-->

iklan banner

√ Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Tugas Dan Perilaku Positif

Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Pembahasan kali ini mengenai tugas pancasila sebagai ideologi terbuka, dari pengertian pancasila sebagai ideologi hingga sikap positi terhadap pancasila dalam kehidupan sehari – hari mau pun potitik. Berikut klarifikasi pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka. Ide yang dipakai untuk ideologi terbuka berkembang sejak tahun1985, alasannya ialah pancasila sedang berada di tengah ideologi bangsa lain.


Pancasila sebagai ideologi terbuka harus mempunyai sifat yang terbuka, luwues, fleksibel dan tidak kaku, jadi tidak tertinggal jaman. Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka ialah pancasila harus sanggup melaksanakan pembiasaan degnan jaaman, bukan alasannya ialah nilai yang terkandung di dam pancasila sanggup diganti dengan nilai dasar lain yang menghilangkan jati diri bangsa indonesia.


Arti yang ada pada pancasila sebagai ideologi terbuka ialah nilai dasar pancasila ibarat ketuhanan, kemanusiaan, kerakyatan, dan keadilan sanggup dikembangkan dengan dinamika kehidupan bangsa indonesia dengan tuntutan perkembangan jaman yang kreatif dan memperhatikan tingkan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi pada masyarakat Indonesia dan tidak keluar dari eksistensi dan jadi diri bangsa Indonesia.


Sikap Positif Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka √ Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Peran dan Sikap Positif


Sebagai ideologi terbuka pancasila sebaiknya sanggup memberi orientasi kedepan yang setiap warga negara harus sadar wacana kehidupan yang akan dihadapi di kemudian hari. Apalagi ketika menghadapi masa globalisasi dan keterbukaan. Pancasila sebagai ideologi meyetujui warga negara Indonesia selau bertahan dalam jiwa dan budaya Indonesia dan di dalam ikan ikatan kesatuan republik Indonesia.


Peran Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka


Pancasila sebagai ideologi terbuka merupakan ideologi yang munvul dari jati diri arna negara Indonesia. Pancasla sebagai ideologi hanya satu yang ada di dunia yaitu hanya di Indonesia. Pelaksanaan pancasila sebagai ideologi terbuka, pancasila mempunyai peranpenting dam menyikapi berkembangnya zaman. Sebagai warga nega haru sanggup menjaga pancasila biar kokoh dan tidak gampang oeleh idealisme yang akan memojokkan pancasila. Beberapa tugas pancasila sebagai ideologi yaitu :



  1. Ideologi pancasila harus sanggup melaksanakan pembiasaan diri dengan situasi dankondisi jaman yang akan selalu mengalami perubahan.

  2. Panasila sebagai ideologi terbuka harus mengandung arti nilai dasar pancasila sanggup dikembangkan sesuai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.

  3. Pancasila harus sanggup mengikuti perkembangan jaman dengan kreatif tapi tetap memperhatikan kebutuhan danperkembangan masyarakat Indonesia.

  4. Pancasila sebagai ideologi terbuka harus sanggup memberi orientasi yang mewajibkan arga negara harus selalu sadar dengan situasi kehidupan yang sedang atau pun akan dihadapi, apalagi menghadapi globalisaai danketerbukaan.

  5. Ideologi pancasila meminta agara warga negara tetap pada jiwa dan budaya bangsa dalam ikatan NKRI.


Nilai Nilai Pancasila Sebagai ideologi Negara


Warga negara Indonesia mengakui jikalau pancasila sebagai ideologi terbuka mempunyai tiga hal yang fleksibilitas diantaranya nilai dasar, nilai instrument, dan nilai mudah berikut penjelasannya.



  1. Nilai dasar


Nilai yng merupakan asas yang diterima aebagai dalil mutlak. Nili yang bersumber dari nili budaya dan masyarakat Indonesia sendiri yang sudah sesuai dengan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 yang mencerminkan hakikat nilai budaya. Tak hanya itu hal ini sudah ada di pembukan Undang-Undang Dasar 1945. Wujud nyata nilai dasar ialah sila 1 hingga sila 5 yang ada di pancasila.



  1. Nilai instrument


Nilai yang pelaksanaannya dari nilai dasar. Biasanya melaksanakannya dalam wujud norma sosial atau norma aturan yang dibantu dengan forum yang sesuai dengan kebutuhan kawasan dan waktu. Nilai ini mempunyai kedudukan yang lebih rendah dari nilai dasar tapi sanggup diwujudkan nilai umum menjadi nilai faktual dan sesuai dengan perkembangan jaman. Hai ini sudah ada di bagain batang badan Undang-Undang Dasar 1945, ketetapan MPR, Peraturan prundang – permintaan dan keputusan presiden.



  1. Nilai praktis


Nilai praktis, nilai yang dilakukan dalam kehidupan setiaphari. Nilai ini yang gotong royong menjadi materi ujian. Apa benar nilai dasar dan instrument benar hidup dalm masyarakat atau tidak. Dalam hal ini nilai mudah ibarat menghormati, kerukunan, dan gotong royong sanggup dilakukan dalam sikap, perbuatan dan tingkah kemudian sehari – hari.


Sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bermasyarakat ialah sikap positif terhadap pancasila untuk pandangan hidup bangsa yang melaksanakan pancasila dalam kehidupan sehari – hari, memakai pancasila sebagai pedoman atau petunjuk hidup setiap hari supaya hidup sejahterah. Pelaksanaan pancasila dalam kehidupan sehari – hari sanggup dibilang pengalaman pancasila secara subjektif.


Pengalaman ini biasanya ada pada bidang yang luas ibarat bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, agama dan kepercayaan. Tidak hanya itu sanggup mencakup di lingkungan hidup eksklusif maupaun keluarga, sekolah dan masyarakat.


Contoh Sikap Positif Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka


Berikut beberapa teladan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan baik di lingkungan sekolah, dalam keluarga dan di masyarakat sebagai berikut :



  • Mengamalkan nilai pancasila

  • Menghormati anggota keluarga

  • Menjaga nama baik keluarga

  • Menciptkan kerukunan berkeluarga

  • Menjaga kemanan dan ketertiban sekolah

  • Tidak menbedakan sobat ketika bergaul

  • Menghormati sobat ketika sedang melaksanakan ibadah

  • Selalu menaati peraturan sekolah

  • Menghormati kepercaan atau agama orang lain

  • Mengakui samanya drajat, hak dan kewajiban antar sesame warga negara

  • Menaati peraturan yang ada di masyarakat

  • Menjaga kerukunan antar masyarakat


Contoh Keterbukaan Ideologi Pancasila dalam Bidang Politik



  • Digunakannya bentuk pemerintah demokrasi pancasila


Pancasila lahor sebelum indinesia merdeka, dan bentuk pemerintahan Indonesia selal berubah tetapi tetap sesuai dengan pancasilah.



  • Diadopsi sistem pemrintahan presidensial


Sekkau terjadi perubhan  baik sistem permerintah dan penyesuan diri kebutuhan tetapi selalu menimbulkan pancasila sebagi banteng.



  • Bentuk negara kesatuan republik Indonesia


Meskipun banyak perlakukan disintergra bangsa yang mengancam kesatuan tapi untuk menjaga NKRI selau dilakukan dengan segenap hati oleh masyarakt Indonesia yang berpegang teguh pada pancasila.



  • Adanya sistem perwakilan rakyat


Dalam dunia perpolitikan dijadikan sisem perwakilan rkyat yang mempunyai kekuatan yang berpengaruh ketika masa demokrasi parlementer.



  • Dijunjungnya kemerdekaan menawarkan pendapat di muka umum


Bisa mengemukan pendapat di muka umu ialah salah satu hak asasi insan yang dijunjung dengan adanya pancasila.  Dalam politik memberikan pendapat ialah satu unsur penting dalam eksistensi politik. Pada pemerintahan diktatorial banyak pendapat masyarakat yang dibungkam.


Contoh Sikap Positif Terhadap Pancasila Sila Pertama


Berikut beberapa teladan sikap positif terhadap pancasila sila pertama baik dilingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat sebagai berikut :



  • Melakukan kegiatan keagamaan, ibarat shalat dan berdoa saaat akan melaksanakan kegiatan apapun

  • Melakukan pernikahan, selametan anak, dan upacara kematian

  • Melakukan syukuran ketika mendapat kebahagian atau mendapat berkah dari tuhan

  • Menjaga sillahturahmi sesame anggota kelaurga

  • Mendalami, berdiskusi, mendenganrkan cermah dan mengkaji aliran agama masing – masing.

  • Mengikuti dan mendengarkan ceramah agama di sekolah

  • Mengikuti lomba ketika memperingati program keagamaan

  • Menghormati bapak dan ibu guru

  • Berdoa ketika akan memulai dan mengakhiri pelajaran maupun program pengibaran benera

  • Mengikuti peringatan hari besar kegamaan

  • Memberikan pemberian untuk pembuatansarana danprasarana kegiatan ibadah

  • Berpartisipasi kegiatan agama dimasyarakat

  • Menengok, mendoakan, dan mengantarkan tetangga yang meninggal ke pemakaman

  • Menengok dan membantu tetangga yang terkena musibah, sakit


Baca juga : Ideologi Pancasila


Demikianlah serangkaian gosip mengenai materi tugas ideologi pancasila beserta sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka. Semoga dengan adanya rangkaian gosip diatas sanggup menawarkan manfaat dan nilai positif untuk sobat sahabat semuanya.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Tugas Dan Perilaku Positif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel