-->

iklan banner

Manfaat Kepuasan Konsumen

Menurut Francis Buttle (2007: 28) “Naiknya tingkat kepuasan akan meningkat pula kecenderungan konsumen untuk kembali membeli produk yang ditawarkan perusahaan”.

Pada gilirannya kondisi ini akan mensugesti sikap beli konsumen dan berdampak sangat signifikan terhadap performa bisnis perusahaan.

Manfaat membuat kepuasan pelanggan membawa efek yang besar bagi perusahaan. Ali Hasan (2013) menyatakan manfaat kepuasan pelanggan mencakup :

1. Pendapatan
Efek kepuasan pelanggan terhadap kinerja pendapatan atau keuntungan jangka panjang (performance measures reflecting long-term profitability) dibuat oleh banyak sekali dimensi strategis yang lebih kompetitif melalui kesetiaan merek, mutu produk, asosiasi merek/ perusahaan, sanak keluarga berharga, acara produksi baru, kemampuancapaian karyawan dan manajer.

2. Reaksi Terhadap Produsen Berbiaya Rendah
Pemotongan harga dianggap oleh banyak perusahaan menjadi senjata ampuh untuk meraih pangsa. Banyak pelanggan yang bersedia membayar harga lebih mahal untuk pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik. Strategi fokus pada kepuasan pelanggan merupakan alternatif terbaik dalam mempertahankan pelanggan untuk menghadapi para produsen berbiaya rendah.

Kepuasan Konsumen via blog.readytomanage.com
3. Manfaat Ekonomis
Dengan  memertahankan dan memuaskan pelanggan ketika ini jauh lebih gampang dibandingkan terus-menerus berupaya menarik atau memprospek pelanggan baru, biaya memertahankan pelanggan lebih murah dibandingkan biaya mencari pelanggan baru.

4. Reduksi Sensitivitas Harga
Pelanggan yang puas terhadap sebuah perusahaan cenderung lebih jarang menawar harga untuk setiap pembelian individualnya. Kepuasan pelanggan mengalihkan fokus pada harga pelayanan dan kualitas.

5. Key Sukses Bisnis Masa Depan
Dalam hal ini, terdapat empat hal, yaitu:
  • Kepuasan pelanggan merupakan seni administrasi bisnis jangka panjang, membangun dan memperoleh reputasi produk-perusahaan dibutuhkan waktu yang cukup lama, diharapkan investasi besar pada serangkaian acara bisnis untuk membahagiakan pelanggan.
  • Kepuasan pelanggan merupakan indikator kesuksesan bisnis di masa depan yang mengukur kecenderungan reaksi pelanggan terhadap perusahaan di masa yang akan datang.
  • Program kepuasan pelanggan relatif mahal dan hanya mendatangkan keuntungan jangka panjang yang relatif lama.
  • Ukuran kepuasan pelanggan lebih prediktif untuk kinerja masa depan sekalipun tidak mangabaikan data akuntansi.
6. Word-Of-Mouth Relationship
Pelanggan yang puas sanggup menyebabkan korelasi antara perusahaan dan pelanggan menjadi harmonis, menunjukkan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, menjadi advocator bagi perusahaan terutama ketika reputasi perusahaan atau produk dilecehkan oleh orang lain, serta membentuk rekomendasi positif dari lisan ke lisan yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Penulis: Veronica

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Kepuasan Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel