-->

iklan banner

Temu Putih Dan Bermacam-Macam Khasiatnya

Tidak menyerupai tumbuhan temu-temuan lainnya yang biasanya bertindak sebagai tanaman penyedap atau bumbu masakan, Curcuma zadoaria dengan nama awam temu putih atau kunyit putih ini justru terkenal dipakai sebagai tanaman obat herbal. Hal ini dikarenakan rasa rimpangnya sangat pahit dan cenderung pedas di lidah. Namun, ada juga beberapa negara atau tempat yang tetap menjadikannya sebagai materi bumbu masakan. Tapi tidak banyak.


temuan lainnya yang biasanya bertindak sebagai  Temu Putih dan Beragam khasiatnya
Pada umumnya, temu putih mempunyai kulit ari berwarna sama dengan daging rimpangnya, yaitu putih gading.

Tanaman ini sangat menyerupai dengan temulawak, hanya sanggup dibedakan dari bentuk rimpangnya saja. Dimana rimpang temulawak berukuran lebih besar dan berkulit ari coklat terang, sedangkan rimpang temu putih berukuran kecil dengan kulit ari berwarna coklat pucat. Jika dibelah, daging rimpang temulawak akan nampak berwarna orange sementara rimpang temu putih berwarna putih gading atau kuning pucat.


Kandungan-kandungan senyawa zat yang aktif di dalam rimpangnya yakni kurkumin, minyak atsiri, flavonoid, polifenol, RIP, kurkumanolid A, kurleumanolid B, kloroform, ekstrak petroleum eter, zingiberin, kampen, kampor, resin, borneol, kurdion dan asam metoksisinamat. Sebagai tambahan sifat-sifat kimia beserta masing-masing fungsinya sebagai berikut:





    • Sifat anti-infamasi, berfungsi mencegah dan mengobati banyak sekali macam peradangan di dalam tubuh menyerupai radang tenggorokan, atau radang usus.

    • Sifat anti-oksidan, berfungsi membabat habis radikal bebas di dalam tubuh.

    • Anti-kanker, berfungsi menghambat dan memblokir pertumbuhan sel-sel kanker yang terus membelah.

    • Hepatoprotektor, berfungsi melindungi hati.

    • Anti-mikroba, berfungsi memerangi banyak sekali macam bakteri, virus ataupun jamur yang membandel di dalam tubuh.




temuan lainnya yang biasanya bertindak sebagai  Temu Putih dan Beragam khasiatnya
Temu putih yang telah dikeringkan biasanya dijual dalam bentuk kemasan bubuk.

Dengan kandungan zat dan sifat-sifat alami yang ada pada temu putih, maka rimpangnya sanggup dipercaya untuk mengatasi beberapa gangguan penyakit seperti:



  • Mengatasi kanker


Sama menyerupai temu mangga, temu putih juga sanggup dipercaya mengatasi duduk kasus kanker alasannya yakni juga mengandung RIP yang bersifat anti-neoplastik. Neoplastik atau neoplasma yakni sel-sel absurd dalam tubuh yang terbentuk dari mutasi genetik dan bersifat merusak. Sel-sel absurd tersebut berkembang sangat cepat dan tidak terkendali. Nah, RIP yang bersifat anti-neoplastik ini akan menonaktifkan pertumbuhan dan perkembangan neoplasma dan mematikannya tanpa menyisakan adanya tanda-tanda pembelahan sel rusak lagi.


Begitulah cara kerja kandungan dalam temu putih dalam melawan penyakit kanker. Hal ini dibuktikan kebenarannya dari banyak sekali penelitian diantaranya, penelitian di New York pada tahun 1999 oleh para pakar fakultas farmasi, PPOT UGM Yogyakarta, dan PAU Bioteknologi.



  • Mengatasi tanda-tanda sakit maag


Naiknya asam lambung yang menciptakan seseorang seringkali merasa mual, pusing dan tidak yummy tubuh merupakan reaksi awal tubuh untuk posotif terkena maag. Keadaan ini juga biasa disebut tanda-tanda maag. Sebelum menderita maag parah, sebaiknya harus dicegah sedini mungkin. Ramuan temu putih sanggup dipakai untuk mengatasinya.

Caranya dengan merebus beberapa rimpang temu putih dan meminum air hasil rebusannya. Karena rimpangnya mengeluarkan ekstrak dengan rasa yang sangat pahit, maka sebagai pemberi rasa, bis ditambahkan sedikit madu.



  • Mengobati penyakit miom


Ramuan temu putih sanggup dipakai untuk mengobati penyakit yang banyak ditakuti kaum perempuan ini. Miom yakni sejenis penyakit rahim yang terbentuk dari gumpalan tumor jinak di dinding rahim. Hal ini sangat membahayakan bagi perempuan hamil alasannya yakni akan mempengaruhi kerja plasenta, menjadikan keguguran dan sanggup memicu pendarahan hebat dikala melahirkan.


temuan lainnya yang biasanya bertindak sebagai  Temu Putih dan Beragam khasiatnya
Rimpang temu putih bida ditumbuk atau diparut dan diperas airnya. Ramuan ini sanggup diminum untuk menyembuhkan beberapa penyakit dalam seperti, miom.

Ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit ini sanggup didapatkan dari air rebusan temu putih yang ditambahkan temu mangga. Air rebusannya diminum secara rutin 3 kali sehari. Perhatikan takarannya, hanya diminum 2/3 gelas saja untuk sekali minum. Bisa juga dengan memarutnya, diperas ampasnya, dan meminum air perasannya.



  • Mengatasi stres juga rasa cemas berlebih


Kloroform dan ekstrak petroleum eter telah dibuktikan oleh para hebat sanggup menjadi obat depresi. Keduanya terdapat di dalam temu putih yang juga beraroma terapi sehingga sanggup meregangkan saraf-saraf yang menegang alasannya yakni memperlihatkan imbas rileksasi.



  • Melancarkan peredaran darah


Peredaran darah yang tersumbat sanggup memicu terjadinya penyakit jantung. Namun dengan kandungan zat dan senyawa-senyawa alami di dalam temu putih, maka sirkulasi darah akan tetap stabil sebagaimana fungsi jantung yang memompa darah juga memompa secara teratur.


temuan lainnya yang biasanya bertindak sebagai  Temu Putih dan Beragam khasiatnya
Kapsul temu putih sanggup dijadikan alternatif simpel pengobatan banyak sekali macam penyakit.

Selain sanggup mengatasi masalah-masalah kesehatan di atas, temu putih juga mujarab mengatasi duduk kasus penyakit-penyakit umum yang seringkali diderita orang-orang, menyerupai sakit perut, masuk angin, susah buang air besar, memar dan infeksi pada kulit, keseleo, pegal linu, bisul, diare, menurunkan demam, mengurangi bacin mulut, juga menjadi pelengkap penambah nafsu makan.


Penggunaan ramuan temu putih sebagai obat herbal memang telah terbukti secara klinis juga empiris, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan secara berlebihan sanggup menjadikan hypoglicimia. Hypoglicimia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan kadar gula dalam darah alasannya yakni proses penurunannya sangat drastis. Kaprikornus jangan sembarangan menggunakannya, seperlunya saja.


Untuk informasi mengenai produk bibit tumbuhan temu putih, sanggup eksklusif klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Temu Putih Dan Bermacam-Macam Khasiatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel