-->

iklan banner

Bilangan Tau Lebih Keramat Dari Bilangan Pi

orbitdigital.net
 
 
Kalau Pi yakni rasio antara keliling bulat dan diameternya, 6,28 atau Tau yakni rasio antara keliling bulat dan jari-jarinya. Bilangan keramat itu dinilai lebih sakti daripada Pi sehingga dinobatkan sebagai pengganti. Bila bilangan keramat tersebut digunakan, beberapa konsep matematika menjadi lebih sederhana sehingga gampang dimengerti.
Kevin Houston, pendukung Tau dan matematikawan dari University of Leeds, Inggris, menandakan dalam video di YouTube perihal kelebihan Tau. “Ketika mengukur sudut, matematikawan tidak menggunakan derajat, tetapi radian. Ada 2Pi radian dalam satu lingkaran. Ini berarti seperempat bulat setara dengan 1/2Pi. Ini berarti, seperempat setara dengan setengah. Ini gila,” katanya.
“Mari kita pakai Tau. Seperempat bulat sama dengan seperempat Tau. Seperempat ya setara dengan seperempat. Bukankah ini lebih gampang untuk diingat? Demikian juga, tiga perempat bulat juga sama dengan tiga perempat Tau. Hal ini akan mencegah pelajar matematika, fisika dan teknik mengalami kesalahan konyol,” jelas Houston.
Dalam artikel berjudul “Pi is Wrong” di mana bilangan 6,28 diperkenalkan tahun 2001, Palais mengungkapkan bahwa selama ribuan tahun, insan telah memfokuskan pada bilangan matematika yang salah. “Peluang untuk menarik pelajar dengan penyederhanaan yang natural dan bagus telah membawa ke latihan yang membingungkan dalam latihan serta dogma,” tulis Palais.
Bila ternyata malah menciptakan bingung, haruskah Pi dihilangkan? Dikutip oleh Life Little Mysteries, Livescience, Rabu (29/6/2011), Houston berkomentar, “Pi tak harus dihilangkan. Saya memang pendukung Tau, tapi bukan anti Pi. Dengan demikian, siapa pun bisa menggunakan Pi kalau mereka melaksanakan penghitungan yang melibatkan setengah Tau.”
Bagi para guru matematika, konsep Tau juga bisa mulai diperkenalkan. Apalagi, menurut penelitian yang dilakukan Palais, terbukti bahwa Tau berhasil meningkatkan kemampuan pelajar dalam mempelajari matematika, terutama dalam konsep geometri dan trigonometri di mana faktor 2Pi lebih sering digunakan.
Tau sendiri dipilih sebagai simbol bilangan keramat gres dalam matematika secara independen oleh fisikawan dan matematikawan penulis “The Tau Manifesto”, Michael Hart dan pakar isu asal Denmark, Harremoës. Tau dipilih alasannya yakni kemiripannya dengan Pi sehingga cocok dengan wangsit beralih ke Tau.
 
 

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bilangan Tau Lebih Keramat Dari Bilangan Pi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel