-->

iklan banner

Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android Iphone

Cara Menghitung Inci Layar Hp – Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar. Jika dulu hp atau smartphone mempunyai ukuran layar rata-rata 3 sampai 4 inci, ketika ini ukuran layar jadi semakin besar sampai ada yang menyentuh 6 inci lebih. Ukuran layar yang semakin besar ini dikarenakan kini makin banyak konsumen yang menginginkan tampilan visual lebih luas. Selain itu, jikalau dulu hp atau smartphone hanya dipakai chatting atau browsing, kini konsumen ingin smartphone juga sanggup untuk menonton film dan bermain game. Makara secara otomatis, jikalau ukuran layar semakin besar tentu makin memuaskan.


Pernahkah kau ingin tau bagaimana cara menghitung inci layar hp yang benar. Kenapa ukuran hp sanggup berbeda-beda meskipun ukuran layarnya sama ? Berikut ini HPSultan akan menjelaskan cara menghitung berapa inci layar hp atau smartphone.


Cara Menghitung Inci Layar Hp atau Smartphone


Sebelum mempelajari bagaimana cara menghitung inci layar hp, sebelumnya kau harus tahu satuan inci dalam cm. Satuan inci biasa dipakai secara global untuk mengitung panjang unit elektronik. Sedangkan perhitungan inci di Indonesia sendiri tidak terlalu familiar sebab lebih sering memakai cm (centimeter). Inci biasanya ditulis dengan simbol tanda petik ganda (“), contohnya 4″, 5″, atau 6”. Jika dikonversi ke cm, 1 inci sama dengan 2.54 cm. Nah sesudah tahu satuan inci, selanjutnya kita bahas bagaimana cara hitung berapa inci layar hp kamu.


Hitungan luas layar inci pada hp atau smartphone Android dan iOS tidak dihitung dari panjang x lebar ibarat ketika kita menghitung luas persegi panjang. Ukuran inci layar hp dihitung dari panjang diagonalnya. Diagonal layar Hp ialah sisi miring dari layar. Jika ingin menghitung ukuran layar hp, kau sanggup gunakan penggaris. Hitung dari ujung kanan bawah layar ke ujung kiri atas layar. Contohnya ibarat di gambar berikut ini:


 Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android  iPhone


Cara Menghitung Ukuran Rasio Layar Hp atau Smartphone


Selain inci, ketika mengukur layar hp atau smartphone biasanya kita akan menemukan istilah rasio. Rasio layar ialah perbandingan antara panjang dan lebar layar. Rasio layar smartphone pada umumnya 16:9. Makara contohnya panjang layar ialah 10 cm maka lebarnya ialah 5.625 cm. Saat ukuran layar hp atau smartphone semakin besar rasio layar yang banyak dipakai produsen ialah 16:9. Meskipun panjang dan lebar layar setiap produk berbeda namun jikalau dihitung rasionya tetap sama yakni 16:9.


Kenapa Semua Rasio Layar Hp atau Smartphone Sama ?


Alasan kenapa semua produsen ‘sepakat’ menciptakan smartphone dengan rasio layar yang sama ialah sebab mempertimbangkan konten web atau tampilan sistem operasi. Tampilan sistem operasi terkenal ketika ini dirancang biar pas ditampilkan pada layar dengan rasio 16:9. Oleh sebab itu, jikalau ada produsen yang tidak menciptakan layar dengan perbandingan rasio yang sama, tampilan antarmuka sistem operasi dan aplikasi akan terlihat aneh.


Apa itu Rasio Layar 18:9 pada Hp atau Smartphone ?


Rasio layar 18:9 ialah ukuran perbandingan panjang dan lebar terbaru yang menjadi tren di smartphone atau hp akil keluaran terbaru. Perbandingan rasio layar ini mulai diperkenalkan ke pasaran luas pada 2017. Jika dilihat dari segi fisik, layar dengan rasio 18:9 cenderung lebih panjang atau tinggi. Kenapa produsen mulai menciptakan layar berasio 18:9 ? Alasannya ialah sebab ketika ini konsumen semakin menginginkan layar yang lebih luas atau lebar dan mempunyai resolusi lebih tinggi.


 Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android  iPhone


Salah satu kelebihan layar dengan rasio 18:9 dibanding 16:9 ialah sanggup menampung piksel lebih banyak supaya gambar terlihat lebih tajam. Jika dulu layar berasio 16:9 hanya dibekali resolusi HD atau Full HD, kini berkat layar 18:9, resolusi layar sanggup lebih tinggi menjadi HD+ atau Full HD+. Resolusi dan jumlah piksel yang lebih banyak menciptakan gambar pada layar terlihat lebih detail sehingga browsing dan nonton film jadi lebih nyaman.


Lalu jikalau ditanya apakah ukuran layar 5.8 inci dengan rasio 16:9 sama dengan layar 5.8 inci berasio 18:9 ? Jawabannya ialah tidak. Kamu perlu ingat kembali bahwa ukuran layar ialah panjang diagonal dari layar itu sendiri. Walau sama-sama mempunyai luas 5 inci, namun sebab perbandingan panjang dan lebarnya berbeda maka dari segi fisik kedua layar ini juga terlihat berbeda. Layar 18:9 terlihat lebih ‘kurus’ dan tinggi dibanding 16:9.


 Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android  iPhone


Lebih Baik Hp Layar Besar atau Kecil ?


Jika ditanya manakah yang lebih baik, layar berukuran besar atau kecil? Jawabannya ialah tergantung usernya itu sendiri. Ada orang yang lebih suka hp berlayar kecil 4 – 5 inci sebab lebih gampang digenggam dan dikantongi. Tapi ada juga orang yang lebih suka layar besar 5.5 – 6 inci sebab lebih puas untuk dipakai menonton atau bermain game. Makara jikalau kau termasuk orang yang lebih suka hal praktis, dan lebih intens komunikasi melalui WhatsApp, BBM, SMS, atau telepon Hp berlayar kecil cukup ideal. Namun jikalau kau lebih sering menonton, browsing, dan main game pilihlah hp berlayar besar sebab lebih memuaskan. Tapi Hp layar besar ternyata juga punya kekurangan di antaranya adalah: susah dikantongi dan cenderung lebih boros baterai apalagi jikalau resolusinya juga tinggi.


Apa itu Layar dengan Minim Bezel ?


Nah, selain ukuran dan rasio layar ada juga istilah layar minim bezel atau biasa disebut Fullview atau Full Screen. Bezel sendiri ialah frame atau bingkai yang ada di sisi kiri, kanan, atas, dan bawah layar. Frame atau bezel sanggup dianggap sebagai penyebab kenapa ukuran smartphone lama-lama semakin besar. Layar besar yang dibarengi bezel tebal menciptakan ukuran hp terasa semakin bongsor. Hp yang besar tentu tidak nyaman untuk dipakai bukan? Oleh sebab itu, banyak produsen yang mulai berinovasi untuk menciptakan hp ringkas namun mempunyai ukuran layar besar.


 Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android  iPhone


Cara yang paling efektif mewujudkan penemuan tersebut ialah dengan memangkas tebal bezel di setiap sisi layar. Makara intinya, space kosong yang selama ini ditempati bezel dipakai untuk layar. Karena bezel semakin tipis dan semua cuilan kosong dimanfaatkan untuk layar sehingga hp atau smartphone berukuran kecil kini sanggup ‘menampung’ ukuran layar yang lebih besar. Beberapa pola hp yang sudah mengadopsi desain layar minim bezel ini ialah Oppo F7 dan F7 Pro. Selain itu, Oppo juga punya varian hp lain yang bezel di setiap sisinya nyaris 0% alias tidak ada sama sekali yaitu Oppo Find X. Tak hanya Oppo, ada juga produsen lain yang menciptkan smartphone dengan layar minim bezel, kau sanggup membaca artikelnya di sini.


 Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin usang makin besar Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android  iPhone


Layar dengan ukuran layar besar tentu memberi kepuasan sendiri bagi penggunanya. Terutama jikalau pengguna Hp tersebut suka browsing, streaming video, atau main game. Namun di sisi lain, Hp berlayar besar tampaknya kurang cocok untuk orang dengan mobilitas tinggi. Alasannya ialah sebab hp layar besar cenderung sulit dikantongi. Solusi yang paling sempurna jikalau kau menginginkan hp ringkas dengan layar besar ialah membeli Hp dengan layar minim bezel atau Full Screen (layar penuh). Semoga artikel cara menghitung inci layar hp, rasio, dan layar minim bezel bermanfaat untuk menambah pengetahuanmu.



Sumber https://hpsultan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android Iphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel