-->

iklan banner

Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah

Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah – Ga terasa nih udah hampir 3 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama. Ada suka-duka yang dari mulai dibentak-bentak dan pake atribut aneh-aneh pas ospek dulu, seru-seruan pas kegiatan tengah semester, hingga dengan kini sibuk mempersiapkan UN dan masuk kuliah.


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan SekolahSetelah ini mungkin lo bakal sibuk dengan perkuliahan masing-masing, sibuk dengan sobat gres masing-masing dan sibuk dengan kehidupan masing-masing. Sekian tahun dari sekarang, hal-hal yang ketika ini lo anggap biasa, bisa jadi bakal lo kangenin banget.


Well, salah satu cara untuk mengabadikan momen dan kenangan masa Sekolah Menengan Atas tersebut yakni dengan buku tahunan sekolah.


Buku Tahunan Sekolah (BTS) merupakan buku yang berisi biodata guru dan temen-temen seangkatan lo, serta kumpulan foto momen berkesan selama lo sekolah. Atau bisa dibilang BTS itu buku yang menyimpan semua kenangan ketika lo sekolah.


Jadi, Buku Tahunan secara umum mempunyai fungsi ganda:

1. Mengabadikan momen seru

Pas masa sekolah, tentu saja banyak banget kegiatan seru yang layak dikenang hingga renta nanti.

2. Sebagai reminder

Biodata guru dan semua siswa penting banget supaya ga lupa atau lost contact nantinya


Okay jadi emang penting ya buat bikin buku tahunan, tapi gimana nih caranya bikin buku tahunan yang bagu?


Nah pertanyaan ini sering banget muncul di temen – temen kelas 12. Emang penting banget sih memperhatikan kualitas BTS mengingat buku ini akan lo simpan sampe renta nanti.


Rangkaian Kegiatan Penyusunan Buku Tahunan Sekolah


Buku tahunan tentu aja nggak bisa eksklusif jadi gitu aja. Perlu langkah – langkah yang sempurna buat nentuin pembuatan buku tahunan itu sendiri. Nah, bisa disimak nih, apa aja sih yang harus disiapin


1. Tentukan konsep atau tema


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan SekolahKonsep yakni hal penting yang sering terlupakan. Konsep yang terperinci akan mengakibatkan buku tahunan lo terlihat lebih baik alasannya yakni terjadi alur dan denah yang terperinci dari mulai cover hingga simpulan halaman.


Dalam menyusun konsep ini, harus diomongin bareng nih antara panitia, perwakilan kelas dan vendor / media organizer guna mendapat tema yang baik.


Lo juga harus menentukan konsep yang unik dan juga tidak menyulitkan, alasannya yakni lo harus menyiapkan dress code dan daerah pemotretan yang sesuai dengan konsep.


Setelah konsep atau tema umum buku tahunan udah ditentuin, gres deh konsep tiap-tiap kelas diserahkan ke masing-masing kelas sesuai dengan kreativitas masing-masing.


2. Tentukan Konten


Setelah menentukan tema, selanjutnya tentukan pembagian konten/isi buku tahunan.


Lalu secara umum apa saja isi dari Buku Tahunan, antara lain sbb :



  1. Data sekolah

  2. Biodata guru & para staf sekolah

  3. Foto siswa per kelas

  4. Foto-foto momen seru selama masa sekolah


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan SekolahUntuk data sekolah dan biodata guru & para staf sekolah bisa lo minta nanti di sekolahan, sedangkan foto siswa per kelas nanti dikoordinir tiap kelas. Nah untuk foto momen-momen seru nih nanti yang bakal menjadi kiprah panitia BTS buat mencollect foto-foto mulai dari ketika ospek dulu, hingga merencanakan foto-foto bareng dan mengabadikan kegiatan yang akan datang.


3. Tentukan Spesifikasi


Mulailah menyusun draft halaman dari cover hingga simpulan halaman, berapa halaman yang dibutuhkan, dummy atau sketsa lay out dan apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku tahunan lo. Jangan lupa pilihlah material yang digunakan kedalam BTS, mulai dari jenis kertas, finishing hingga fitur-fitur yang ada di BTS (Pop Up, Spin Wheel, Poster, Packaging, etc). Sesuaikan spesifikasi BTS dengan budget yang akan lo keluarkan.


4. Buat Timeline Pengerjaan


Setelah menyusun daftar konten dan spesifikasi yang dibutuhkan, tentukan waktu pengerjaan masing-masing daftar konten tersebut. Pastiin kalo lo ngerjainnya ga pas masa-masa sibuk kelas 12. Sebagai gambaran, lo bisa cek jadwal kegiatan kelas 12 berikut:


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah

Timeline kegiatan kelas 12


Dari jadwal tersebut, lo bisa lihat nih masa-masa sibuk kelas 12 itu kapan. Yang terperinci mulai Maret, lo bakal disibukkan oleh Ujian Sekolah, Ujian Praktek, Bimbingan, UN, dll. sesudah UN pun bakalan libur panjang sehingga akan sangat susah ngumpul kalo contohnya mau buat foto angkatan. Kaprikornus waktu yang sempurna buat foto angkatan atau foto seru-seruan yaitu mulai kini bulan November ini. Kenapa? alasannya yakni waktu lo masih longgar banget, mudah belum ada kegiatan selain kegiatan berguru mengajar.


5. Sesi Photoshoot


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan SekolahSetelah mendapat tema baik, mulailah melaksanakan photoshoot. Kalo lo memerlukan foto angkatan di BTS lo, ya mau ga mau lo mesti ngumpulin satu angkatan buat foto bareng. Nah cara yang ampuh buat foto satu angkataan yakni sehabis upacara.


Sedangkan untuk foto per kelas, briefinglah kepada seluruh kelas untuk menentukan sub-tema yang masih berkaitan (conoh; Tema: music, Sub-tema: Rock, Jazz, Pop). Lalu setiap kelas berkewajiban untuk menggunakan dress code dari tiap sub-tema, jangan hingga satu murid tidak masuk tema atau salah kostum alasannya yakni bisa merusak sub-tema dari kelas itu sendiri. Pilih lah daerah yang sesuai dengan sub-tema, pilih daerah yang bisa dan mudah dijangkau, jangan memaksakan daerah yang terlalu jauh alasannya yakni akan memberatkan salah satu sobat sekelas lo.


6. Editing & Percetakan


Dalam tahap ini ada baiknya lo menyerahkan kepada pihak yang lo percayakan (vendor / media organizer), dalam tahap ini kiprah lo adalah mendampingi dan menjelaskan visual ibarat apa yang lo inginkan serta sesekali merevisi.


 


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Buku Tahunan Sekolah


1. Panitia


Bentuklah sebuah panitia yang terdiri dari teman-teman yang bertanggung jawab dan sekiranya bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Panitia yang baik yakni panitia yang sanggup menjalankan kiprah dan target-nya dengan tepat. Pilihlah juga ketua atau pemimpin yang tepat, no leader, no good team.


2. Budget


Penting banget nih sebelum lo ngelangkah lebih jauh lagi, tentuin dulu budget lo berapa. Kenapa? Supaya lo bisa mempersempit pilihan lo nanti. Nggak harus paten berapa, tapi bisa berupa range. Nggak perlu nanya sana – sini, tapi pastikan kalo range itu tidak akan memberatkan salah satu temen angkatan lo.


Harga cetak buku tahunan sendiri bervariasi, sesuai dengan spesifikasi buku tahunannya. Kalo harga pasaran di Jakarta sih antara 70 ribu hingga 200an ribu per satuan. Harga per satuan bisa semakin murah tergantug dengan quantity nya.


Apabila lo keberatan di budget, ada 2 cara buat menyiasatinya:


a. Sponsor


Cara paling mudah mendapat sponsor di kegiatan sekolah yakni menodong siswa yang ortunya punya bisnis atau perjuangan tertentu, niscaya tuh diantara temen lo satu angkatan, ada beberapa yg bisa jadi sasaran. Lumayan buat menyubsidi dana sekian. Namun jangan harapkan sponsor ini akan mencover semua biayanya, alasannya yakni bakalan sangat susah untuk dapet gede, sementara space BTS lo niscaya terbatas.


b. Ikut lomba


 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama Tips Menyusun Buku Tahunan SekolahCara kedua yang bisa lo usahain buat pendanaan BTS yaitu dengan mengikuti lomba. Lombanya usahain yang sifatnya kolektif. Nah dari sekian lomba yg cocok buat kelas 12 yang hadiahnya gede dan pas banget related ama buku tahunan sih Lomba Buku Tahunan EYearbook Goodday.


Menurut gue sih ini tidak mengecewakan banget buat jadi pemasukan angkatan, soalnya disamping hadiahnya gede, caranya juga simple banget. Lo cuma upload foto seru sekolah dan banyak-banyakin likes + share + comment. Kuncinya event ini sih gimana caranya gerakin temen-temen angkatan lo buat berkontribusi.


Periode lombanya berlangsung hingga dengan 19 Desember 2015, namun lo udah bisa daftar dan upload foto-foto dari sekarang. Kaprikornus mending ngejar poin dari kini supaya peluang menang gede.


Tata cara ikutannya bisa lo tonton di video dibawah. Info lebih lengkapnya bisa lo baca sendiri disini ya.






3. Vendor / Media Organizer


Jika lo merasa tidak yakin untuk menciptakan BTS sendiri, ga ada salahnya meng-hire vendor atau MO untuk mendapat hasil BTS yang maksimal. Pertama coba minta rekomendai abang kelas mengenai vendor atau media organizer ini. Kalo vendor yang digunakan abang kelas tahun kemudian udah oke, sebaiknya sih ga usah nyoba-nyoba vendor lain yg sekiranya belum proven. Karena dengan biaya yang relatif mahal dan cuma sekali cetak, jadi lo mesti ati-ati milih vendor ini.


Kalo abang kelas lo ga punya rekomendasi, lo bisa nyari sendiri vendor atau MO yang memiliki portofolio atau pengalaman minimal 2 tahun, alasannya yakni ini yakni sebuah tolak ukur lo melihat hasil dan kualitas MO.




Okay, demikian informasi tentang Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah, moga-moga informasi ini bermanfaat sehingga lo bisa mengabadikan momen seru dengan kesan dan kualitas terbaik.


 


Referensi:

http://retweet.co.id/?p=999

abankirenkcreative.tumblr.com/post/66279055741/tips-membuat-buku-tahunan


Gambar

https://yandriana.files.wordpress.com/2011/04/fotoangkatan20102011.jpg

http://yamsiyani.blogspot.co.id/2014/09/cerita-di-balik-buku-tahunan-sekolah.html

http://www.smariduta.sch.id/wp-content/uploads/2014/10/IMG_7897.jpg

bias.sman1jember.sch.id



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel