.


b. Merchant L/ C

Pembayaran dilakukan sehabis barang diterima pihak importir terlebih dahulu. Cara ini sudah tidak digunakan semenjak tahun 1977.


c. Red Clouse L/ C

Eksportir sudah sanggup mendapatkan pembayaran sebagian dari jumlah L/ C sebelum pengapalan barang-barang yang diekspor.


d. Industrial L/ C

Cara ini ialah cara impor barang-barang industri yang dilakukan secara cepat. Barang-barang industri ini tidak dipergunakan untuk keperluan konsumsi.


Itulah klarifikasi mengenai alat pembayaran internasional. Setelah membaca ringkasan bahan tersebut, diperlukan kau semakin padam dengan macam-macam alat pembayaran internasional yang sering digunakan oleh importir dan eksportir dalam bertransaksi.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat Pembayaran Internasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel