-->

iklan banner

Pengertian Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

 Iptek yakni kependekan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Apa itu IPTEK ??? Iptek yakni kependekan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pengertian ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur berdasarkan suatu tingkah laris sistem. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan perihal suatu bidang yang disusun secara bersistem berdasarkan metode tertentu yang sanggup dipakai untuk menandakan gejala-gejala tertentu. Adapun beberapa definisi ilmu berdasarkan para andal menyerupai yang dikutip oleh Bakhtiar tahun 2005 diantaranya yakni :

a. Mohamad Hatta, mendefinisikan ilmu yakni pengetahuan yang teratur perihal pekerjaan aturan kausal dalam suatu golongan dilema yang sama tabiatnya, maupun berdasarkan kedudukannya tampak dari luar, maupun berdasarkan bangunannya dari dalam.

b. Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag, menyampaikan ilmu yakni yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan ke empatnya serentak.

c. Karl Pearson, menyampaikan ilmu yakni lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten perihal fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.

d. Ashley Montagu, menyimpulkan bahwa ilmu yakni pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk memilih hakikat prinsip perihal hal yang sedang dikaji.

e. Harsojo menandakan bahwa ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang disistemasikan dan suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia yang terikat oleh faktor ruang dan waktu, dunia yang pada prinsipnya sanggup diamati oleh panca indera manusia. Lebih lanjut ilmu didefinisikan sebagai suatu cara menganalisis yang mengijinkan kepada ahli-ahlinya untuk menyatakan suatu proposisi dalam bentuk : “ jikalau .... maka “.

f. Afanasyef, menyatakan ilmu yakni insan perihal alam, masyarakat dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, kategori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis.

Teknologi
Teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berarti pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan, mekanisme dan metode yang dipakai pada banyak sekali cabang industri. Berikut ini definisi teknologi berdasarkan para ahli:

a. Menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), teknologi yakni seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang dipakai dalam waktu dan kawasan tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia

b. Menurut Mardikanto (1993), teknologi yakni suatu sikap produk, informasi dan praktek-praktek gres yang belum banyak diketahui, diterima dan dipakai atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan. 

c. Wikipedia.org mendefenisikan teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang sanggup dipakai dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.

Jadi kesimpulannya, ilmu pengetahuan memiliki teori-teori atau rumus-rumus yang tetap, dan teknologi merupakan praktek atau ilmu terapan dari teori-teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Jika tidak ada ilmu pengetahuan, teknologi tidak akan ada. Itu berdasarkan versi saya, bagaimana dengan kawan-kawan ???

Sumber http://tugasku-4u.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel