-->

iklan banner

Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Android merupakan sistem operasi yang fleksibel. Setiap smartphone Android, biasanya mempunyai versi Android yang berbeda tergantung siapa yang membuatnya. Android Go dan Android One merupakan varian gres yang siap makin memusingkan anda dengan pilihan Android yang sudah banyak. Lalu, apa perbedaan Android Go dan Android One?

Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Di artikel ini, mari kita sama-sama bahas, apa perbedaan Android Go dan Android One dan kenapa anda akan membelinya suatu dikala nanti. 2 varian ini ditujukan untuk pengguna dan perangkat keras yang berbeda. Langsung saja, ini ia penjelasannya.

Apa itu Android Go?

Android Go merupakan versi Android yang sangat di meningkatkan secara optimal yang di desain untuk dijalankan di smartphone dengan harga murah dan spesifikasi rendah. Oleh alasannya itu, Android Go sangat cocok bagi negara berkembang, menyerupai Indonesia. Apalagi di Indonesia masih banyak yang belum mempunyai smartphone.

Lalu, versi Android mana yang pertama kali diberikan label “Go”? Jawabannya yaitu Android Oreo 8.1. Nama lengkapnya kini menjadi Android Oreo (Go Edition). Sehingga nanti di pasaran, akan ada smartphone dengan Android Oreo biasa dan ada juga Android Oreo versi Go. Ada 3 kondisi dimana Android Go coba perbaiki untuk kenyamanan pengguna, yaitu sebagai berikut:

  1. Lambat, tidak sanggup diandalkan, atau harga internet yang mahal.
  2. Pengguna jarang sanggup mengisi baterai.
  3. Smartphone murah yang mempunyai spesifikasi rendah.

Lalu, apa yang menciptakan Android Go sangat cocok untuk smartphone harga murah dan dengan spesifikasi rendah? Berikut rahasianya.

Android Go: Fokus ke meningkatkan secara optimal sistem operasi

Android Go memang sangat cocok untuk spesifikasi smartphone yang rendah. Smartphone dengan RAM 512 MB sampai 1 GB sanggup dipakai untuk Android Go. Bahkan Android Go hanya memakan setengah saja dari ukuran memori internal-nya bila dibandingkan dengan varian Android lainnya. Dengan ukuran sistem operasi yang lebih ringan, tentu berdampak kepada penggunaan RAM yang lebih ringan pula.

Android merupakan sistem operasi yang fleksibel Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Selain meningkatkan secara optimal sistem operasi yang signifikan, Google melaksanakan meningkatkan secara optimal juga kepada aplikasi yang terpasang. Tentunya yang di meningkatkan secara optimal yaitu aplikasi dari Google menyerupai Maps, Youtube, Gmail, Assistant, dan masih banyak lagi. Biasanya smartphone yang kita beli pun mempunyai aplikasi menyerupai itu, namun ukurannya lebih besar, sehingga lebih berat.

Developer pihak ketiga pun di dukung oleh Google untuk menciptakan aplikasi mereka ke versi Go menyerupai aplikasi Google. Aplikasi tersebut nantinya sanggup di unduh di Play Store versi Go juga. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah menciptakan versi Go-nya yaitu Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Tentu semakin usang semakin banyak aplikasi pihak ketiga yang ikutan juga.

Semua perubahan ini menciptakan Android Go mempunyai performa yang anggun di smartphone dengan spesifikasi rendah. Hal itu juga berdampak pada daya tahan baterai yang meningkat pula, alasannya Android Go juga membatasi proses latar belakang pada aplikasi. Bahkan terdapat fitur Data Saving untuk menghemat kuota internet anda dan sudah dihidupkan sejak anda membeli smartphone Android Go.

Memang Android Go sangat cocok bagi kita yang gres pertama kali mengenal web atau gres membeli smartphone untuk pertama kali. Android Go sanggup dipastikan akan diminati banyak orang.

Android Go di Indonesia

Sampai artikel ini diturunkan, belum ada ponsel Android Go yang sanggup anda temukan di Indonesia. Namun sanggup dipastikan bahwa tahun ini, ponsel Android Go sanggup anda dapatkan di toko-toko terdekat. Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Apa itu Android One?

Android merupakan sistem operasi yang fleksibel Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Android One yaitu varian Android yang tidak di modifikasi oleh vendor pihak ketiga, sehingga varian ini merupakan varian Android ‘murni’. Orang-orang biasanya memanggil varian ini sebagai “stock Android”. Karena tidak diubah oleh vendor pihak ketiga, tidak ada perubahan tampilan maupun aplikasi ekstra ketika anda membelinya serta di jamin akan mendapat update sampai 2 tahun.

Tidak semua perangkat yang menggunakan stock Android bisa dikatakan sebagai smartphone Android One. Karena ada beberapa syarat yang pihak ketiga harus oke semoga smartphone mereka dikenal dengan Android One. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Semua ponsel harus mempunyai logo Android One yang dicetak pada bab belakang.
  2. Pihak ketiga harus oke untuk memperlihatkan update ke sistem operasi dan juga update keamanan.
  3. Jumlah aplikasi pihak ketiga yang terinstal akan di jaga ketat.

Contoh vendor pihak ketiga yang baru-baru ini mengumumkan memakai Android One yaitu Nokia. Tidak tanggung-tanggung, seluruh lini smartphone Nokia nantinya akan memakai Android one. Tidak semua perusahaan pihak ketiga mengikuti jejak Nokia, ada pihak lain yang hanya beberapa tipe smartphone saja yang menggunakannya. Contohnya saja yaitu HTC U11 dan Moto X4.

Keunggulan Android One

Kita semua tahu bahwa Google-lah selaku pemegang lisensi dari sistem operasi Android dan di open source-kan, sehingga orang lain sanggup memodifikasinya. Nah, Android versi yang tidak di modifikasi oleh pihak ketiga inilah yang dipakai oleh Android One. Karena tidak di modifikasi, Android One menjadi lebih mudah dipakai dan juga lebih gampang untuk diberikan update. Seluruh smartphone yang memakai Android One pun mempunyai tampilan yang sama, sehingga anda tidak galau kalau memakai ponsel brand lain.

Android merupakan sistem operasi yang fleksibel Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenai aplikasi yang terpasang, banyak aplikasi dari Google yang terpasang. Ada pula aplikasi non-Google yang terpasang, namun sekali lagi pihak ketiga tidak sanggup sembarangan dalam menyertakan aplikasi. Kaprikornus anda tidak akan menemukan aplikasi duplikat layaknya anda membeli smartphone tanpa Android One.

Seluruh ponsel dengan Android One mendapat 2 tahun update dari Google dan diberikan eksklusif ke pihak ketiga semoga di distribusikan. Kemudian, ada 3 tahun update keamanan yang diberikan setiap bulannya eksklusif dari Google. Ponsel Android One pun mempunyai harga yang bervariasi, mulai dari level budget hingga ponsel flagship.

Android One di Indonesia

Android merupakan sistem operasi yang fleksibel Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Setelah penulis mencari-cari ponsel Android One di Indonesia, penulis hanya menemukan 1 smartphone yang secara resmi dijual di Indonesia, yaitu Xiaomi Mi A1. Berikut spesifikasi singkat dari Xiaomi Mi A1:

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 625
RAM: 4 GB
ROM: 32 GB dan 64 GB
Layar: 5,5 inch 1080p dengan Corning Gorilla Glass 3
Kamera: Dual: 12 MP + 12 MP Phase Detection Autofocus
Baterai 3080 mAh
Lainnya: Sensor Fingerprint, Gyro, Proximity, dan Accelerometer
Spesifikasi Lengkap: Xiaomi Mi A1 – GSMArena
Pembelian (Lazada) Xiaomi Mi A1 32 GB (Rp. 2.599.000)Xiaomi Mi A1 64 GB (Rp. 2.999.000)

Selain Xiaomi Mi A1, penulis menemukan Motorola X4, namun memakai garansi Singapura. Jika anda ingin membelinya, anda sanggup membeli Motorol X4 di Tokopedia dengan harga Rp. 6.649.000.

Lalu, varian Android mana yang cocok untuk saya?

Setelah membaca perbedaan Android Go dan Android One, maka mungkin anda bertanya pertanyaan diatas. Walaupun terkesan menyerupai antara Android One dan Android Go alasannya tetap anda akan mendapat pengalaman penuh dalam memakai Android apapun varian yang anda pilih. Lalu, yang mana anda pilih?

Pilih Android Go jika…

  • Anda sedang dalam keadaan dompet minim, atau
  • Anda hanya ingin menggunakannya untuk kebutuhan dasar, atau
  • Performa tidak menjadi prioritas anda

Pilih Android One jika…

  • Anda tidak bahagia kalau smartphone anda dibekali aplikasi yang tak dikenal, atau
  • Anda ingin mendapat pengalaman Android murni tanpa banyak perubahan oleh pihak ketiga, atau
  • Anda bahagia melaksanakan perubahan sendiri dengan memasang Launcher atau Icon yang ada di Play Store, atau
  • Update bersiklus menjadi prioritas anda

Kesimpulan

Sekarang sudah terang perbedaan Android Go dan Android One serta mana varian yang harus anda pilih dengan membaca artikel ini. Apakah dengan membaca artikel ini, anda akan membeli smartphone Android kedepannya? Atau anda mempunyai pendapat lain mengenai artikel ini? Jangan lupa ketik di kotak komentar.

Sekian artikel Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlangganan dengan cara Like Facebook maupun berlangganan via email.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Android Go Dan Android One: Semua Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel