-->

iklan banner

Fungsi Iferror Di Excel

Fungsi iferror merupakan sebuah fucntion yang dipakai untuk mengembalikan nilai sesuai dengan yang ditentukan kalau terjadi kesalahan pada aplikasi ms.excel.

Fungsi ini sanggup membantu untuk mengatasi jenis-jenis kesalahan yang mungkin terjadi pada ketika mengunakan rumus function di excel.

Jenis-jenis nilai kesalahan yang dievaluasi memakai fungsi iferror ini meliputi  #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.

Sintaks Fungsi IFERROR

IFERROR(value, value_if_error)
  • value merupakan argumen yang akan diperika apakah terjadi kesalahan apa tidak.
  • value_if_error merupakan nilai yang akan dikembalikan kalau rumus menemukan nilai kesalahan.

Contoh Nilai Kesalahan Pada Excel


Jika suatu bilangan dibagi dengan angka nol, maka akan mengevaluasi terjadinya kesalahan pada rumus di excel, alasannya ialah pada operasi aritmatika kalau suatu bilangan dibagi dengan nol akan menghasilkan nilai tak terhingga.

Hal yang sama juga terjadi pada aplikasi ms.excel, kalau suatu bilangan dibagi dengan angka nol maka rumus excel akan mengembalikan nilai #DIV/0! ibarat pada teladan gambar fungsi iferror 1 dibawah ini.

 Fungsi iferror merupakan sebuah fucntion yang dipakai untuk mengembalikan nilai sesuai  Fungsi Iferror di Excel
Fungsi Iferror 1

Operasi aritmatika yang dipakai pada sel-sel yang terdapat pada kolom C ialah membagi nilai pada sel-sel kolom A dengan sel-sel nilai kolom B.

Untuk mengatasi nilai yang dikembalikan kalau terjadi kesalahan dengan nilai yang kita inginkan, sahabat sanggup menambahkan penggunaan fungsi iferror.

Contoh cara penggunaan fungsi iferror pada operasi pembagian teladan diatas, sanggup sahabat lihat pada gambar fungsi iferror 2 dibawah ini.

 Fungsi iferror merupakan sebuah fucntion yang dipakai untuk mengembalikan nilai sesuai  Fungsi Iferror di Excel
Fungsi Iferror 2

Dengan memakai fungsi iferror, maka nilai yang akan dikembalikan sanggup diubahsuaikan dengan cita-cita kita, teladan rumus formula pada sel C2 ialah :

=IFERROR(A2/B2,"Pengganti")

Dengan formula ini rumus akan mengembalikan hasil pada sel C2 nilai dari sel A2 dibagi dengan nilai dari sel B2 kalau tidak terjadi kesalahan.

Sedangkan kalau terjadi kesalahan maka akan mengembalikan sebuah string teks kalau terdapat tanda "" dan akan mengembalikan sebuah nilai bilangan kalau tidak terdapat tanda "".

Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Iferror Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel