-->

iklan banner

Menjalankan Kegiatan Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt

Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt? Mungkin anda mengenalnya. Command Prompt biasanya orang menganggap yaitu jendela yang berisi warna hitam dengan beberapa teks didalamnya. Jika anda membukanya secara tidak sengaja, mungkin saja anda eksklusif menutupnya. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana menjalankan aktivitas dengan super cepat melalui Command Prompt.

Sebelum kita mulai tips-tipsnya, kami akan jelaskan terlebih dahulu wacana Command Prompt. Command Prompt sebetulnya yaitu sebuah aplikasi suplemen yang difungsikan untuk melaksanakan beberapa hal dengan perintah teks. Orang yang tiap hari menggunakan Windows, niscaya lebih menentukan mengerjakan sesuatu dengan GUI saja. Di artikel ini, anda akan mempelajari cara menggunakan Command Prompt yang benar dan mempercepat hal rutin anda. Mari kita mulai.

Pin/sematkan Command Prompt di Start

Agar mengakses Command Prompt lebih mudah, kita sanggup melaksanakan pin/semat kedalam Start. Caranya yaitu dengan klik Start dan ketik “cmd.exe”. Kemudian klik kanan pada hasilnya dan klik “Pin to Start Menu” (sesuaikan cara ini kalau anda menggunakan Windows 8).

Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt
Pin to Start Menu

Maka, Command Prompt sanggup anda luncurkan eksklusif dari Start Menu.

Menjalankan aktivitas dengan Command Prompt

Ya, anda sanggup menjalankan aktivitas melalui Command Prompt. Untuk melaksanakan hal tersebut, anda harus mengatur beberapa pengaturan. Hal ini cukup anda lakukan sekali saja, dan anda eksklusif sanggup memakainya kapan saja anda inginkan.

Cara ini lebih cepat daripada mencari icon yang ada di desktop ataupun di Start Screen dan Start Menu. Yang perlu anda lakukan kalau anda menggunakan cara ini yaitu dengan membuka Command Prompt dan eksklusif mengetikkan nama aktivitas dan kemudian enter. Maka aktivitas yang anda inginkan akan terbuka.

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menciptakan folder berjulukan “shortcut” di drive C:\. Nama folder sebetulnya terserah anda, asalkan langkah selanjutnya sanggup anda kondisikan dengan tutorial ini. Berarti, kalau kita mengakses folder “shortcut” maka direktorinya adalah C:\shortcut. Kemudian, anda harus menambahkan direktori tersebut ke Environment Variable. Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Di Windows/File Explorer, klik kanan pada Computer/This Computer dan kemudian klik Properties.
  2. Klik Advanced System Properties.
  3. Pada Tab Advanced, klik Environment Variables.
  4. Dibawah System Variables, carilah variabel Path. Jika ketemu, klik Edit. Tambahkan direktori ;C:\shortcut pada bab akhirnya. Perlu diingat, jangan hingga anda melupakan tanda titik koma pada direktori tadi.
  5. Dibawah System Variables, carilah variabel PATHEXT. Jika ketemu, klik Edit. Tambahkan ;.LNK pada bab akhirnya.
  6. Klik OK untuk menyudahinya.
Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt
Environment Variable

Sekarang, anda sanggup memindahkan semua shortcut yang ada di desktop ataupun anda sanggup menciptakan shortcut sendiri dan pindahkan shortcut tersebut ke folder C:\shortcut. Agar lebih mudah, anda sanggup merubah nama shortcutnya menjadi lebih pendek/singkat. Contohnya menyerupai dibawah ini:

Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt
Menambahkan Shortcut

Jika sudah, anda sanggup mencobanya sekarang. Buka Command Prompt dengan menekan tombol CTRL + ALT + C dan ketik aplikasi yang sudah anda jadikan shortcut. Tekan enter kalau sudah selesai. Dan selamat, aplikasi anda sudah terbuka.

Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt
Menjalankan aktivitas melalui CMD

Kesimpulan

Command Prompt sebetulnya sangat mempunyai kegunaan untuk melaksanakan hal-hal yang simpel. Dan fungsi Command Prompt tidak hanya ini saja, masih banyak hal lain yang sanggup dilakukan. Nantinya, kami akan menulis lagi wacana tips-tips menggunakan Command Prompt. Sekian artikel hari ini, biar bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku untuk mendapat tips menarik lainnya.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menjalankan Kegiatan Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel