-->

iklan banner

✔ Sikap Rumah Tangga & Pilihan Konsumen



A.    Pilihan Rumah tangga Dalam Pasar Output :
                  Setiap rumah tangga harus mengambil 3 keputusan dasar yaitu :
1.      Berapa banyak tiap produk, atau output yang diterima.
2.      Berapa tenaga kerja yang ditawarkan.
3.     Berapa banyak yang dibelanjakan hari ini dan berapa banyak yang akan ditabung untuk masa depan.
B.     Penentu Permintaan Rumah Tangga :
Faktor – faktor yang mempengaruhi kuantitas barang yang diminta oleh rumah tangga:
1.      Harga Produk
2.      Pendapatan yang diterima rumah tangga
3.      Jumlah akumulasi kekayaan.
4.      Harga produk lain ( subtitusi ) yang tersedia bagi rumah tangga.
5.      Selera dan prefensi rumah tangga.
6.      Ekspektasi rumah tangga terhadap kekayaan, harga, dan pendapatan di masa depan.

C.     Batasan Anggaran :
Pendapatan, kekayaan, dan harga mendefinisikan apa yang kita sebut sebagai batasan anggaran rumah tangga.
Batasan anggaran yang dihadapi oleh setiap rumah tangga terutama disebabkan oleh batasan yang ditetapkan oleh luar, yaitu satu atau lebih pasar.
                  “ Selama rumah tangga menghadapi anggaran yang terbatas – dan semua rumah
                  Tangga pada kesannya akan mengalaminya.
                  Biaya rill ialah biaya nilai dari barang atau jasa yang sanggup dibeli dengan jumlah uang
                  Yang sama.
                  Biaya rill ialah biaya opurtunitas, biaya opurtunitas ditentukan oleh harga relative ”

D.    Utilitas :
Kepuasan, atau imbalan yang dihasilkan oleh suatu produk dibandingkan alternative
Lainnya.
Ada 2 dilema yang tersirat dalam konsep utilitas yaitu :
1.      Mustahil mengukur utilitas
2.      Mustahil membandingkan utilitas.

Utilitas Marginal ( Marginal Utility ) ialah kepuasan embel-embel yang diperoleh dengan mengkonsumsi atau mengguankan embel-embel satu unit barang.

Utilitas Total ( Total Utility ) ialah jumlah kepuasan total yang diperoleh dari mengkonsumsi barang atau jasa.
Pada tahun 1980, Alfred Marshall menyebut “kecenderungan yang umum dan fundamental dari sifat manusia” itu disebut sebagai Hukum Utilitas Marginal Yang Semakin Menurun ( Law of Diminishing Marginal Utility ).

Law of Diminishing Marginal Utility ialah semakin banyak barang yang dikonsumsi pada periode tertentu maka semakin sedikit tingkat kepuasan ( Utilitas ) yang dihasilkan dari mengkonsumsi tiap unit embel-embel ( Marginal ) barang yang sama.

                  Besambung Untuk Besok. 

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sikap Rumah Tangga & Pilihan Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel