-->

iklan banner

Rpp Ips Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Nht


RPP IPS Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                     Mata Pelajaran              : IPS
                     Kelas / Semester           : V / II
                     Alokasi Waktu              : 3 x 35 Menit
                     Siklus / Pertemuan        : I / 1

STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghargai peranan tokoh p0juang dan  masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
       2.1  Mendeskripsikan  perjuangan  para tokoh p0juang  pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
INDIKATOR
-        Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia
-        Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda
I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
       Melalui penjelasan singkat guru, tanya akhir dan kerja kelompok, diharapkan anakdidik mampu :
       a. Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia dengan benar
       b. Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda dengan benar
II.   MATERI PEMBELAJARAN
       - Perjuangan  melawan penjajahan Belanda dan Jepang
III.  METODE PEMBELAJARAN
       1. Tanya jawaban
       2. Ceramah
       3. Kerja kelompok
       4. Model pembelajaran Cooperative learning tipe NHT

IV.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
       a.  Kegiatan Awal
            1. Memdiberi salam dan berdoa
            2. Mengecek kehadiran anakdidik
            3. Menyiapkan media dan instrumen evaluasi
            4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
            5. Apersepsi: Tanya akhir wacana pembelajaran sebelumnya
6. Guru Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran berkelompok berupa penataan meja dan daerah duduk siswa.
       b.  Kegiatan inti
1.  Guru memdiberi penjelasan singkat kepada anakdidik wacana faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan belanda terhadap indonesia serta penderitaan rakyat Indonesia.
2.  Murid dibagi dalam kelompok kecil yang heterogen yang di dalamnya terdiri dari ....... anakdidik tiap kelompok.
3.  Guru membagi nomor kepada setiap anakdidik dalam kelompok
4.  Murid didiberi lembar kerja kelompok
5.  Murid mengerjakan kiprah kelompok, dan harus dikerjakan secara bersama-sama.
6. Guru sebut satu nomor dan para anakdidik dari setiap kelompok mengangkat tangannya sesuai nomor yang disebut untuk menjawaban pertanyaan sesuai dengan yang ada di lembar kerja.
7. Guru memperjelas jawabanan dari anakdidik, kemudian memdiberi penghargaan kepada anakdidik.
8.  Memdiberi evaluasi individu

       c.  Kegiatan final
           1. Guru dan anakdidik tolong-menolong menyimpulkan materi pelajaran
           2. Guru memdiberi motivasi kepada anakdidik untuk mencar ilmu
V.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
       a. Buku paket IPS SD kelas 5 penerbit pusat pembukuan Depdiknas hal. 133-149
       b. Silabus KTSP
       c. Media berupa gambar-gambar
       d. Lembar Kerja
VI.  PENILAIAN
       a. Tehnik evaluasi         : Tertulis
       b. Bentuk tes                 : Essay
       c. Prosedur Penilain       :  Proses dan Hasil

Sumber http://rumus-matematika1.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Ips Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Nht"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel