-->

iklan banner

Dasar-Dasar Ekonomi Yang Digunakan Dalam Perdagangan Eceran (Ritel)

Tidaklah sulit bagi seseorang untuk menjalankan aktivitas perdagangan eceran ini, dan untuk berhenti pun juga mudah. Besarnya jasa yang ditawarkan oleh seorang pengecer sanggup menghipnotis keadaan sosial dan ekonominya.

Seorang pengecer sanggup lebih maju dalam usahanya apabila ia mau bekerja lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya dalam melayani konsumen.

Pelayanan kepada konsumen harus diutamakan alasannya ialah merupakan tanggung jawab primer, sedangkan tanggung jawab sekundernya ialah melayani pedagang besar dan/atau produsen.

Pada pokonya, fungsi pengecer ialah mengatakan pelayanan kepada konsumen biar pembeliannya dilakukan dengan cara yang semudah mungkin. Pengecer juga bertanggung jawab menyediakan banyak sekali macam barang yang baik dengan harga layak.

Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pengecer (retailer) ialah sebagai berkut:
  1. Pengangkutan
  2. Penyimpanan
  3. Pembelanjaan
Pengangkutan dan penyimpanan merupakan fungsi yang dilakukan oleh pengecer untuk menyediakan barang-barang secara cepat bilamana diharapkan oleh konsumen. Jadi, dalam kaitannya dengan fungsi-fungsi tersebut terdapat usaha-usaha untuk membuat faedah waktu (time utility) dan faedah kawasan (place utility).

Sedangkan fungsi pembelanjaan sanggup dilakukan dengan mengatakan pembayaran secara kredit kepada konsumen.

Tidaklah sulit bagi seseorang untuk menjalankan aktivitas perdagangan eceran ini Dasar-dasar Ekonomi yang Dipakai dalam Perdagangan Eceran (Ritel)
Ilustrasi perjuangan Ritel via ipvis.com
Sebagai penjual, pengecer ini mengatakan susukan bagi produsen dan pedagang besar dalam usahanya untuk mendekati konsumen. Tidak jarang pula mereka ikut melaksanakan aktivitas periklanan, promosi penjualan, maupun personal selling untuk membantu penyaluran barang-barang produsen.

Mereka juga sanggup bertindak sebagai orang yang mengatakan gosip ihwal konsumen kepada produsennya. Informasi tersebut terutama berupa cita-cita dan kebutuhan konsumen, sehingga sanggup diperkirakan ihwal jenis dan jumlah permintaannya.

Mereka juga ikut membagi-bagi barang yang dihasilkan oleh produsen ke dalam jumlah dan pak yang lebih kecil sesuai dengan undangan konsumen, disamping pula membantu dalam penyortiran barang yang dijualnya. Sehingga mereka adakala harus menanggung risiko yang diakibatkan oleh musim.

Jadi, secara terang fungsi-fungsi yang dilakukan oleh pengecer (retailer) selain pengangkutan, penyimpanan dan pembelanjaan ialah sebagai berikut:
  • Mencari konsumen
  • Menjalankan aktivitas promosi
  • Memberikan informasi
  • Melakukan pengepakan atau pembungkusan
  • Mengadakan pernyortiran
Sumber:
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Markerting. Yogyakarta: Liberty.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dasar-Dasar Ekonomi Yang Digunakan Dalam Perdagangan Eceran (Ritel)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel