-->

iklan banner

Setting Hotspot Pada Mikrotik



Assalamu'alaikum wr. wb

Pengertian
Hotspot ialah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan memakai PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga sanggup mengakses internet tanpa media kabel.

Atau definisi Hotspot yang lain ialah area dimana seorang client sanggup terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget menyerupai Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kau bisa melaksanakan koneksi internet menyerupai browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mend0wnl0ad, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun ketika bertemu dengan rekan bisnis kau dan lain-lain.


Sejarah Hotspot
Konsep ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1993 oleh Bret Stewart sewaktu konferensi Networld dan Interop, di San Fransisco. Dengan pemanfaatan teknologi ini, setiap orang sanggup mengakses jaringan internet melalui komputer/laptop/HP/PDA yang mereka miliki di lokasi-lokasi area bersinyal ini tersedia, tentunya perangkat komputer/laptop/ponsel/PDA tersebut harus mempunyai teknologi wi-fi.

Pada umumnya peralatah area bersinyal wi-fi memakai standardisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini bisa memperlihatkan kecepatan kanal yang tinggi sampai 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak sampai 100 meter.


Komponen dalam Hotspot
Beberapa komponen dalam Hotspot ialah :

  •     Station bergerak (mobile)
  •    Access Point
  •     Switch, Penghala, Network Access Controller
  •     Server web atau server yang lain
  •     Koneksi Internet berkecepatan tinggi
  •     Penyedia Jasa Internet
  •     Wireless ISP

Tipe Hotspot
Ada beberapa jenis Hotspot yang biasa digunakan, yaitu :
  • Hotspot gratis sebagai embel-embel pelanggan umum biasanya dioperasikan di hotel, di lobi hotel, di ruang konferensi, kedai kopi, atau di kafe. Kadang area besinyal jenis ini merupakan instalasi semi permanen, di program pameren komputer atau konferensi / seminar komputer.
  • Hotspot yang dibayar pribadi ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran, atau kedai kopi. Tidak semua hotel bisa memperlihatkan servis wi-fi gratis. Mereka mengambil kebijakan untuk memperlihatkan servis berbayar kepada pengguna area besinyal untuk menalangi biaya leased line atau tak terbatas (unlimited) ADSL ke Internet.
  •  Hotspot berbayar ke operator area besinyal wi-fi, contohnya Boingo, iPASS. Operator area besinyal wi-fi ini merupakan jaringan internasional yang global dengan berbagai pengguna yang berpindah daerah (mobile) secara internasional. Jenis area besinyal ini biasanya akan lebih menarik bagi mereka yang mempunyai banyak pengguna yang tiba dari mancanegara.
Tentunya sebuah Hotspot merupakan adonan dari beberapa tipe jaringan menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu tipe saja. Makara bisa saja, Hotspot berbayar ke pemilik gedung dan berbayar ke operator Hotspot wi-fi dioperasikan pada sebuah jaringan.


Langkah Kerja

# Langkah pertama yaitu masuk ke hidangan Hotspot yang berada di "IP" => Hotspot


# Apabila sudah masuk di hidangan Hotspot, selanjutnya pilih "Hotspot Setup" untuk memulai pembuatan hotspot


# Arahkan Interface nya ke wireless yang kita buat, disini aku buat ke wlan1


# Pastikan IP yang ada sama dengan IP yang telah kita buat, dan beri tanda centang pada Masquerade Network


# Secara otomatis IP yang untuk client akan muncul, kemudian klik "Next"


# Langkah selanjutnya, memilih SSL Certificate jikalau kita akan memakai HTTPS untuk halaman loginnya. Tetapi jikalau kita tidak mempunyai akta SSL, kita pilih none, kemudian klik "Next"


# Untuk di SMTP lanjut saja klik "Next"


# Masukkan DNS Servers yang anda dapatkan, disini aku memakai DNS Server yaitu menyerupai gambar dibawah ini


# Buat DNS Name (Domain) untuk login hotspot yang anda buat semoga tidak lagi memakai IP


# Nah disini kita diminta untuk menciptakan user dan password ketika login ke hotspot yang anda buat, jikalau sudah klik "Next"


# Apabila sudah berhasil maka akan menyerupai gambar dibawah ini untuk hotspot pertama yang kita buat


# Selanjutnya masuk di Server Profiles kemudian klik 2x di hotspot yang telah dibentuk kemudian ke hidangan Login dan hilangkan tanda centang pada "Cookie" kemudian beri tanda centang pada HTTP PAP, sehabis itu "Apply" > "OK"
Ini ialah pemilihan sesuai kebutuhan yang akan anda buat



# Untuk langkah terakhir yaitu pengecekan, caranya buka browser anda kemudian masukan Domain yang sudah anda buat di URL browser,
jikalau sudah anda akan diminta username dan password untuk login ke hotspot anda


# Ini ialah tampilan apabila anda sudah login ke hotspot anda



Cukup sekian untuk setting hotspot pada mikrotik dari saya,
untuk konfigurasi mikrotik selanjutnya yaitu menciptakan dhcp server pada mikrotik.
Wassalamu'alaikum wr. wb

Setting DHCP Server pada MikroTik == >>>
<<< == Back
Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Setting Hotspot Pada Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel