-->

iklan banner

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi – Jurusan Ilmu Komunikasi yakni salah satu jurusan paling favorit di aneka macam universitas negeri maupun swasta. Kalau kau merasa suka ngoceh, bergaul, menulis, promosi, atau bahkan nonton film, ini mungkin jurusan yang sempurna buat kamu. Jurusan Ilmu Komunikasi ini mempelajari perihal ilmu berkomunikasi, baik dari perihal pengirim pesan, isi pesan, media, akseptor pesan, maupun hambatan-hambatannya.


Ilmu komunikasi masuk ke rumpun sosial, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kecuali di UNPAD yang sudah menjadi satu fakultas sendiri, Fikom (Fakultas Ilmu Komunikasi).


 


Apa saja yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi


Di semester-semester awal, mata kuliah yang didapat itu biasanya pengantar-pengantar, Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, dan pelajaran-pelajaran sosial ibarat sosiologi, antropologi, dan filsafat. Di sini kita juga berguru perihal penulisan, jadi jangan takut buat yang merasa nggak sanggup nulis sebab nanti akan berguru sama-sama.


Untuk semester lanjut, nanti ada beberapa konsentrasi yang sanggup kita ambil. Khusus untuk di UGM, dibagi ke dalam dua konsentrasi, yaitu Strategis dan Media. Strategis lebih mengarah ke bidang public relation (humas) dan periklanan. Kalau media lebih ke bidang-bidang media publik ibarat tv, radio (broadcasting), jurnalistik, film. Kalau di UI, peminatan dibagi 5, yaitu public relation (humas), komunikasi media, jurnalistik, penyiaran, dan periklanan. Tapi secara garis besar yang dipelajari sama. Nanti di semester lanjut, matkul-matkul yang sanggup diambil itu makin asik, contohnya matkul sinematografi, filmologi, public speaking, radio, dsb.


Buat bocoran, bagi yang ambil jurusan ini ngga lagi pusing-pusing hafalan materi. Hampir semua bahan yang diajarkan itu pakai analisa, logika, pengalaman, ketrampilan, dan wawasan umum. Mayoritas bahan disampaikan dalam bentuk diskusi.


 


Prospek kerja sesudah lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi


Setelah lulus, gelar yang diterima yakni Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.) atau Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). contoh: Lionel Messi, S.I.P. Untuk lapangan pekerjaan, lulusan jurusan komunikasi ini sanggup melamar ke aneka macam posisi di aneka macam jenis perusahaan. Event organizer, announcer, news anchor, news caster, reporter, public relation, communication consultant, kerja di distributor iklan, production house, dsb.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Ilmu Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel