-->

iklan banner

Cara Memakai Rumus Vlookup, Mid, Left Di Microsoft Excel

Penggunaan rumus vlookup – Sebagaimana kita ketahui rumus vlookup digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Lalu bagaimana kalau rumus vlookup ini, kita gabungkan dengan fungsi-fungsi excel lainnya ibarat mid dan left? berikut langkah dan tahapan cara memakai rumus vlookup, mid, left di microsoft excel.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dan mid

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa Fungsi mid dipakai untuk mengambil sejumlah abjad dari posisi tertentu sebanyak yang diinginkan. Untuk menggabungkan fungsi mid dan vlookup, pastinya kita memerlukan soal donk untuk dibahas atau dikerjakan. Jadi, silahkan Anda lihat gambar soalnya di bawah ini :

digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Pada gambar di atas, terlihat kolom “jurusan” dan “tahun masuk” masih kosong. Lalu bagaimana cara mengisinya. Untuk menampilkan/mengisinya gunakan fungsi vlookup dan fungsi string MID. Oh iya, yang perlu Anda ketahui juga untuk penulisan di kolom “NIM”, “kode jurusan (tabel jurusan)”, dan “kode tahun masuk(tabel tahun masuk)”, gunakan type data text. Atau pada ketika mengetik tambahkan ‘ (kutip 1). Misal ’11. Hasil  pengerjaannya dapat anda lihat ibarat gambar di bawah ini:

digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Pada gambar di atas fungsi yang dipakai adalah:

=VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2)

Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag sampai sel E14.

Setelah kolom “jurusan” berhasil Anda isikan, selanjutnya ialah mengisi mengisi kolom “tahun masuk”, berikut langkah-langkahnya.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dengan left

Untuk menampilkan/mengisi tahun masuk  gunakan fungsi vlookup dan fungsi string LEFT. Fungsi left menghasilkan abjad pada data bertipe teks sebanyak x abjad yang dimulai dari posisi sebelah kiri. Bentuk penulisannya =LEFT(text, num_chars). Dalam soal ini, dikombinasikan/digabung dengan vlookup. Hasil pengerjaan dari penggabungan vlookup dengan left dapat anda lihat ibarat gambar di bawah ini:

digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Pada gambar di atas, fungsi yang dipakai adalah:

=VLOOKUP(LEFT(C5,2),$E$18:$F$23,2)

Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag sampai sel F14.

Artikel terkait: penggunaan fungsi vlookup dan hlookup 

 

Hasil lengkap untuk pengerjaan dari soal di atas, akan terlihat ibarat gambar di bawah ini.

digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Anda dapat melihat panduan artikel lengkap dan d0wnl0ad materinya(termasuk bahan vlookup ini) di artikel aku sebelumnya, panduan lengkap berguru microsoft excel 2007 Semoga artikel cara memakai fungsi vlookup dengan left dan mid, bermanfaat bagi anda.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memakai Rumus Vlookup, Mid, Left Di Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel