-->

iklan banner

Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah – Ilmu sejarah ialah ilmu yang dipakai untuk mempelajari insiden penting masa kemudian manusia. Pengetahuan sejarah mencakup pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.


Apa itu sejarah dan ruang lingkup jurusan Ilmu Sejarah


Dalam definisinya Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih ialah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih bersahabat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa kemudian manusia. Kata lain yang mendekati contoh tersebut ialah Geschichte yang berarti sudah terjadi.


Ruang lingkup pembelajaran dari jurusan ilmu sejarah sangat luas, alasannya sanggup menyinggung banyak sekali aspek kehidupan manusia. Seperti politik, sosial, budaya, bahasa, ekonomi, filsafat, geografi, maritim, agraris, militer, dan lainnya.


Jurusan ilmu sejarah ada di banyak Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Beberapa yang mempunyai ratifikasi A ialah UGM, UI, UNDIP dan masih banyak lagi. Jurusan ilmu sejarah di Indonesia umumnya mempunyai ciri khas masing – masing sesuai Universitasnya, menyerupai UI yang ilmu sejarahnya bercorak sejarah-politik, UGM bercorak sejarah-sosial, dan UNDIP yang bercorak sejarah-maritim.


Jurusan Ilmu Sejarah bertujuan mendidik mahasiswa biar mampu:



  • Mengungkap dan menganalisis insiden – insiden masa kemudian dengan metodologi ilmu sejarah

  • Mampu membentuk kerangka berpikir ilmiah sehingga sanggup merekonstruksi dan menjelaskan banyak sekali aspek kehidupan masa kemudian masyarakat untuk mengetahui masa lalunya sekaligus memahami masa sekarang dan masa depannya.

  • Membantu pemerintah dan lembaga-lembaga lain dalam penyediaan tenaga jago sejarah yang dibutuhkan sanggup mengungkapkan peristiwa-peristiwa sejarah masa lampau secara objektif.

  • Mengurai suatu insiden secara kronologis

  • Memberikan pandangan terhadap suatu insiden secara objektif tanpa berpihak pada oknum tertentu


 


Prospek lulusan Jurusan Ilmu Sejarah


Lulusan Sejarah banyak yang bisa bersaing dalam dunia kerja, terutama bidang konvensional sejarah contohnya menjadi dosen/guru atau peneliti; maupun bidang-bidang non-konvensional sejarah lainnya. Banyak juga lulusan sejarah yang bekerja di pemerintahan, dunia penerbitan, wartawan, pencetus LSM, dan sebagainya.


Bahkan lulusan sejarah juga mempunyai prospek kerja di forum penelitian di luar negeri. Alasannya sudah jelas, alasannya akan selalu dibutuhkan jago sejarah yang mewakili negaranya masing – masing untuk mengungkapkan kepada dunia ihwal sejarah Negara asal jago sejarah.


Namun perlu diketahui dan harap dipahami bahwa jurusan ilmu sejarah gotong royong bukan kawasan bagi mahasiswa yang hanya “kuliah untuk mencari kerja” dan dalam pembelajarannya tidak memfokuskan untuk “sekedar” mencari kerja. Karena ilmu sejarah ialah ilmu dari bidang sosio-humaniora yang mengorientasikan mahasiswanya untuk meneliti, menilai, memperlihatkan pandangan, dan bersikap kritis terhadap suatu insiden ataupun permasalahan yang terjadi. Ilmu sejarah tidak mengarahkan mahasiswanya untuk bekerja dan mengejar “materi” tetapi untuk mempelajari ilmunya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.


 


Perguruan tinggi yang terdapat Jurusan Ilmu Sejarah


Saat ini terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan jurusan Ilmu Sejarah, beberapa diantaranya yang terakreditasi A antara lain:



  1. Universitas Airlangga (Unair)

  2. Universitas Andalas (Unand)

  3. Universitas Diponegoro (Undip)

  4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  5. Universitas Indonesia (UI)

  6. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

  7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

  8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

  9. Universitas Sebelas Maret (UNS)

  10. Universitas Udayana (Unud)


 


========================


Demikian review singkat mengenai Jurusan Ilmu Sejarah, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kau tulis di kolom komentar.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Ilmu Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel