-->

iklan banner

Macam-Macam Gaya Berpikir Dalam Otak

yang mencakup pemikir sekuensial nyata  Macam-Macam Gaya Berpikir dalam Otak

Macam-macam gaya berpikir dalam otak yang mencakup pemikir sekuensial nyata (SK), pemikir acak nyata (AK), pemikir acak abnormal (AA), dan pemikir sekuensial abnormal (SA).

Untuk memilih dominasi otak dan bagaimana kita memproses informasi, kita memakai model yang awalnya dikembangkan oleh Anthony Gregorc, profesor di bidang kurikulum dan pengajaran di Universitas Connecticur. Kajian investigatifnya menyimpulkan adanya dua kemungkinan dominasi otak :
1. Persepsi nyata dan abstrak
2. Kemampuan pengaturan secara sekuensial (linear) dan acak (nonlinear)

Ini sanggup dipadukan menjadi empat kombinasi kelompok sikap yang kita sebut gaya berfikir Anda. Gregorc menyebut gaya-gaya ini sebagai sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, acak abstrak.

Orang yang termasuk dalam dua katergori “sekuensial” cenderung mempunyai dominasi otak kiri, sedangkan orang-orang yang berfikir secara “acak” biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan. Di bawah ini, ada 4 macam gaya berfikir :

1. Pemikir Sekuensial Konkret (SK)
Seperti yang ditunjukkan istilah ini, pemikir sekuensial nyata berpegang pada kenyataan dan proses informasi dengan cara yang teratur, linear, dan sekuensial. Bagi para SK, realitas terdiri dari apa yang sanggup mereka ketahui melalui indra fisik mereka, yaitu indra penglihatan, peraba, pendengaran, perasa, dan penciuman. Mereka memperhatikan dan mengingat realitas dengan gampang dan mengingat fakta-fakta, informasi, rumus-rumus, dan aturan-aturan khusus dengan mudah. Catatan atau makalah ialah cara baik bagi orang –orang ini untuk belajar. Pelajar SK harus mengatur tugas-tugas menjadi proses tahap demi tahap dan berusaha keras untuk mendapat kesempurnaan pada setiap tahap. Mereka menyukai pengarahan dan mekanisme khusus. Karena kebanyakan dunia bisnis diatur dengan cara ini, mereka menjadi orang-orang bisnis yang sangat baik.

Kiat-kiat jitu bagi pemikir SK :
1) Bangunlah kekuatan organisasional Anda
Aturlah minggu-minggu dan hari-hari Anda secara realistis, rencanakan sebelumnya berapa usang waktu yang Anda perlukan untuk proyek Anda.

2) Ketahuilah semua detail yang diperlukan
Pastikan Anda mengetahui segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk menuntaskan suatu tugas.

3) Pecah-pecahlah kiprah anda menjadi beberapa tahap
Tentukan tenggat waktu sepaya Anda tidak meras harus terburu-buru.

4) Aturlah lingkungan kerja yang tentram
Ketahuilah apa saja yang sanggup mengganggu konsentrasi Anda dan musnahkan itu.

2. Pemikir Acak Konkret (AK)
Pemikir acak nyata mempunyai sikap eksperimental yang diiringi dengan sikap yang kurang terstruktur. Seperti pemikir sekuensial konkret, mereka berdasarkan pada kenyataan, tetapi ingin melaksanakan pendekatan coba-salah (trial and error). Karenanya, mereka sering melaksanakan lompatan intuitif yang dibutuhkan untuk pemikiran kreatif yang sebenarnya.

Mereka mempunyai dorongan besar lengan berkuasa untuk menemukan alternatif dan mengerjakan segala sesuatu dengan cara mereka sendiri. Waktu bukanlah prioritas bagi orang-orang AK, dan mereka cenderung tidak memedulikannya, terutama jikalau sedang terlibat dalam situasi yang menarik. Mereka lebih terorientasi pada proses daripada hasil; akibatnya, proyek-proyek sering kali tidak berjalan sesuai dengan yang mereka rencanakan lantaran kemungkinan-kemungkinan yang muncul dan yang mengundang eksporasi selama proses.

Kiat-kiat jitu bagi pemikir AK :
1) Gunakan kemampuan berfikir Divergen anda yang lain
Percayalah bahwa melihat segala sesuatu lebih daripada satu sudut pandang ialah hal yang baik. Temukan ide-ide alternatif dan eksplorasi semuanya. Ciptakan ide-ide daripada sekadar menilainya. Peliharalah sikap selalu bertanya.

2) Siapkan diri anda untuk memecahkan masalah
Libatkan diri dengan proyek yang memerlukan pemecahan masalah, atau kerjakanlah kiprah Anda sendiri dengan memunculkan pertanyaan dan kemudian memecahkannya.

3) Periksa waktu anda
Berikan diri anda tenggat waktu untuk setiap tahap dari kiprah anda dan kemudian usahakan untuk menyelesaikannya tepat waktu.

4) Terimalah kebutuhan anda untuk berubah
Ketika segala sesuatunya tampak mulai membosankan, buatlah perubahan-perubahan kecil utnuk tetap menajamkan pikiran anda- walaupun itu berarti berpindah ke ruangan atau daerah lain.

5) Carilah dukungan
Carilah orang-orang yang menghargai pemikiran divergen lantaran hal itu akan membantu anda merasa yakin pada diri anda.

3. Pemikir Acak Abstrak (AA)
Dunia “Nyata” untuk pelajar acak abnormal ialah dunia perasaan dan emosi. Mereka tertarik pada nuansa, dan sebagian lagi senderung pada mistisisme. Pikiran AA menyerap ide-ide, informasi dan dan kesan dan mengaturnya dengan refleksi. (kadang-kadang hal ini memakan waktu usang sampai orang lain tidak menyangka bahwa orang AA mempunyai reaksi atau pendapat). Mereka mengingat dengan sangat baik jikalau informasi dipersonifikasikan. Perasaan juga sanggup lebih meningkatkan atau menghipnotis berguru mereka.

Mereka merasa dibatasi dikala berada di lingkungan yang sangat teratur sehingga Anda tak akan menemukan banyak dari mereka bekerja di perusahaan asuransi, bank atau sejenisnya. Mereka berkiprah dilingkungan yang tidak beratur yang berkaitan dengan orang-orang.

Pemikir AA mengalami insiden secara holistik; mereka perlu melihat keseluruhan gambar sekaligus, bukan bertahap. Dengan alasan inilah, mereka akan terbantu jikalau mengetahui bagaimana segala sesuatu terhubung dengan keseluruhannya sebelum masuk ke dalam detail.

Walaupun orang-orang AA cukup banyak jumlahnya, dunia tidak berjalan dengan gaya AA. Orang-orang dengan cara berfikir menyerupai ini bekerja dengan baik dalam situasi-situasi yang kreatif dan harus bekerja lebih ulet dalam situasi yang lebih teratur.

Kiat-kiat jitu bagi pemikir AA :
1) Gunakan kemampuan alamiah anda untuk bekerja dengan orang –orang lain
Carilah rekan-rekan yang sanggup bekerja sama dengan anda, dan gabungkan gagasan-gagasan anda dengan rekan-rekan anda. Jika anda harus menuntaskan satu tugas, tentukan tenggat waktunya, dan periksalah sesering mungkin.

2) Kenali bagaimana kuatnya emosi menghipnotis konsentrasi Anda
Hindari orang-orang negatif, dan selesaikan kasus langsung dengan cepat. Hal ini sanggup menguras tenaga Anda.

3) Bangunlah kekuatan untuk berguru dengan asosiasi
Ciptakan asosiasi visual dan verbal. Gunakan metafora, cerita-cerita konyol dan ungkapan-ungkapan kreatif lainnya untuk membantu anda mengingat.

4) Lihatlah gambar yang besar
Bekerjalah dari konsep yang besar, gres kemudian ke detail-detail yang ada.

5) Waspadalah terhadap waktu
Berhati-hatilah untuk memperlihatkan waktu yang cukup untuk menuntaskan pekerjaan. Mulailah dengan kiprah yang paling sulit, ambil jeda singkat, kemudian pindah ke kiprah lainnya. Kembalilah pada kiprah yang pertama jikalau pikiran anda sudah jernih. Tak ada salahnya mengerjakan lebih dari satu kiprah dalam satu waktu !

6) Gunakan isyarat-isyarat visual
Tempelkan catatan pengingat di kendaraan beroda empat anda, di cermin kamar mandi, atau di mana saja yang anda yakin untuk melihatnya. Warnailah kalender bulanan dengan kode informasi yang anda perlukan semoga tampak di hadapan anda. Gunakan satu warna untuk keperluan pribadi, satu warna untuk pekerjaan/karier, satu warna untuk keluarga dan seterusnya.

4. Pemikir Sekuensial abnormal (SA)
Realitas bagi para pemikir sekuensial abnormal ialah dunia teori metafisis dan pemikiran abstrak. Mereka suka berpikir dalam konsep dan menganalisis informasi. Mereka sangat menghargai orang-orang dan peristiwa-peristiwa yang teratur rapi. Adalah gampang bagi mereka untuk meneropong hal-hal penting, sepeti titik-titik kunci dan detail-detail penting. Proses berpikir mereka logis, rasional, dan intelektual.

Aktivitas favorit pemikir sekuensial abnormal ialah membaca, dan jikalau suatu proyek perlu diteliti, mereka akan melakukannya dengan mendalam. Mereka ingin mengetahui sebab-sebab di balik akhir dan memahami teori serta konsep. Seperti yang sanggup anda bayangkan, orang-orang ini ialah filosof-filosof besar dan ilmuwan-ilmuwan peneliti. Biasanya, mereka lebih suka bekerja sendiri daripada berkelompok.

Kiat-kiat jitu bagi pemikir SA :
1) Latih diri anda berfikir
Ketika memecahkan masalah, ubahlah kasus anda menjadi sutasi teoretis dan pecahkanlah dengan cara itu.

2) Perbanyak acuan anda
Jika anda terlibat dalam suatu proyek, pastikan untuk membaca segala sesuatu yang sanggup anda baca perihal proyek tersebut semoga anda mendapat semua fakta yang anda inginkan untuk melengkapinya sesuai standar anda.

3) Upayakanlah keteraturan
Dalam kehidupan langsung dan karier anda, paculah diri anda menuju situasi-situasi yang sangat teratur. Dalam proyek anda, buatlah grafik langkah-langkah dan waktu yang dibutuhkan untuk setiap langkah awal.

4) Analisislah orang-orang yang bekerjasama dengan anda
Jika anda mengetahui gaya berguru orang lain, maka akan lebih gampang bagi anda untuk memahami mereka dan menciptakan mereka memahami anda.

Menyeimbangkan kekuatan pikiran Anda
Ketika anda mengetahui cara berpikir anda, anda akan menjadi pemikir yang lebih seimbang dengan sesekali memaksa diri anda untuk memakai cara ber;ikir dan menyerap informasi yang kurang sesuai bagi anda. Inilah beberapa latihan yang diusulkan oleh Ned Herrmann, spesialis dalam dominasi otak, untuk membantu menyebarkan kuadran-kuadran yang tidak begitu anda sukai.

Jika anda ialah pemikir lebih banyak didominasi otak kanan (AA atau AK)
- Pelajarilah bagaimana bahwasanya cara kerja mesin yang sering anda gunakan
- Aturlah foto-foto anda ke dalam album
- Usahakan untuk tepat waktu sepanjang hari
- Aturlah pengeluaran pribadi
- Rangkaikanlah rakitan model berdasarkan instruksi
- Bergabunglah dengan klub investasi
- Atasi kasus yang ada dan analisislah bagian-bagian utama.
- Belajarlah untuk mengoperasikan komputer pribadi
- Tulislah tinjauan kritis terhadap film favorit anda
- Aturlah buku-buku anda berdasarkan urutan jenisnya

Jika anda ialah pemikir lebih banyak didominasi otak kiri (SA atau SK)
- Usahakan untuk memahami perasaan hewan peliharaan anda
- Temukan resep kuliner dan siapkanlah
- Bermainlah dengan tanah liat dan temukan hakikatnya
- Ciptakan logo langsung anda
- Bermain-mainlah dengan belum dewasa anda dengan cara yang mereka inginkan
- Sisihkan waktu jeda ‘perasaan’ sepuluh menit setiap hari
- Pasang musik yang anda suka dikala anda ingin mendengarkannya
- Alami spiritualitas anda dengan cara non-religius.
- Ambilah ‘belokan yang keliru’ dan telusurilah lingkungan yang baru

Sumber http://tugasku-4u.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Gaya Berpikir Dalam Otak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel