-->

iklan banner

Membuat Warnet Sederhana


Sebelum masuk lebih dalam wacana konfigurasi Jaringan Radio MikroTik maupun Server, sebaiknya kita buat dulu Topologi nya, sehingga kita mempunyai perencanaan kedepan wacana apa yang kita buat.

Disini aku berencana menciptakan Warnet sederhana.
Topologi yang aku buat menyerupai di bawah ini :



Anda galau ???
Oke aku akan menjelaskannya dengan detail.
Yang pertama disiapkan yaitu Perangkat dan Alat-alat nya,dan tentunya tempat.

Untuk warnet yang akan aku buat ini aku mempunyai :
- 1 Server
- 1 Mikrotik
- 1 Switch
- 8 komputer/PC
- dan yang terpenting yaitu ISP anda harus berlangganan ISP biar sanggup mengakses internet, anda sanggup berlangganan di Telkom lokasi anda sehingga mereka akan menawarkan kanal internet dan bandwith / kecepatan kanal internet sesuai biaya langganan anda, semakin tinggi bandwith anda tentunya semakin cepat jaringan anda dan tentunya akan semakin mahal biayanya.
jadi rencanakan dengan matang terlebih dahulu sebelum bertindak.

Di ruangan bab kanan aku memakai MikroTik yang mempunyai hotspot sehingga tidak perlu lagi membeli Access Point dan sanggup menghemat biaya, tetapi kalau ingin menambah jangkauan jaringan semakin luas anda sanggup memakai perangkat Access Point.



Untuk ruangan bab kiri aku memakai komputer yang terhubung pada Switch melalui jaringa LAN. Untuk Switch atau Hub gunakan Port yang sesuai kapasitas komputer yang anda miliki.
berikut yakni jumlah port yang terdapat pada Switch :
- 2 Port
- 4 Port
- 8 Port
- 16 Port
- 24 Port
- 32 Port
- 48 Port

Kaprikornus pikirkan dahulu berapa jumlah komputer yang akan di gunakan dan butuh berapa Port.





Yang terkhir yaitu ruang Server dan Admin.
Ruang Server ini harus berada di ruangan yang tidak sembarang orang boleh masuk biar keamananya tetap terjaga, dan untuk Admin yang mengatur dan menjaga keamanan jaringan dan Server tersebut berada di satu ruang dengan server biar kalau terjadi sesuatu sanggup dengan cepat menyelesaikannya.






Nah itu sedikit klarifikasi dari aku apabila anda ingin mempelajari atau berencana menciptakan sebuah Warnet ^^

Untuk lebih dalam lagi mempelajari dan menyetting wacana Jaringan yang akan aku buat klik hidangan selanjutnya di bawah ini :D





Sumber http://dedyrn.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Warnet Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel