-->

iklan banner

Beda Penggunaannya! Ini Jenis Komputer Dan Fungsinya


Sudahkah Anda mengenal jenis jenis komputer dan fungsinya untuk kehidupan manusia? Ternyata, beda komputer beda pula fungsinya. Komputer merupakan perangkat yang semenjak usang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan mekanisme yang ada. Bila dilihat secara umum, fungsi komputer ialah untuk membantu kerja insan di aneka macam bidang. Namun, sayang banyak orang kerap gundah saat membedakan jenisnya.





Ada bermacam-macam macam komputer yang digunakan manusia. Bahkan pengklasifikasian macam tersebut didasarkan pada beberapa hal mulai dari fungsinya, data yang diproses, sampai menurut ukuran komputer.





1. Jenis Jenis komputer Berdasarkan Fungsinya





Komputer dibentuk dengan tujuan maupun fungsi yang tidak sama. Hal ini terbukti dengan adanya penggolongan komputer yang bermacam macam. Berdasarkan fungsinya, komputer yang sering digunakan insan dibagi menjadi 4 macam antara lain Embedded System, Information Appliance atau IA, Server dan Workstation. Untuk mengenal komputer dan fungsinya, Anda sanggup melihat klarifikasi di bawah ini.





1.1 Embedded System





Embedded System yaitu sistem komputer yang disematkan ke dalam mesin pengontrol. Umumnya, sistem komputer ini dibentuk untuk tujuan khusus contohnya instrumentasi medik.





1.2 Information Appliance





Information Appliance ialah sistem komputer yang dibentuk khusus untuk melaksanakan pekerjaan di bidang elektronik contohnya fotografi, pengeditan teks serta pemutaran musik.





1.3 Jenis Jenis Komputer Server





Server merupakan perangkat komputer yang fungsinya memberi service kepada klien secara terus menerus. Server biasanya tidak pernah dimatikan sebab menjadi sentra penggunaan jaringan.





1.4 Workstation





Workstation yaitu komputer yang berfungsi melayani pengguna. Komputer tersebut sanggup berupa perangkat keras komplemen yang tidak ditemukan pada PC. Jenis ini dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi teknis dan ilmiah.












2. Berdasarkan Data yang Diolah





Selain dibentuk dengan fungsi yang berbeda, ternyata komputer juga dirancang menurut data yang diolah. Karena data yang diolah berbeda, tentu saja komputer juga dibekali dengan spesifikasi yang bervariasi. Macam komputer bila dilihat dari data yang diproses terbagi menjadi 3 jenis diantaranya komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Masing masing komputer dan fungsinya ibarat yang dijelaskan di bawah ini.





2.1 Jenis komputer analog





Komputer analog dirancang biar sanggup bekerja dengan sistem paralel. Komputer jenis analoghanya sanggup mengolah data berupa angka kuantitatif serta besaran fisik.





2.2 Jenis komputer digital





Komputer digital dirancang dan digunakan untuk sistem operasi hitung. Hasil data yang muncul biasanya berupa simbol dengan arti khusus contohnya simbol numerik, alphabetis dan lainnya.





2.3 Jenis Komputer hybrid





Komputer hybrid dibentuk untuk pengerjaan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini yaitu adonan dari jenis analog dan digital. Pengaplikasian umumnya pada robot dan mesin pabrik.





3. Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran





Komputer masa sekarang sudah mengalami perubahan sebab didesain semenarik mungkin. Salah satu poin penting dalam desain komputer yaitu ukurannya. Komputer menurut ukurannya dibedakan menjadi 4 macam. Pemilihan ukuran tersebut didasarkan pada tujuan penggunaan komputer itu sendiri. Ada 4 macam komputer jikalau dilihat dari ukurannya yaitu Microcomputer, Minicomputer, Supercomputer dan Mainframe Computer. Berikut klarifikasi singkat mengenai masing masing jenis.





3.1 Microcomputer





Microcomputer yaitu cenderung mempunyai ukuran yang lebih kecil contohnya laptop





3.2 Minicomputer





Minicomputer yaitu ukurannya lebih besar dari microcomputer dan digunakan di pabrik





3.3 Supercomputer





Supercomputer yaitu ukurannya paling besar dan digunakan untuk menjalankan triliunan perintah





3.4 Mainframe Computer





Mainframe Computer yaitu ukurannya lebih besar dari minicomputer





4. Kesimpulan





Nah, demikianlah pengklasifikasian komputer menurut beberapa hal. Komputer berperan utama dalam membantu kerja manusia. Sehingga masuk akal apabila ukuran, fungsi, data yang diolah dalam komputer berbeda. Semakin lengkap komponen komputer, hasil kerja yang diproses lewat komputer juga lebih akurat. Dari komputer dan fungsinya di atas, manakah jenis komputer yang membantu kerja Anda selama ini?



Sumber https://www.ahmadweb.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beda Penggunaannya! Ini Jenis Komputer Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel