-->

iklan banner

Perumusan Fungsi Administrasi Oleh Para Ahli

Fungsi Manajemen ialah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manajer dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai pejabat manajemen, baik pejabat administrasi pada tingkat atas, tingkat menengah, ataupun tingkat bawah terlepas dari organisasi besar atau kecil.

Jadi fungsi itu merupakan kegiatan yang niscaya dilakukan dalam keadaan apa saja, dan oleh siapa saja yang memiliki predikat manajer. Hal ini kiranya tidaklah mengherankan, alasannya ialah bagaimanapun sifat tujuan yang hendak dicapai organisasi, corak kegiatan administrasi itu niscaya ada.

Namun walaupun demikian, skala tempat dari masing-masing level administrasi itu berbeda satu sama lain. Misalnya pada tingkat atas administrasi itu bersifat menyeluruh dan berlaku bagi seluruh organisasi, pada tingkat menengah fungsi itu bersifat departemental, dan pada tingkat bawah fungsi itu bersifat pengawasan (supervision).

Tentang perumusan fungsi manajemen, di kalangan para teoretisi, para sarjana hingga remaja ini belum ditemukan kata sepakat, terbukti banyak ditemukannya banyak sekali perumusan-perumusan atau ungkapan-ungkapan dengan istilah yang bermacam-macam.

Keanekaragaman istilah-istilah atau ungkapan-ungkapan kiranya bermanfaat pula bagi perkembangan ilmu pengetahuan administrasi pada waktu-waktu mendatang. Sebab pada hakikatnya, perbedaan pendapat dan tidak adanya kesatuan contoh berfikir bukanlah factor penghalang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Beberapa perumusan fungsi administrasi yang dimaksudkan di atas yang banyak menghiasi karya-karya dalam bidang ini misalnya:

Menurut GR Terry, dalam bukunya yang berjudul Principle of Management mengemukakan pembagian terstruktur mengenai fungsi administrasi itu menjadi 4 jenis, yaitu:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling

Menurut Harold Koont & CO Donnel dalam bukunya yang berjudul Principle of Management mengemukakan fungsi administrasi sebagai beikut:
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Controlling
 ialah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manajer dalam rangka menjalankan tugasny Perumusan Fungsi Manajemen Oleh Para Ahli
Fungsi Manajemen via usercontent2.hubimg.com
Menurut Henry Fayol, fungsi-fungsi administrasi itu meliputi:
1. Planning
2. Organizing
3. Commanding
4. Coordinating
5. Controlling

Menurut Luther M. Gullick, fungsi-fungsi administrasi itu meliputi:
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Coordinating
6. Reporting
7. Budgeting

Menurut SP. Siagian, MPA dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Administrasi", merumuskan fungsi-fungsi administrasi menjadi:
1. Planning
2. Organizing
3. Motivating
4. Controlling
5. Evaluating

Menurut Drs. The Liang Gie dalam bukunya yang berjudul "Pengertian, Kedudukan, dan Peincian Ilmu Administrasi", merumuskan fungsi-fungsi administrasi itu menjadi:
1. Perencanaan
2. Pembuatan keputusan
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengontrolan
6. Penyempurnaan

Menurut Parikesit Cokroprawiro dalam bukunya yang berjudul "ABC Management", merumuskan fungsi-fungsi administrasi menjadi:
1. Research
2. Planning
3. Organizing
4. Staffing
5. Directing
6. Controlling

Setelah mengadakan analisa seperlunya dari banyak sekali perumusan fungsi administrasi sebagaimana dikemukakan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa pada prinsipnya terdapat persamaan ajaran terhadap problem dan batasan ruang lingkup yang dikemukakan.

Hanya saja beliau-beliau mengemukakan dengan ungkapan-ungkapan yang berbeda-beda. Dari banyak sekali pembagian terstruktur mengenai yang dibentuk sepertinya tidak terdapat perbedaan yang prinsipiil. Makara semata-mata hanya alasannya ialah mereka melihat dari posisi, kondisi, dan situasi yang berlainan, ataupun dengan beling mata yang tidak sama.

Ibarat orang menempuh  jarak, walaupun jarak yang ditempuh itu sama, tetapi alasannya ialah mereka itu memiliki kondisi yang berbeda, maka tidaklah tidak mungkin jikalau pos-pos yang dibentuk merekapun juga tidak sama.

Sumber:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. dalam bukunya “Fungsi Manajemen”

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perumusan Fungsi Administrasi Oleh Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel