-->

iklan banner

Setting Mikrotik Step By Step

Assalamu'alaikum wr. wb


Pengertian MikroTik

MikroTik singkatan dari mikrotikls.
Artinya : "network kecil" dalam bahasa Latvia.

Mikrotik ialah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang bekerjasama dengan sistem jaringan komputer yang berkantor sentra di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan tahun 1995 untuk menyebarkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.


Sejarah MikroTik 

Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, alasannya ambisi mereka ialah menciptakan satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan menciptakan Wireless ISP (WISP), tapi menciptakan aktivitas router yang handal dan sanggup dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali ialah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bantu-membantu dengan santunan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang kini menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, berdasarkan Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif menyebarkan Mikrotik secara maraton.


Mikrotik terbagi menjadi dua jenis yaitu Software (RouterOS) dan Hardware (RouterBoard) :

- RouterOS
RouterOS merupakan sebuah Sistem Operasi yang berbasis Unix yang bisa menciptakan sebuah PC memiliki fungsi ibarat layaknya Router, Firewall, Bridge, HotSpot, proxy Server, Bandwidth Management dan beberapa fungsi server lainnya. Tidak ibarat OS lainnya, RouterOS support terhadap aneka macam jenis Driver hardware dan apabila ada hardware yang tidak support terhadap Mikrotik RouterOS, maka kita tidak sanggup menambah /menginstall driver perhiasan ibarat halnya Sistem Operasi.

Mikrotik RouterOS bisa melaksanakan hampir seluruh fungsi networking dan juga beberapa fungsi server ibarat DHCP Server. Mikrotik RouterOS biasanya diinstall pada sebuah PC (x86) dan Mikrotik RouterOS selalu terinstall pada sebuah jenis RouterBoard.

- RouterBoard
RouterBoard merupakan sebuah perangkat (Hardware) yang didesain dan diproduksi oleh Mikrotik serta memakai RouterOS sebagai Sistem Operasinya. RouterBoard merupakan sebuah perangkat yang memiliki komponen ibarat halnya PC tetapi memiliki ukuran yang kecil ibarat Processor, RAM, ROM dan Memory Flash hanya saja System Operasi yang digunakannya khusus dikeluarkan oleh Mikrotik yaitu RouterOS. RouterBoard memiliki banyak type arsitektur, model, jenis interface dan jumlah interface yang berbeda sehingga kita bisa dengan gampang menentukan perangkat ini sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.
 



Lisensi MikroTik



Level 3 4 5 6
Upgrade time dalam 1 versi mayor dan versi berikutnya
Wireless CPE/PTP Yes
Wireless AP No Yes
Sync Interface No Yes
EoIP 1 Unlimited
PPPoE 1 200 500 Unlimited
PPTP & L2TP 1 200 Unlimited
VLAN, Firewall, Queue Unlimited
Proxy, Radius Client Yes
Dynamic Routing RB = yes Yes
Hotspot Active User 1 200 500 Unlimited
User Manager Active User 10 20 50 Unlimited


Fitur - fitur MikroTik

Penanganan Protokol TCP/IP Layer 2 konektivitas


Firewall dan NAT
Routing - Static routing
Data Rate Management
Hotspot
Point-to-Point tunneling protocols
Simple tunnels
IPsec
Web proxy
Caching DNS client
DHCP
Universal Client
VRRP
UPnP
NTP
Monitoring/Accounting
SNMP
M3P
MNDP
Tools
Aneka Ragam




Wireless
Bridge
Virtual LAN
Synchronous
Asynchronous
ISDN
SDSL


Akses MikroTik

Mengakses mikrotik bisa dengan 3 cara dibawah ini :

  1. via console

Mikrotik router board ataupun PC sanggup diakses eksklusif via console/ shell maupun remote saluran memakai putty (www.putty.nl)
  1. via winbox
Mikrotik bisa juga diakses/remote memakai software tool winbox
  1. via web
Mikrotik juga sanggup diakses via web/port 80 dengan memakai browser. Dalam konfigurasi ini mikrotik di saluran via console dan tool Winbox

Untuk Akses Mikrotik yang lebih gampang gunakan software tool winbox, alasannya software ini berbasis GUI dan tampilannya sangat lengkap sehingga gampang untuk mensetting nya.







Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Setting Mikrotik Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel