-->

iklan banner

Jurusan Teknik Kelautan

Jurusan Teknik Kelautan – Teknik Kelautan (Ocean Engineering) yakni disiplin ilmu yang mempelajari ihwal rekayasa kelautan. Tapi jangan salah, ilmu yang dipelajari di Teknik Kelautan ini bukan ilmu ihwal perikanan, biota laut, dan ilmu sejenisnya.


Apa itu Teknik Kelautan?


Banyak orang salah menafsirkan nama Teknik Kelautan yang dianggap sama menyerupai ilmu-ilmu yang dipelajari pada disiplin ilmu Ilmu Kelautan. Untuk lebih gampang dipahami, anggap saja Teknik Kelautan menyerupai disiplin ilmu Teknik Sipil, yang kita ketahui secara garis besar Teknik Sipil mempelajari ihwal konstruksi bangunan darat. Nah, bila di Teknik Kelautan yang dibangun yakni bangunan yang berafiliasi dengan kelautan, diantaranya konstruksi bangunan lepas pantai (offshore), coastal structure menyerupai dermaga / bay, bangunan pemecah ombak (breakwater), dan lain lain.


 


Apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Kelautan


Mata kuliah yang dipelajari pada umumnya di Jurusan Teknik Kelautan (karena tiap perguruan tinggi tinggi sanggup aja beda) yakni Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Mekanika Bahan, Dinamika Struktur, Hidrodinamika, Perencanaan Bangunan Lepas Pantai, Struktur Pantai, Teknologi Reservoir, Mekanika Tanah dan Sistem Pondasi, Oseanografi, dan masih banyak lagi dan tentunya seru untuk dipelajari. Beda jauh kan dari apa yang banyak orang bayangin?


Tidak hanya itu saja, di Teknik Kelautan secara umum dibagi menjadi beberapa bidang keahlian / bidang minat yang berfokus pada dunia kerja yang diinginkan, menyerupai bidang struktur, perencanaan bangunan, administrasi pantai (biasanya berguru software juga untuk permodelan, software yang umum dipelajari: AutoCAD;AnSys;StruCAD;SMS;3DMax;Etabs;dll), perpipaan / pipeline, dan yang ga’ kalah menarik yakni bidang energi kelautan.


 


Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Kelautan


Nah, kini pastinya pada bertanya-tanya nih, kerjanya lulusan Teknik Kelautan di mana ya? Apa di bahari terus? Secara umum dan niscaya jawabannya yakni iya, tapi ga’ melulu di laut, tergantung lapangan kerja yang digeluti. Lulusan Teknik Kelautan sanggup menjadi konsultan teknik atau kontraktor. Untuk perusahaan yang menjadi lahan kerja lulusan Teknik Kelautan sebagian besar bergerak di bidang industri minyak dan gas (oil and gas company), menyerupai Schlumberger, Chevron, Total, Pertamina, dan lain-lain. Dan itu ga’ semuanya kerja di bahari lho, sanggup kerja kantoran juga. Kalau di pemerintahan sanggup bekerja di bawah naungan Kementrian Kelautan.


 


Perguruan Tinggi yang terdapat Jurusan Teknik Kelautan


Di Indonesia, terdapat 4 Perguruan Tinggi yang menyediakan S-1 Teknik Kelautan, yaitu:



  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) pengukuhan A

  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pengukuhan A

  3. Universitas Hasanuddin (Unhas) pengukuhan A

  4. Institut Teknologi Minaesa, Tomohon pengukuhan C


==================


Demikian review singkat mengenai Jurusan Teknik Kelautan, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, sanggup kau tulis di kolom komentar.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Teknik Kelautan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel