-->

iklan banner

7 Masakan Untuk Menurunkan Hipertensi

7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi - Penyakit tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis disebut dengan hipertensi merupakan salah satu persoalan kesehatan yang sering menjadi landasan timbulnya gangguan kesehatan lainnya sebut saja penyakit stroke dan penyakit jantung.

Salah satu tanda-tanda penyakit hipertensi ialah naiknya tekanan sistolik dan tekanan diastole yang angkanya bisa mencapai lebih dari 170/140 mmHg.

 Penyakit tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis disebut dengan hipertensi merupakan 7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi
7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi

Jika situasi hipertensi terjadi dalam rentang waktu usang di sanalah persoalan kesehatan pada organ lainnya akan mulai muncul. Penyakit hipertensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor jadi sangat mungkin untuk dicegah dan ditangani.

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan secara perlahan baik dengan memperbaiki pola hidup sajian kuliner termasuk dukungan obat-obatan.

Di bawah ini ialah 7 jenis kuliner yang bisa membantu menurunkan hipertensi.

Kurangi konsumsi garam
Pada penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi umumnya terjadi peningkatan volume cairan atau darah di dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan beban kerja jantung. Apabila kuliner yang kita konsumsi mengandung tinggi garam maka secara kimiawi garam tersebut akan menarik lebih banyak air ke dalam pembuluh darah sehingga semakin memperparah penyakit hipertensi itu sendiri.

Makara dengan mengurangi konsumsi garam kita bisa mencegah dan menurunkan tekanan darah secara berangsur-angsur dan mencegah terjadinya kekambuhan.

Buah-buahan
Di dalam buah-buahan khususnya buah segar terkadang berbagai vitamin termasuk mineral salah satunya ialah kalium. Secara ilmiah kalsium sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil.

Kalium juga membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Ini juga yang kadang menjadi faktor mengapa seseorang yang mengalami kekurangan cairan khususnya kalium gampang sekali menderita penyakit hipertensi.

Konsumsi gandum
Beberapa penelitian menunjukkan dengan rutin setiap hari mengkonsumsi gandum atau oat bisa membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Susu rendah lemak
Memang sebagian besar Produk susu mempunyai kandungan lemak namun ada beberapa jenis susu yang mempunyai sedikit kandungan lemak misalnya ialah susu kedelai. Susu ini bisa menjadi solusi bagi penderita penyakit hipertensi yang ingin minum susu.

Bawang putih
Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan badan ialah mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah. Apabila darah terlalu cepat mengalami pembekuan maka risiko yang mungkin terjadi ialah penyakit hipertensi dan penyakit stroke. Konsumsi bawang putih yang ditambahkan kedalam kuliner sebagai bumbu kuliner bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Konsumsi tomat
Buah tomat mengandung berbagai vitamin menyerupai vitamin C, vitamin E, magnesium, termasuk kalsium. Secara ilmiah buah tomat bisa menurunkan hipertensi. Namun perlu diperhatikan khususnya bagi penderita penyakit maag atau gastritis biar membatasi konsumsi tomat lantaran bisa memperparah gangguan kesehatan pada pencernaan.

Sayur-sayuran
Selain baik untuk kesehatan susukan pencernaan rutin mengkonsumsi sayuran juga mempunyai manfaat bisa membantu menurunkan hipertensi lantaran di dalam sayuran banyak tergantung sama kalium. Disamping itu sayuran juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan mata khususnya area retina. [Baca juga: Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi]

Makara itulah 7 jenis kuliner yang bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Masakan Untuk Menurunkan Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel