-->

iklan banner

Pupuk Hidroponik Ab Mix

Hidroponik merupakan alternatif metode bercocok flora tanpa media tanah namun menggantinya dengan media air. Media tanam yang baik, teknik penanaman yang tepat, faktor pendukung tanam yang sesuai (seperti cahaya matahari, pH, dan kelembaban), dan kebutuhan nutrisi (makro dan mikro) flora yaitu kunci utama metode hidroponik. Update: kini sudah tersedia di bibitBunga.com, nutrisi AB mix berupa abu yang sanggup pribadi Anda gunakan sehabis dicampur air. Tersedia dengan banyak sekali jenis tanaman, yaitu: sayuran daun, cabe, tomat, bunga, dan buah. Nutrisi hidroponik sudah banyak dijual di pasaran. Salah satunya yaitu pupuk hidroponik AB mix. Pupuk ini sudah memenuhi semua unsur makro dan mikro yang dibutuhkan flora menyerupai Nitrogen (N), Fosfat (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Sulfur (S), dan Magnesium (Mg) untuk unsur makro dan Besi (Fe), Mangan (Mn), Seng (Zn), Boron (B), dan Molibdenum (Mo) untuk unsur mikro flora hidroponik.


Cara Pengukuran Larutan Pupuk AB mix


Pupuk AB mix merupakan adonan antara pupuk A dan B. Pupuk AB mix umumnya dijual dalam kemasan dan ukuran yang bervariasi. Beberapa produsen ada yang menjual pupuk A dan pupuk B secara terpisah (konsumen mencampur sendiri), dan ada pula yang menjual dalam kemasan larutan pupuk AB siap pakai. Pupuk A mengandung unsur Kalsium sedangkan pupuk B mengandung Sulfat dan Fosfat, sehingga ketiga unsur tersebut (Ca, S, dan P) tersebut dihentikan dicampur dalam keadaan pekat biar tidak timbul endapan. Endapan pupuk tidak baik untuk flora alasannya akan menghambat absorpsi unsur-unsur hara.


Jika pupuk A dan pupuk B yang Anda beli dalam kemasan abu terpisah, larutkan masing-masing pupuk juga dalam kontainer/ember terpisah. Misal: Pupuk A dan pupuk B untuk ukuran 5 L (masing-masing berbentuk bubuk). Larutkan Pupuk A ke dalam baskom pertama (berisi 5L air). Aduk-aduk sampai tercampur rata. Larutan akan berwarna hijau kecoklatan dan keruh. Lakukan hal yang sama pada Pupuk B. Larutkan Pupuk B berwarna putih keruh.


Hidroponik merupakan alternatif metode bercocok flora tanpa media tanah namun menggantin Pupuk Hidroponik AB Mix


Larutan A dan larutan B (@ 5L) di atas sanggup menghasilkan 1000 liter larutan pupuk AB mix. Campurkan larutan A dan larutan B (total 10 L larutan) ke dalam 990 L air bersih. Namun jikalau Anda hanya akan menciptakan 1 L larutan pupuk AB mix, cukup ambil 5 ml larutan A dan 5 ml larutan B. Campurkan keduanya dalam 990 mL air bersih. Jika Anda membeli dalam bentuk adonan siap pakai (konsentrat), cukup tambahkan air higienis menyerupai yang tertera dalam petunjuk pemakaian yang teradapat pada kemasan.


Tanaman menyukai kisaran pH 5,5 – 6,5. Menghitung kadar pH larutan sanggup memakai alat pHmeter, kertas pH indikator atau kertas lakmus. Jika pH larutan nutrisi di atas 6,5 tambahkan larutan HCl (asam klorida) atau asam berpengaruh lainnya setetes demi setetes sampai di kisaran pH yang diharapkan. Jika pH larutan di bawah 5,5 maka tambahkan larutan KOH atau lartutan basa berpengaruh lainnya.


Larutan Nutrisi Pengganti Pupuk AB mix


Pupuk AB mix dijual dengan variasi harga yang berbeda dan relatif lebih mahal dibandingkan jikalau Anda menciptakan larutan pupuk AB mix sendiri. Berikut beberapa cara menciptakan pupuk hidroponik sendiri.


1.    Larutkan Pupuk NPK mutiara 16-16-16 (1 sendok makan) dan ¾ sendok makan Pupuk Gandasil D (atau pupuk growmore hijau) dalam 10 L air. Pupuk NPK mutiara mengandung unsur N, P, dan K dengan perbandingan 16:16:16 dan diperkaya dengan unsur Mg dan Ca. Sedangkan pupuk daun gandasil D digunakan untuk menyediakan unsur Mn, B, Cu, Co, dan Zn bagi flora hidroponik.


2.    Jika Anda ingin menciptakan pupuk organik, Anda perlu menyiapkan komponen pupuk organik menyerupai kotoran kambing, jerami, daun lamtoro, daun sirsak, bekatul, atau arang sekam dan memprosesnya dengan perlakuan tertentu.


Penggunaan pupuk AB mix juga harus tepat. Kelebihan kadar pupuk sanggup berakibat tidak baik bagi tanaman. Perhatikan waktu pertolongan nutrisi flora hidroponik. Contoh pertolongan nutrisi pada metode tetes (drip), umumnya setiap 10 menit sekali dalam 1-1,5 jam. Untuk metode kultur air statis menyerupai sistem wick (sumbu) atau sistem apung (float), larutan nutrisi diganti setiap 2-3 hari sekali. Selamat mencoba.


Silahkan Anda lihat disini banyak sekali produk pupuk yang kami jual.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pupuk Hidroponik Ab Mix"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel