-->

iklan banner

Setting Wireless Pada Mikrotik


Assalamu'alaikum wr. wb

Pengertian

Wi-Fi "Wireless Fidelity" yakni sebuah teknologi populer yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, alasannya kebanyakan WLAN zaman kini didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" digunakan dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".
Keuntungan bila memakai WiFi yaitu sangat praktis, dimana komputer sanggup terhubung ke dalam jaringan tanpa membutuhkan mediator kabel.

Fungsi Wifi
  • Pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
  • Jarak pada sistem WIFI bisa menjangkau area 100 feet atau 30M radius. Selain itu sanggup diperkuat dengan perangkat khusus menyerupai booster yang berfungsi sebagai relay yang bisa menjangkau ratusan bahkan beberapa kilometer ke satu arah (directional). Bahkan hardware terbaru, terdapat perangkat dimana satu perangkat Access Point sanggup saling merelay (disebut bridge) kembali ke beberapa bab atau titik sehingga memperjauh jarak jangkauan dan sanggup disebar dibeberapa titik dalam suatu ruangan untuk menyatukan sebuah network LAN.
  • Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
  • Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
  • Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi menyerupai bila memakai kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah sanggup menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 – 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.
  • Dengan WiFi, yang 54Mbps yakni agregat (yaitu jumlah) dari bandwidth yang tersedia dalam dua arah sehingga Anda hanya benar-benar mendapat sekitar 10 atau 15Mbps di setiap arah sekali overhead dibawa keluar.
  • Memungkinkan Local Area Network untuk di pasang tanpa kabel, hal ini juga sekaligus akan bisa mengurangi biaya untuk pemasangan dan ekspansi jaringan. Selain itu juga Wi-Fi sanggup dipasang di area yang tidak sanggup di kanal oleh kabel, menyerupai area outdoor.
  • Wi-Fi yakni kumpulan standard global di mana klien Wi-Fi yang sama sanggup bekerja di negara-negara yang berbeda di seluruh dunia.
  • Protocol gres untuk kualitas pelayanan dan prosedur untuk penghematan tenaga membuat Wi-Fi sangat cocok untuk alat yang bentuknya sangat kecil dan aplikasi yang latency-sensitif (contohnya : bunyi dan video).
  • Network ini di design untuk punya symetric up and down speed.


Sejarah

Sejarah Wireless diawali dikala prototype telegraf radio pertama di dunia
diciptakan. Pada tahun 1895, seorang siswa berjulukan Guglielmo Marconi yang berminat dengan teori gelombang radio yang dipelajari di dalam kelas. Didorong oleh minat yang tinggi pada ilmu radio, Marconi mengambil inisiatif sendiri dengan membuat prototipe telegraf radio pertama di dunia. 13 May 1987, Marconi sukses  memancarkan sinyal Telegrafi pertama, dengan pesan “Apakah Anda bersedia?” Melintasi Selat Inggris, di mana dikala itu Guglielmo Marconi gres saja berumur 22 tahun Keberhasilan tersebut menjadi tonggak sejarah jaringan wireless yang atau titik awal evolusi teknologi telekomunikasi nirkabel.


Langkah Kerja

# Pertama untuk membuat Wifi pada mikrotik terlebih dahulu kita aktifkan fitur Wlan nya yang ada pada Interface, dengan cara klik fitur wlan1 kemudian klik tanda "checklist"


# Nah bila sudah di aktifkan langkah selanjutnya kita buat IP pada wlan tersebut untuk perangkat - perangkat yang  akan terhubung melalui jaringan wlan


# Kemudian kita buat ip dengan cara klik tanda (+) dan masukkan IP Address dan arahkan Interface ke wlan1


# Selanjutnya klik "Apply" sampai IP Network otomatis terisi kemudian klik "OK"


# Nah bila tampilannya menyerupai gambar dibawah ini berarti pembuatan ip pada wifi telah berhasil


Untuk langkah selanjutnya kita setting Wireless pada mikrotik :
# Nah pertama klik "Wireless", alasannya tadi aku sudah mengaktifkan wlan nya jadi pribadi saja kita klik 2x pada wlan1


# Selanjutnya edit wireless sesuai kebutuhan anda, disini aku buat sesuai kebutuhan aku menyerupai gambar di bawah ini


# Nah jangan lupa setting frequency nya, cari frequency yang kosong atau paling kecil digunakan. Caranya klik "Freq Usage..." kemudian Interfacenya arahkan ke wlan1 kemudian "Start" untuk mulai mencari frequency



Kurang lebih menyerupai itu untuk setting wireless yang terdapat pada mikrotik, selanjutnya kita akan setting Hotspot pada mikrotik di postingan aku selanjutnya.
Wassalamu'alaikum wr. wb

Setting Hotspot pada MikroTik == >>>
 <<< == Back


Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Setting Wireless Pada Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel