-->

iklan banner

Contoh Perubahan Sosial Di Kala Digital

Contoh perubahan sosial yang dibahas dalam postingan ini mencakup pola yang terjadi di abad digital. Namun sebelum itu, perlu saya paparkan terlebih dahulu bahwa abad digital yang dimaksud ialah abad warta yang disokong perkembangan teknologi komunikasi berbasis digital. Artinya, penggunaan teknologi digital mendominasi dalam keseharian.


Perkembangan teknologi digital di abad millenial memunculkan banyak fenomena sosial yang dialami oleh people jaman now, terutama para kids dan generasi muda lainnya. Era millenial ialah eranya online, sehingga perubahan sosial yang terjadi seringkali terkait erat dengan perkembagan teknologi digital, internet, dan sosmed. Berikut ini beberapa pola perubahan sosial abad millenial:


Contoh perubahan sosial yang dibahas dalam postingan ini mencakup pola yang terjadi di e Contoh Perubahan Sosial di Era Digital


 


Contoh perubahan sosial


Ojek online


Ojek online yang tumbuh di banyak  kota-kota besar di banyak sekali negara mengatakan perubahan sosial yang tak hanya terjadi dalam lingkup transportasi ojek, namun juga bagaimana masyarakat mengonsumsi pelayanan transportasi publik berupa ojek dalam kesehariannya.


Keberadaan ojek online terang mengancam ojek pangkalan atau ojek offline sebagaimana ojek pangkalan mengancan eksistensi dokar dan ojek sepeda beberapa dekade silam. Dengan kehadiran ojek online, masyarakat yang naik ojek saat bepergian mengubah perilakunya dari tiba ke pangkalan, menjadi membisu di daerah menundukan kepala sambil cari ojek lewat aplikasi di handphone. Perubahan sikap dari jemput bola menjadi nunggu dijemput ialah perubahan sosial yang dapat kita saksikan atau alami sehari-hari.






Online dating


Situs kencan online yang menjamur menandai adanya perubahan sosial dalam hal bagaimana beberapa individu menentukan membangun kekerabatan romantis secara online. Kencan online melibatkan teknologi digital dan internet sebagai platform, yang memungkinkan kita menjalin kencan dengan orang lain yang profilnya tampil dalam halaman online dating site.


Cara kencan dan cari jodoh ibarat ini mengatakan bahwa untuk menemukan calon pasangan dan menjalin cinta tidak lagi harus dimulai dengan pertemuan fisik. Individu-individu yang menentukan online dating mengatakan citra akan adanya perubahan bagaimana jodoh ditemukan.


Online bullying


Dampak sosial paling kentara dari hadirnya online teknologi yang berimplikasi negatif bagi kehidupan bermasyarakat ialah kejahatan yang dapat dilakukan secara virtual tanpa pertemuan fisik antara pelaku dan korban. Media sosial yang memfasilitasi interaksi sosial seringkali menjadi arena kejahatan sosial secara online. Online bullying ialah salah satu contohnya.


Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Sosial Media






Bullying di abad media umum tidak selalu melibatkan mereka yang saling kenal. Bahkan orang-orang yang tak saling kenal pun dapat terlibat bullying, sebagai pelaku atau korbannya. Apabila dahulu, untuk mem-bully harus dilakukan dari dekat, kini, dimanapun orang dapat mem-bully. Dimanapun, orang dapat juga jadi korban bullying. Perubahan arena bullying dari lokasi fisik ke media umum dan sikap bully yang tak lagi mensyaratkan kekerabatan saling kenal merupakan salah satu pola perubahan sosial dalam bentuk bullying yang terjadi di abad millenial.


Platform online memfasilitasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya perubahan dalam setiap aspek kehidupan. Tentunya masih banyak lagi contoh-contoh perubahan soisial abad millenial di luar yang telah dipaparkan. Teknologi online telah mendorong perubahan-perubahan sikap yang banyak dilakukan oleh people jaman now. Cara kita mencari ojek, cari jodoh, dan membully berubah sebagaimana pola di atas.







Contoh perubahan sosial yang dijelaskan tersebut tidak hanya disebabkan oleh penemuan teknologi digital. Melainkan juga oleh pengorganisasian sosial yang membuat ruang untuk kreatifitas manusia. Teknologi tidak memberi efek apa-apa hingga insan memberi makna. Ketika media umum dimaknai sebagai lapak jualan, maka insan jualan. Ketika dimaknai sebagai arena bullying, maka insan mem-bully.


Baca juga Perubahan Sosial: Contoh dan Faktor Penyebabnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Perubahan Sosial Di Kala Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel