-->

iklan banner

√ Kelompok Sosial – Pengertian, Syarat, Ciri Ciri Dan Contohnya

Kelompok Sosial – Pengertian kelompok sosial secara umum ialah kumpulan insan secara fisik berdekatan. Biasnya bencana ini disebut sebagai koletivitas atau agregasi. Pengertian kolompok sosial yang selanjutnya ialah sejumlah orang yang mempunyai ciri tertentu, persamaan identitas. Pengertian kelompok sosial yang ketiga ialah sejumlah orang mempunyai pola hubungan sosial yaitu hubungan yang berstruktur, berorganisasi, dan terjasi berulang dan teratur.






style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-2336426762142332"
data-ad-slot="2522072088"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">




Pengertian kelompok sosial yang terakhir ialah sekumpulan orang yang saling berinteraksi dengan kesadaran bersama anggotanya. Rasa sadar itu ada atas dasar suatu nilai dan norma sosial. Sekumpulan  orang yang mempunyai keekatan hanya fisik saja atau hanya mempunyai identitas yang sama, itu belum sanggup disebut dengan kelompok sosial.


Dari beberapa pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa pengertian kelompok sosial ialah kumpulan beberapa mausia baik berdekatan fisik maupun tidak yang mempunyai tujuan dengan kesadaran yang sama, dan mempunyai ciri atau persamaan identitas yang terstruktur dan berorganisasi saling berinteraksi satu dengan lainnya.


 Pengertian kelompok sosial secara umum ialah kumpulan insan secara fisik berdekatan √ Kelompok Sosial – Pengertian, Syarat, Ciri Ciri dan Contohnya


Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli :



  1. Menurut George Homans


Suatu kumpulan individu yang melaksanakan kegiatan, interaksi  dan mempunyai perasaan membentuk suatu keseluruhan yang berorganisasi dan bekerjasama dengan memperlihatkan timbal balik.



  1. Menurut Hendropuspito


Kelompok sosial merupakan kelompok yang terdiri dari kumpulan aktual yang teratur dari individu yang melaksanakan kiprahnya dengan  bekerjasama untuk mencapai tujuan besama.



  1. Menurut Johnson


Kelompok dua orang atau lebih saling melaksanakan interaksi dengan cara yang berpola sebagai kelompok sendiri dan orang lain.



  1. Menurt Joseph S.Roucek


Kelompok sosial ialah kelompok dua individu atu lebih yang diantarnya mempunyai pola interaksi yang sanggup dimengerti orang lain atau anggotanya secara keseluruhan.



  1. Soerjono Soekanto


Kelompok sosial ialah kesatuan atau himpunan insan yang bekerjasama diantara mereka dengan timbal balik dan saling memberi pengaruh.



  1. Roland Freedman Cs


Kelompok sosial merupakan oranisasi yang terdiri dari dua bahkan lebih individu yang bergantung pada ikantan sistem tertentu dan ukuran sikap yang diterimana dan disetujui  semua anggotanya.



  1. Sherif


kelompok sosial merupakan suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang sudah mengadakan interaksi sosial yang intensif dan teratur, mengakibatkan antar individu mendapat pembagian tugas, struktur dan norma tertentu, yang hanya sesatuan sosial tersebut saja.


Ciri Ciri Kelompok Sosial


Suatu kelompok sanggup dinamakan kelompok sosial bila mempunyai ciri ciri khusus, berikut ciri ciri kelompok sosial :



  1. Mempunyai motif yang sama antar individu satu dengan yang lainnya yang mengakibatkan interaksi atau kerjasama dengan pencapaian tujuan yang sama.

  2. Adanya jawaban dari interaksi yang berlainan antar individu satu dengan lainnya yang mengakibatkan timbulnya ketergantungan rasa dan kecakapan individu yang terlibat.

  3. Terdapat pembagian kiprah dan struktur dalam organisasi tertentu yang terperinci dan termemiliki kiprah serta kedudukan masing – masing.

  4. Adanya norma anutan tingkah laris anggota kelompik yang mengatur hungan dalam aktivitas anggota kelompok untuk pencapaian tujuan bersama.


Klasifikasi Kelompok Sosial


Klasifikasi kelompok sosial dibagi menjadi beberapa pembagian terstruktur mengenai berikut penjelasannya :



  1. Kelompok sosial menurut kepentingan bersama tanpa pengorganisasian


Kelompok sosial yang dalam perjalan masyarakatnya atau mekaniksme tidak adanya administrasi organisasi kelompok sosial di dalamnya. Ada beberapa kelompok dalam pembagiannya sebagi berikut :



  • Kerumunan sosial


Kerumunan sosial atau social aggeregat ialah kumpulanm yang ada di sebuah tempat tetapi tidak ada satu di antara mereka yang berinteraksi saru dengan lainnya,tidak menetap di tempat mereka berkerumun dan mempunyai sifat yang sementara. Seperti bentuk kerumuanan yang biasa dilihat atau ditemui di kehidupan bermasyarakat, misalnya formal audience atau penonton program tertenu, inconvenient aggregation atau kumpulan orang yang menunngu ibarat antri tiket, panic crowds atau kerumunan di keadaan panic ibarat ketika kecelakaan, spectator crowds atu kerumunan massa ketika adanya bencana tertentu dan lawless crowds dan masih banyak lagi.



  • Publik


Suatu kelompok berupa objek dari perjuangan komunikasi tertentu secara bersmaan dan tidak termasuk dalam sebuah kesatuan. Interaksi yang ada berlangsung di dalamnya disediakan degnan alat komunikasi. Seperti gossip, warta sosial, dan lain sebagainya disalurkan melalui media massa ibarat surat kabar, televesi, radio dan lainnya.



  • Massa


Yang dimaksud massa ialah seluruh dari kerumunan sosial . pengertian massa ada ketika beriringan dengan berkembangnya masyarakat yang mengacu pada pola kehidupan modernitas. Karakter yang lebih menonjol pada ciri massa ialah perkumpulan jumlah orang yang mempunyai sifat heterogen yang mengakibatkan identitas masing – masing individu sulit untuk dimengerti. Keragaman massa terlihat dari perbedaan status sosial, taraf hidup, pendidikan, keturunan, pekerjaan, dan agama.



  1. Kelompok sosial menurut atas kepentingan bersama deganpengorganisasian


Kelompok sosial  ini ialah beberapa jumlah insan yang membentuk suatu kelompok tertentu yang memang mempunyai administrasi mekanis yang terorganisasi di dalamnya, berikut penjelasannya :



  • Kelompok dasar (basic groups)

  • Kelompok besar (big groups) dan kelompok kecil (small groups)

  • Kelompok primer (primary groups) dan kelompok sekunder (secondary groups)

  • Kelompok dalam (in groups) dan kelompok luar (out groups)

  • Paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesseischaft)

  • Kelompok informal (informal group) dan kelompok formal (formal group)

  • Kelompok okupasional (occupational group) dan kelompok volunteer (voluntary group)

  • Kelompok keanggotaan (membership group) dan kelompok pola (refrence group)

  • Kelompok penekan


Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial


Kelompok sosial mempunyai peranan yang penting ketika melaksanakan pergaluan antar masyarakat dan individu. Di kondisi ini sanggup pertanda bahwa individu tidak sanggup hidup sendiri dan membutuhkan orang lain untuk melaksanakan sosialisasi atau interaksi sosial. Untuk kiprahnya ini ada beberapa Syarat terbentuknya kelompok sosial sebagai berikut.



  • Adanya kesadaran dari setiap individu.

  • Adanya hubungan timbal balik yagn dilakukan seseorang kepada orang lain. Dengan bertujuan membuat hubungan yang harmonis.

  • Antar individu mempunyai keterikatan yang sama ibarat samanya ideologi, budaya, suku, sejarah, kepentingan bahkan kesamaan nasib.

  • Memiliki struktur dilembaga dengan legal dan tidak melawan aturan yang sudah ada. Setelah terbentuk kaida dan sikap harus sama satu dan lainnya.

  • Mempunyai sistem yang menurut pada persamaan tujuan dan impian anggota. Sistem ini penting alasannya ialah apabila ada perubahan sosial sanggup diselesaikan menggnakan sistem tersebut.

  • Setiap insan akan berproses satu dengan lainnya. Proses membutuhkan waktu yang tidak sanggup ditentukan, alasannya ialah bergantung pada kesepakatan anggotanya.


Contoh Kelompok Sosial


Contoh kelompok sosial yang ada pada keidupan masyarakat, berikut beberapa misalnya :



  • Keluarga merupakan kelompok sisial yang kebutuhan setiap orang sanggup mendapat pendiidkan pertamakali dari keluarga. Maka dari situ lah kelarga belahan dari kelompok sisial yang primer

  • Partai politik merupakan kelompok sisial yang dijadikan lebaga politik. Ini kelompok sosial yang mempunyai sifat sekunder alasannya ialah tidak wajib di ikuti tapi sesuai dengan keinginnya bila ingin menjabat sebagai pemimpin kawasan atau wakil derah.

  • Koperasi desa merupakan kelompok sosial yang mempunyai sifat formal yang mempunyai aturan dan ketentuan bila ingin bergabung.


Baca juga : Konflik sosial


Demikanlah serangkaian informasi mengenai materi apa itu kelompok sosial beserta ciri ciri, syarat , jenis, pengertian, dan juga syarat terbentuknya kelompok sosial dimasyarakat. Semoga informasi diatas sanggup menambah wawasan sobat sahabat semua khususnya dalam dunia sosial. Trimakasih.




Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Kelompok Sosial – Pengertian, Syarat, Ciri Ciri Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel