-->

iklan banner

Strategi Penetapan Harga Produk Dalam Hubungannya Dengan Pasar

Pada umumnya, harga suatu barang ditentukan oleh biaya produksi dari barang tersebut. Namun, di sini Strategi Penetapan Harga tidak didasarkan pada biaya, tetapi justru harga yang memilih biaya dari perusahaan.

Penjual sanggup memilih harga sama dengan tingkat harga pasar semoga sanggup ikut dalam persaingan, atau sanggup pula ditentukan lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat harga dalam persaingan.

Penetapan Harga Sama dengan Harga Saingan
Sering dijumpai adanya penjual yang menetapkan harga sama dengan harga saingannya. Cara ibarat ini akan lebih menguntungkan kalau digunakan pada ketika harga dalam persaingan itu tinggi. Biasanya penjual memakai cara tersebut untuk barang-barang standard.

Penetapan Harga Di Bawah Harga Saingan
Metode ini biasanya digunakan oleh para pengecer (retailler) dan perusahaan sering tidak mengetahui adanya praktik-praktik tersebut. Mereka memiliki suatu prinsip bahwa mark-up yang lebih rendah akan menghasilkna volume penjualan yang lebih tinggi.

 suatu barang ditentukan oleh biaya produksi dari barang tersebut Strategi Penetapan Harga Produk dalam Hubungannya dengan Pasar
Perbedaan Harga via brooksgroup.com
Mereka juga beropini bahwa nama baik produsen ikut membawa nama baik pengecer. Penetapan harga di bawah harga tentangan ini juga merupakan sauatu cara yang baik bagi perusahaan untuk memasuki pasar yang baru. Oleh lantaran itu, banyak pengecer memakai metode tersebut untuk barang-barang yang permintaannya elastis.

Penetapan Harga Di Atas Harga Saingan
Kadang-kadang produsen dan pengecer menetapkan harga produknya di atas tingkat harga pasar. Metode ini hanya sesuai digunakan oleh perusahaan yang sudah memiliki reputasi atau perusahaan yang menghasilkan barang-barang prestise.

Hal ini disebabkan lantaran konsumen kurang memperhatikan harga dalam pembeliannya, tetapi mereka lebih mengutamakan kualitas atau faktor prestise yang akan diperolehnya dari barang tersebut.

Sumber:
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Penetapan Harga Produk Dalam Hubungannya Dengan Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel