Ruang Lingkup Acara Riset Pemasaran
Bagi perusahaan-perusahaan yang ada di negara maju menyerupai Amerika, riset pemasaran merupakan acara yang sangat penting. Sebab riset pemasaran sangat membantu dalam mencapai tujuan serta keberhasilan perusahaan.
Oleh alasannya yaitu itu, riset pemasaran ini sering menjadi tanggung jawab dari sebuah bagian/departemen tersendiri dalam perusahaan, yaitu Bagian Riset Pemasaran. Adapun kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam riset pemasaran antara lain:
1. Riset Pasar dan Penjualan
- Mengukur potensial pasar
- Menganalisa luas pasar yang dikuasai beserta komposisinya
- Menyelidiki karakteristik pasar
- Menganalisa penjualan
- Menaksir seruan terhadap barang baru
- Membuat ramalan wacana penjualan
- Menetapkan kawasan penjualan
- Mengadakan evaluasi terhadap metode penjualan
- Menganalisa acara para penjual beserta kompensasinya
- Meneliti susukan distribusi
2. Riset Barang
- Meneliti barang-barang saingan
- Menyelidiki barang-barang yang ada
- Mengadakan evaluasi dan pengujian pasar terhadap barang baru
- Meneliti desain dan karakteristik pembungkus
- Menyelidiki bauran produk (product mix)
3. Riset Ekonomi Perusahaan
- Mengadakan peramalan jangka pendek (sampai dengan 1 tahun)
- Mengadakan peramalan jangka panjang (lebih dari 1 tahun)
- Menyelidiki perkembangan perusahaan
- Menyelidiki akal harga
- Menyelidiki lokasi gudang dan lokasi pabrik
- Menyelidiki ekspor dan acara internasional lain
- Menyelidiki acara karyawan perusahaan
4. Riset Periklanan
- Penelitian terhadap motivasi
- Penelitian terhadap media advertensi
- Meneliti keefektivan advertensi
- Meneliti acara periklanan dan praktik penjualan pesaing
5. Riset Lingkungan
- Menyelidiki akibat-akibat lingkungan
- Menyelidiki akal dan nilai-nilai sosial
- Menyelidiki batasan-batasan aturan terhadap periklanan dan promosi
Selain kegiatan-kegiatan tersebut, sesungguhnya masih ada beberapa acara riset pemasaran lainnya. Namun, terlalu banyak untuk disebutkan di sini. Dari sekian acara riset pemasaran yang ada, yang paling banyak dilakukan adalah:
- Penelitian karakteristik pasar
- Pengukuran potensi pasar
- Analisa market-share
- Analisa penjualan
Sumber:
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
0 Response to "Ruang Lingkup Acara Riset Pemasaran"
Posting Komentar