-->

iklan banner

Manfaat Penggunaan Dan Tujuan Pemasangan Mulsa Plastik

Mulsa plastik dipasang dan digunakan untuk banyak sekali tujuan dan manfaat pada budidaya aneka tanaman.

Mulsa plastik atau plastik mulsa merupakan produk selembar plastik yang digunakan untuk menutup tanah bedengan atau lahan pada pembudidayaan tanaman. Mulsa, atau dalam Bahasa Inggris disebut mulch, sangat berkhasiat untuk menghambat tumbuhnya gulma, melindungi tanah dari erosi, menjaga struktur tanah biar tetap baik, serta menjaga kelembaban tanah.


Mulsa plastik biasanya digunakan untuk aneka flora hortikultura, terutama jenis sayur-sayuran menyerupai cabe, sayuran daun, atau juga pada budidaya tanaman buah-buahan menyerupai semangka atau melon.


Plastik mulsa merupakan jenis mulsa yang anorganik (ada juga mulsa organik yang biasa digunakan contohnya sekam padi, jerami, dedaunan kering, dll). Sekali pun tergolong anorganik, penggunaannya ramah lingkungan alasannya terbuat dari polietilena yang densitas atau kepadatannya rendah.


Jenis Plastik Mulsa


Mulsa plastik dipasang dan digunakan untuk banyak sekali tujuan dan manfaat pada budidaya aneka Manfaat Penggunaan dan Tujuan Pemasangan Mulsa Plastik
Dahulu mulsa yang dikenal hanyalah mulsa yang sifatnya organik, contohnya jerami, dedaunan kering, dll. Namun seiring berkembangnya jaman dan teknologi pertanian, mulsa plastik simpel dan murah didapatkan serta lebih baka tahan lama.

Ada banyak jenis plastik mulsa, dan pembedaannya dilakukan atas banyak sekali faktor, contohnya warna serta intensitas sinar matahari yang sanggup diteruskan, yaitu:



  1. Mulsa plastik putih

  2. Mulsa plastik merah

  3. Mulsa plastik biru

  4. Mulsa plastik hitam

  5. Mulsa plastik perak

  6. Mulsa plastik perak perak, kedua sisi warna perak

  7. Mulsa plastik hitam perak (disingkat MPHP), yaitu satu sisi warna hitam dan satu sisi warna perak.


Mulsa plastik dipasang dan digunakan untuk banyak sekali tujuan dan manfaat pada budidaya aneka Manfaat Penggunaan dan Tujuan Pemasangan Mulsa Plastik
Beragam warna mulsa plastik. Pada gambar di atas sanggup dilihat ada satu yang berwarna merah, sedangkan yang lainnya berbeda warna. Warna mulsa menghipnotis kondisi sekitar flora nantinya sehabis dipasang.

Warna mulsa akan menghipnotis besar kecilnya jangkauan tembusan radiasi matahari yang diterima dan diteruskan ke permukaan dan lapisan tanah, serta cahaya yang dipantulkan oleh mulsa juga akan menghipnotis kondisi sekitar tanaman.


Plastik Mulsa Hitam Perak Paling Populer


Jenis mulsa yang paling banyak digunakan yakni mulsa plastik hitam perak, alasannya mempunyai dua fungsi. Jenis ini diperkenalkan oleh teknologi dari Jepang dan Taiwan.



  • Warna perak akan memantulkan sinar matahari sehingga air tanah lebih sedikit menguap dan hama enggan tiba alasannya silau (sama menyerupai pemanfaatan aluminium foil pada sistem hidroponik), serta sanggup menghindarkan flora dari serangan hama bawah daun contohnya aphid, tungau, thrips, ulat, serta jamur atau cendawan.

  • Sedangkan warna hitam akan menghalangi tumbuhnya gulma dan menjaga tanah tetap lembab. Untuk pemasangan mulsa jenis ini, biasanya sisi warna perak digunakan untuk atas dan sisi warna hitam digunakan untuk bawah.


Keuntungan Menggunakan Plastik Mulsa


Mulsa plastik dipasang dan digunakan untuk banyak sekali tujuan dan manfaat pada budidaya aneka Manfaat Penggunaan dan Tujuan Pemasangan Mulsa Plastik
Penggunaan mulsa plastik hitam atau black mulch plastic sheet.

Berikut ini yakni beberapa kelebihan dan laba memakai mulsa plastik.



  1. Masa panen lebih cepat (beberapa penelitian mengatakan penggunaan mulsa menyebabkan masa panen lebih cepat 7-14 hari)

  2. Hasil panen meningkat

  3. Penggunaan air lebih hemat

  4. Mengurangi penguapan air atau evaporasi

  5. Meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi pada tanaman, terutama pada zona akar

  6. Kehilangan unsur hara pupuk lebih diminimalisir alasannya fatwa air tertahan oleh plastik mulsa sehingga tidak tercuci


Plastik mulsa hitam perak yang kami jual yakni merek KUDA, berkualitas sangat bagus, harga murah, tidak simpel robek, serta penggunaan lebih awet, sanggup digunakan 2-3 kali. Lihat produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Penggunaan Dan Tujuan Pemasangan Mulsa Plastik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel